Tugas 1 Mengidentifikasi Teks Biografi “Gadis Pemulung Berprestasi Dunia”
Tokoh yang dapat menjadi inspirator bangsa tidak hanya orang yang telah
meninggal, tetapi juga orang yang masih hidup, termasuk pelajar. Agar dapat menjadi
inspirator bagi orang lain, semangat dan prestasi tokoh tersebut harus dapat menjadi
contoh dan teladan. Berikut ini disajikan teks biografi tentang prestasi seorang
pelajar yang hidup sebagai pemulung. Bacalah dalam hati dan pahami isi yang ada
di dalamnya!
Gadis Pemulung Berprestasi Dunia
1 Alur hidup Ni Wayan Mertayani dapat dikatakan hampir mirip dengan Anne
Frank, wartawati keturunan Yahudi. Keduanya sama-sama hidup dalam tekanan,
tapi penuh harapan dan cita-cita. Anne Frank hidup dan besar di bawah tekanan
tentara nazi, sedangkan Mertayani hidup dan besar di bawah tekanan ekonomi.
2 Kondisi ekonomi yang sangat sulit memaksa Ni Wayan Mertayani harus dewasa di
usianya yang masih 14 tahun. Pada pagi hari dia pergi ke sekolah di SMPN 2
Abang, Bali, kemudian dia membantu ibunya berjualan. Setelah itu, Mertayani
mencari barang rongsokan di pinggir pantai. Hal itu
dilakukannya sejak ayahnya meninggal. Ketika
mencari barang rongsokan, Mertayani meminjam
kamera foto milik Mrs. Dolly Amarhoseija, seorang
wisatawan yang dikenalnya. Kemudian, dia membuat
15 foto dengan kamera itu. Hasil foto terakhirnya
adalah sebuah potret pohon ubi karet dengan dahan
tanpa daun yang tumbuh di depan rumahnya. Seekor
ayam bertengger di salah satu dahan, handuk berwarna
merah jambu, dan baju hariannya yang dijemur di
bawahnya. Dia tidak menyangka foto sederhana itu
memikat 12 fotografer kelas dunia dan menjadi
pemenang dalam World Press Photo yang diadakan
oleh Yayasan Anne Frank di Belanda pada tahun 2009.
Mertayani menjelaskan bahwa ayam yang ada dalam
fotonya itu merupakan simbol diri dan kehidupannya. “Ayam itu kalau panas
kepanasan, hujan kehujanan; sama seperti diri saya,” ujarnya.
3 Ibu Mertayani sangat senang dengan prestasi yang dicapai anaknya. Apa yang dia
yakini dan lakukan selama ini ternyata tidak sia-sia. Dia pun berharap, anaknya
itu bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-citanya.
Diolah dari sumber http://www.indonesiaberprestasi.web.id/p=5411
1. Untuk mengetahui pemahamanmu tentang makna yang terkandung di dalam
teks “Gadis Pemulung Berprestasi Dunia” di atas, jawab pertanyaan berikut!
1) Prestasi baik apa sajakah yang pernah diraih Ni Wayan Mertayani?
2) Kapan dan di manakah prestasi tersebut diraih Ni Wayan Mertayani?
3) Di manakah Ni Wayan Mertayani sekolah?
4) Coba kamu ceritakan bagaimana Ni Wayan Mertayani dapat meraih prestasi
baik?
5) Apakah yang dikerjakan Ni Wayan Mertayani setelah pulang sekolah?
6) Bagaimana perasaan orang tua Ni Wayan Mertayani setelah anaknya
memenangi lomba foto di Belanda?
7) Apakah prestasi terbaik yang pernah diraih Ni Wayan Mertayani?
8) Pada teks nomor berapakah ditemukan informasi umum tentang Ni Wayan
Mertayani?
9) Pada teks nomor berapakah ditemukan informasi tentang prestasi yang diraih
atlet tersebut?
10) Gagasan apakah yang disampaikan penulis pada paragraf terakhir?
2. Pada Kegiatan 1 kamu telah mempelajari teks biografi “Ki Hajar Dewantara: Bapak
Pendidikan Indonesia”. Kamu tentu masih ingat bahwa teks biografi tersebut
terdiri atas bagian yang memperlihatkan orientasi (pengenalan tokoh), peristiwa
dan masalah, dan reorientasi. Bagian-bagian tersebut menjadi struktur teks yang
membangun teks biografi. Sekarang, kamu diminta mengidentifikasi teks biografi
“Gadis Pemulung Berprestasi Dunia” di atas dengan menjawab pertanyaanpertanyaan
berikut!
1) Tentukan bagian orientasi, peristiwa dan masalah, dan reorientasi yang terdapat
dalam teks “Gadis Pemulung Berprestasi Dunia“ di atas!
2) Apakah yang disampaikan pada bagian orientasi serta peristiwa dan masalah?
3) Apakah bagian reorientasi ada di dalam teks tersebut? Jika ada, apa yang
disampaikan penulis pada bagian itu?
4) Isilah kolom peristiwa dan reorientasi pada tabel berikut sesuai dengan struktur
yang sudah kamu buat!
.....dst.
5) Setujukah kamu dengan pernyataan penulis pada bagian orientasi yang
mengatakan bahwa Ni Wayan Mertayani mirip dengan Anne Frank? Dalam
hal apakah keduanya memiliki kesamaan?
Saya setuju karena __________________________________
Saya tidak setuju karena _____________________________
6) Bagaimanakah dengan bagian peristiwa? Peristiwa penting apa saja yang
dialami Ni Wayan Mertayani?
7) Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa orang tua sangat senang apabila
anaknya memiliki prestasi? Untuk melatih bahasa lisan kamu, sampaikanlah
alasan tersebut secara lisan!
buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VIII SMP
Tokoh yang dapat menjadi inspirator bangsa tidak hanya orang yang telah
meninggal, tetapi juga orang yang masih hidup, termasuk pelajar. Agar dapat menjadi
inspirator bagi orang lain, semangat dan prestasi tokoh tersebut harus dapat menjadi
contoh dan teladan. Berikut ini disajikan teks biografi tentang prestasi seorang
pelajar yang hidup sebagai pemulung. Bacalah dalam hati dan pahami isi yang ada
di dalamnya!
Gadis Pemulung Berprestasi Dunia
1 Alur hidup Ni Wayan Mertayani dapat dikatakan hampir mirip dengan Anne
Frank, wartawati keturunan Yahudi. Keduanya sama-sama hidup dalam tekanan,
tapi penuh harapan dan cita-cita. Anne Frank hidup dan besar di bawah tekanan
tentara nazi, sedangkan Mertayani hidup dan besar di bawah tekanan ekonomi.
2 Kondisi ekonomi yang sangat sulit memaksa Ni Wayan Mertayani harus dewasa di
usianya yang masih 14 tahun. Pada pagi hari dia pergi ke sekolah di SMPN 2
Abang, Bali, kemudian dia membantu ibunya berjualan. Setelah itu, Mertayani
mencari barang rongsokan di pinggir pantai. Hal itu
dilakukannya sejak ayahnya meninggal. Ketika
mencari barang rongsokan, Mertayani meminjam
kamera foto milik Mrs. Dolly Amarhoseija, seorang
wisatawan yang dikenalnya. Kemudian, dia membuat
15 foto dengan kamera itu. Hasil foto terakhirnya
adalah sebuah potret pohon ubi karet dengan dahan
tanpa daun yang tumbuh di depan rumahnya. Seekor
ayam bertengger di salah satu dahan, handuk berwarna
merah jambu, dan baju hariannya yang dijemur di
bawahnya. Dia tidak menyangka foto sederhana itu
memikat 12 fotografer kelas dunia dan menjadi
pemenang dalam World Press Photo yang diadakan
oleh Yayasan Anne Frank di Belanda pada tahun 2009.
Mertayani menjelaskan bahwa ayam yang ada dalam
fotonya itu merupakan simbol diri dan kehidupannya. “Ayam itu kalau panas
kepanasan, hujan kehujanan; sama seperti diri saya,” ujarnya.
3 Ibu Mertayani sangat senang dengan prestasi yang dicapai anaknya. Apa yang dia
yakini dan lakukan selama ini ternyata tidak sia-sia. Dia pun berharap, anaknya
itu bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-citanya.
Diolah dari sumber http://www.indonesiaberprestasi.web.id/p=5411
1. Untuk mengetahui pemahamanmu tentang makna yang terkandung di dalam
teks “Gadis Pemulung Berprestasi Dunia” di atas, jawab pertanyaan berikut!
1) Prestasi baik apa sajakah yang pernah diraih Ni Wayan Mertayani?
2) Kapan dan di manakah prestasi tersebut diraih Ni Wayan Mertayani?
3) Di manakah Ni Wayan Mertayani sekolah?
4) Coba kamu ceritakan bagaimana Ni Wayan Mertayani dapat meraih prestasi
baik?
5) Apakah yang dikerjakan Ni Wayan Mertayani setelah pulang sekolah?
6) Bagaimana perasaan orang tua Ni Wayan Mertayani setelah anaknya
memenangi lomba foto di Belanda?
7) Apakah prestasi terbaik yang pernah diraih Ni Wayan Mertayani?
8) Pada teks nomor berapakah ditemukan informasi umum tentang Ni Wayan
Mertayani?
9) Pada teks nomor berapakah ditemukan informasi tentang prestasi yang diraih
atlet tersebut?
10) Gagasan apakah yang disampaikan penulis pada paragraf terakhir?
2. Pada Kegiatan 1 kamu telah mempelajari teks biografi “Ki Hajar Dewantara: Bapak
Pendidikan Indonesia”. Kamu tentu masih ingat bahwa teks biografi tersebut
terdiri atas bagian yang memperlihatkan orientasi (pengenalan tokoh), peristiwa
dan masalah, dan reorientasi. Bagian-bagian tersebut menjadi struktur teks yang
membangun teks biografi. Sekarang, kamu diminta mengidentifikasi teks biografi
“Gadis Pemulung Berprestasi Dunia” di atas dengan menjawab pertanyaanpertanyaan
berikut!
1) Tentukan bagian orientasi, peristiwa dan masalah, dan reorientasi yang terdapat
dalam teks “Gadis Pemulung Berprestasi Dunia“ di atas!
2) Apakah yang disampaikan pada bagian orientasi serta peristiwa dan masalah?
3) Apakah bagian reorientasi ada di dalam teks tersebut? Jika ada, apa yang
disampaikan penulis pada bagian itu?
4) Isilah kolom peristiwa dan reorientasi pada tabel berikut sesuai dengan struktur
yang sudah kamu buat!
.....dst.
5) Setujukah kamu dengan pernyataan penulis pada bagian orientasi yang
mengatakan bahwa Ni Wayan Mertayani mirip dengan Anne Frank? Dalam
hal apakah keduanya memiliki kesamaan?
Saya setuju karena __________________________________
Saya tidak setuju karena _____________________________
6) Bagaimanakah dengan bagian peristiwa? Peristiwa penting apa saja yang
dialami Ni Wayan Mertayani?
7) Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa orang tua sangat senang apabila
anaknya memiliki prestasi? Untuk melatih bahasa lisan kamu, sampaikanlah
alasan tersebut secara lisan!
buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VIII SMP
No comments:
Post a Comment