Tugas 1 Memahami Teks Biografi “Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan
Indonesia”
Teks biografi termasuk teks naratif yang tergolong pada teks makro. Sebagai
teks makro, teks biografi memiliki struktur teks yang tidak harus sama, bergantung
pada bagaimana penulis menyampaikan gambaran tentang tokoh dan peristiwa yang
dialaminya. Untuk dapat mengenali teks biografi, kamu harus memahami isi teks
yang menceritakan kehidupan tokoh di dalam biografi tersebut. Agar memudahkan
kamu memahami teks biografi, ada empat hal yang harus kamu cermati, yaitu (1)
judul biografi, (2) hal menarik dan mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan
tokoh, (3) hal mengagumkan dan mengharukan yang muncul dalam kehidupan
tokoh, dan (4) hal yang dapat dicontoh dari kehidupan tokoh.
Sebelum kamu membaca dan memahami teks biografi di bawah ini, jawablah
pertanyaan berikut!
1) Menurut pendapatmu, siapakah yang dikatakan inspirator bangsa?
2) Apakah kamu mengenal seseorang atau tokoh yang telah berjasa pada bangsa dan
negara Indonesia?
3) Apakah dia dapat dijadikan sebagai inspirator bangsa? Berikan alasanmu!
4) Apakah kamu juga mengenal tokoh atau pahlawan yang berasal dari daerahmu?
5) Mengapakah dia disebut pahlawan? Apakah jasa dan prestasi yang pernah
diberikannya pada bangsa dan negara?
6) Apakah pelajar, olahragawan, atau artis dapat juga dikatakan sebagai inspirator
bangsa?
7) Coba kamu sebutkan pelajar, olahragawan, atau artis yang dapat dikatakan
sebagai inspirator bangsa? Mengapa dia disebut inspirator bangsa?
8) Mengapa kita tidak boleh melupakan jasa inspirator bangsa?
9) Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa Ki Hajar Dewantara merupakan inspirator bangsa?
10) Berikan alasan mengapa kamu setuju atau tidak setuju!
Setelah pertanyaan di atas kamu jawab, kamu tentu sudah memahami apa maksud
inspirator bangsa dan mengapa Ki Hajar Dewantoro disebut sebagai inspirator bangsa.
Sekarang, bacalah teks biografi tentang Ki Hajar Dewantoro berikut! Kemudian,
cermati dan pahami makna yang terkandung di dalamnya!
Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia
1 Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia
lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga
Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat
dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka,
Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara.
Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.
2 Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan
dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara
menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan
pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera). Ia tidak dapat menamatkan
pendidikan di sekolah tersebut karena sakit. Setelah itu, ia bekerja sebagai wartawan
di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia,
Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif,
tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi
pembacanya.
3 Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun
1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan
menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. Ia selalu menyampaikan tentang
pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Pada tanggal
25 Desember 1912, ia mendirikan Indische Partij (partai politik pertama yang
beraliran nasionalisme Indonesia) bersama dengan Douwes Dekker (Dr. Danudirdja
Setyabudhi) dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo. Akan tetapi, organisasi ini ditolak oleh
pemerintahan Belanda karena dianggap dapat membangkitkan rasa nasionalisme
rakyat dan menggerakan kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.
4 Semangat Ki Hajar Dewantara terus menggebu. Pada bulan November 1913 ia
membentuk Komite Bumipoetra. Komite Boemipoetra melancarkan kritik
terhadap Pemerintah Belanda yang ingin merayakan seratus tahun kebebasan
Belanda dari penjajahan Prancis dengan menarik uang dari rakyat jajahannya. Ki
Hajar Dewantara juga mengecam rencana perayaan itu melalui tulisannya yang
berjudul “Als Ik Eens Nederlander Was (Seandainya Aku Seorang Belanda) dan Een voor Allen maar Ook Allen voor Een (Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu Juga)”. Akibat karangannya itu, pemerintah kolonial Belanda melalui Gubernur
Jendral Idenburg menjatuhkan hukum buang (internering) ke Pulau Bangka
tanpa proses pengadilan. Kemudian, ia di buang ke Negara Belanda bersama
kedua rekannya dan kembali ke tanah air pada tahun 1918 setelah memperoleh
Europeesche Akte.
5 Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan
seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal
Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui
perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar
Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa
Indonesia. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan,
Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara tidak hanya
dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2
Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan
Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959,
tanggal 28 November 1959. Ki Hajar Dewantara meninggal dunia pada tanggal
28 April 1959 di Yogyakarta. Untuk melestarikan nilai dan semangat perjuangan
Ki Hajar Dewantara, penerus Taman Siswa mendirikan museum Dewantara Kirti
Griya di Yogyakarta.
6 Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa
Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang
dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang
lebih baik.
Diolah dari sumber: Ki Hajar Dewantara dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern dan Visi Pendidikan Ki
Hajar Dewantara (2013)
Setelah membaca teks “Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia” di atas,
dapatkah kamu memahami makna teks tersebut? Untuk mengetahui pemahamanmu,
jawablah pertanyaan berikut!
1) Siapakah nama asli Ki Hajar Dewantara dan mengapa dia mengganti namanya?
2) Ke manakah Ki Hajar Dewantara melanjutkan pendidikan setelah tamat dari
Sekolah Dasar Belanda ?
3) Sebagai wartawan, tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara digemari para pemuda
ketika itu. Sebutkan dua alasan mengapa mereka menggemari tulisan-tulisan Ki
Hajar Dewantara?
4) Mengapa pemerintah kolonial Belanda melalui Gubernur Jendral Idenburg
menjatuhkan hukum buang (internering) kepada Ki Hajar Dewantara?
5) Mengapa Ki Hajar Dewantara dijadikan sebagai Bapak Pendidikan Indonesia?
6) Tulislah dua hal yang menggambarkan bahwa apa yang telah dilakukan Ki Hajar
Dewantara dapat memberi inspirasi bagimu dalam mencapai cita-cita!
7) Manfaat apa yang dapat kamu peroleh setelah membaca teks biografi “Ki Hajar
Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia?
8) Pada bagian (nomor pada teks) berapa ditemukan informasi umum tentang Ki
Hajar Dewantara?
9) Pada bagian (nomor pada teks) berapa pula kamu dapat menemukan bentukbentuk
perjuangan yang dilakukan Ki Hajar Dewantara?
10) Bagaimana dengan bagian nomor enam teks tersebut? Apa yang disampaikan
oleh penulis?
Ajaran Ki Hajar Dewantara yang terkenal adalah
ing ngarsa sung tulada (di depan memberi teladan),
ing madya mangun karsa (di tengah memberi motivasi),
dan tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan).
buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VII SMP
Indonesia”
Teks biografi termasuk teks naratif yang tergolong pada teks makro. Sebagai
teks makro, teks biografi memiliki struktur teks yang tidak harus sama, bergantung
pada bagaimana penulis menyampaikan gambaran tentang tokoh dan peristiwa yang
dialaminya. Untuk dapat mengenali teks biografi, kamu harus memahami isi teks
yang menceritakan kehidupan tokoh di dalam biografi tersebut. Agar memudahkan
kamu memahami teks biografi, ada empat hal yang harus kamu cermati, yaitu (1)
judul biografi, (2) hal menarik dan mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan
tokoh, (3) hal mengagumkan dan mengharukan yang muncul dalam kehidupan
tokoh, dan (4) hal yang dapat dicontoh dari kehidupan tokoh.
Sebelum kamu membaca dan memahami teks biografi di bawah ini, jawablah
pertanyaan berikut!
1) Menurut pendapatmu, siapakah yang dikatakan inspirator bangsa?
2) Apakah kamu mengenal seseorang atau tokoh yang telah berjasa pada bangsa dan
negara Indonesia?
3) Apakah dia dapat dijadikan sebagai inspirator bangsa? Berikan alasanmu!
4) Apakah kamu juga mengenal tokoh atau pahlawan yang berasal dari daerahmu?
5) Mengapakah dia disebut pahlawan? Apakah jasa dan prestasi yang pernah
diberikannya pada bangsa dan negara?
6) Apakah pelajar, olahragawan, atau artis dapat juga dikatakan sebagai inspirator
bangsa?
7) Coba kamu sebutkan pelajar, olahragawan, atau artis yang dapat dikatakan
sebagai inspirator bangsa? Mengapa dia disebut inspirator bangsa?
8) Mengapa kita tidak boleh melupakan jasa inspirator bangsa?
9) Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa Ki Hajar Dewantara merupakan inspirator bangsa?
10) Berikan alasan mengapa kamu setuju atau tidak setuju!
Setelah pertanyaan di atas kamu jawab, kamu tentu sudah memahami apa maksud
inspirator bangsa dan mengapa Ki Hajar Dewantoro disebut sebagai inspirator bangsa.
Sekarang, bacalah teks biografi tentang Ki Hajar Dewantoro berikut! Kemudian,
cermati dan pahami makna yang terkandung di dalamnya!
Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia
1 Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ia
lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889. Ia berasal dari lingkungan keluarga
Keraton Yogyakarta. Meskipun demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat
dengan rakyatnya. Ketika berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka,
Raden Mas Soewardi Soeryaningrat berganti nama menjadi Ki Hajar Dewantara.
Tujuannya berganti nama adalah agar ia dapat bebas dekat dengan rakyatnya.
2 Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar ditandai dengan perjuangan
dan pengabdian pada kepentingan bangsa dan negara. Ki Hajar Dewantara
menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda), kemudian melanjutkan
pendidikannya ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera). Ia tidak dapat menamatkan
pendidikan di sekolah tersebut karena sakit. Setelah itu, ia bekerja sebagai wartawan
di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia,
Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif,
tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi
pembacanya.
3 Ki Hajar Dewantara juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun
1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk menyosialisasikan dan
menggugah kesadaran masyarakat Indonesia. Ia selalu menyampaikan tentang
pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara. Pada tanggal
25 Desember 1912, ia mendirikan Indische Partij (partai politik pertama yang
beraliran nasionalisme Indonesia) bersama dengan Douwes Dekker (Dr. Danudirdja
Setyabudhi) dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo. Akan tetapi, organisasi ini ditolak oleh
pemerintahan Belanda karena dianggap dapat membangkitkan rasa nasionalisme
rakyat dan menggerakan kesatuan untuk menentang pemerintah kolonial Belanda.
4 Semangat Ki Hajar Dewantara terus menggebu. Pada bulan November 1913 ia
membentuk Komite Bumipoetra. Komite Boemipoetra melancarkan kritik
terhadap Pemerintah Belanda yang ingin merayakan seratus tahun kebebasan
Belanda dari penjajahan Prancis dengan menarik uang dari rakyat jajahannya. Ki
Hajar Dewantara juga mengecam rencana perayaan itu melalui tulisannya yang
berjudul “Als Ik Eens Nederlander Was (Seandainya Aku Seorang Belanda) dan Een voor Allen maar Ook Allen voor Een (Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu Juga)”. Akibat karangannya itu, pemerintah kolonial Belanda melalui Gubernur
Jendral Idenburg menjatuhkan hukum buang (internering) ke Pulau Bangka
tanpa proses pengadilan. Kemudian, ia di buang ke Negara Belanda bersama
kedua rekannya dan kembali ke tanah air pada tahun 1918 setelah memperoleh
Europeesche Akte.
5 Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan
seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal
Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui
perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki Hajar
Dewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa
Indonesia. Ki Hajar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan,
Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ki Hajar Dewantara tidak hanya
dianggap sebagai tokoh dan pahlawan pendidikan yang tanggal kelahirannya 2
Mei dijadikan hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan
Pergerakan Nasional melalui surat keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959,
tanggal 28 November 1959. Ki Hajar Dewantara meninggal dunia pada tanggal
28 April 1959 di Yogyakarta. Untuk melestarikan nilai dan semangat perjuangan
Ki Hajar Dewantara, penerus Taman Siswa mendirikan museum Dewantara Kirti
Griya di Yogyakarta.
6 Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa
Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang
dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang
lebih baik.
Diolah dari sumber: Ki Hajar Dewantara dan Taman Siswa dalam Sejarah Indonesia Modern dan Visi Pendidikan Ki
Hajar Dewantara (2013)
Setelah membaca teks “Ki Hajar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia” di atas,
dapatkah kamu memahami makna teks tersebut? Untuk mengetahui pemahamanmu,
jawablah pertanyaan berikut!
1) Siapakah nama asli Ki Hajar Dewantara dan mengapa dia mengganti namanya?
2) Ke manakah Ki Hajar Dewantara melanjutkan pendidikan setelah tamat dari
Sekolah Dasar Belanda ?
3) Sebagai wartawan, tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara digemari para pemuda
ketika itu. Sebutkan dua alasan mengapa mereka menggemari tulisan-tulisan Ki
Hajar Dewantara?
4) Mengapa pemerintah kolonial Belanda melalui Gubernur Jendral Idenburg
menjatuhkan hukum buang (internering) kepada Ki Hajar Dewantara?
5) Mengapa Ki Hajar Dewantara dijadikan sebagai Bapak Pendidikan Indonesia?
6) Tulislah dua hal yang menggambarkan bahwa apa yang telah dilakukan Ki Hajar
Dewantara dapat memberi inspirasi bagimu dalam mencapai cita-cita!
7) Manfaat apa yang dapat kamu peroleh setelah membaca teks biografi “Ki Hajar
Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia?
8) Pada bagian (nomor pada teks) berapa ditemukan informasi umum tentang Ki
Hajar Dewantara?
9) Pada bagian (nomor pada teks) berapa pula kamu dapat menemukan bentukbentuk
perjuangan yang dilakukan Ki Hajar Dewantara?
10) Bagaimana dengan bagian nomor enam teks tersebut? Apa yang disampaikan
oleh penulis?
Ajaran Ki Hajar Dewantara yang terkenal adalah
ing ngarsa sung tulada (di depan memberi teladan),
ing madya mangun karsa (di tengah memberi motivasi),
dan tut wuri handayani (di belakang memberi dorongan).
buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VII SMP
wah soalnya sama semua kk Admin,Tapi kok jawabannya gak ada kak Admin yang soal no.1-10???
ReplyDeletewah soalnya sama semua kk admin,tapi mana jawaban no.1-10 nya kak admin???
ReplyDeletetulisannya gak kebaca kk admin krena kecil bnget
ReplyDelete4adik reza.... iy maaf y....mmg tdk ad jwbnny..krn ini tgs...
ReplyDelete4anonim......wah ap iy y....kkcilan y...... maaf y....laen x agk dbesarin dh. Trmksh buat reza n anonim yg udh brknjung..
kak nomer 4 apa jawaban nya aq butuh nie
ReplyDelete