SOAL UJI KOMPETENSI BAB MENGULAS SECARA KRITIS FILM
DAN DRAMA
PERTEMUAN KE-6
(CONTOH)
KOMPETENSI DASAR 3.1 – 3.5 (PENGETAHUAN)
1.
Struktur film/drama yang berfungsi memberikan gambaran cerita disebut… .
2. Salah
satu fungsi judul dalam sebuah film bagi tokoh/ pelaku adalah… .
3.
Setting film/ drama terdapat dalam struktur yang bernama … .
4.
Sebaiknya anotasi bersifat… ..
5.
Anotasi hendaknya tidak terlalu lengkap karena…
|
6. Kaidah
film/ drama diarahkan pada dua hal yaitu kaidah…. dan… .
7.
Kaidah kebahasaan film/ drama adalah adanya
bahasa percakapan yang dapat dibentuk dalam kalimat…dan… .
8.
Bahasa yang mudah dicerna adalah bahasa yang
dianjurkan dalam film/ drama karena… .
9.
Gaya bahasa dalam film/ drama berfungsi
untuk… .
10.
Apakah film/ drama harus bersifat fiktif?
|
1. Langkah membandingkan film/
drama yang pertama adalah…
2. Secara umum, perbandingan
film/ drama dapat diarahkan pada perbandingan…dan… .
3. Film/ drama yang menyampaikan
amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4. Sebelum membandingkan film/
drama hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5. Menganalisis perbedaan isi
adalah langkah perbandingan yang … .
|
6.Langkah pertama saat
memproduksi film/ drama adalah… .
7.
Menetapkan tujuan film/ drama adalah langkah
produksi nomor… .
8.
Langkah terpenting dalam produksi film/ drama
adalah… .
9.
Langkah yang tidak harus dilaksanakan adalah
langkah … .
10.
Apakah film/ drama harus bersifat fiktif?
|
1. Langkah menganalisis film/
drama yang pertama adalah…
2. Secara umum, analisis film/
drama dapat diarahkan pada analisis…dan… .
3. Film/ drama yang menyampaikan amanat
secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4. Sebelum menganalisis film/
drama hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5. Menganalisis isi hendaknya
mengacu pada teori mengenai… .
|
6.Langkah pertama saat menyunting
film/ drama adalah… .
7.Memperbaiki bila ada
ketidaksesuaian bahasa dan isi adalah langkah ke…dalam menyunting teks film/
drama
8.Langkah terpenting dalam
menyunting film/ drama adalah… .
9. Menyunting
teks film/ drama hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter film/ drama yang
merupakan sebuah karya… .
10.
Salah satu kebebasan mutlak yang tidak boleh
diganggu gugat oleh penyunting adalah unsur intrinsik yang bernama… .
|
1. Langkah mengidentifikasi film/
drama yang pertama adalah…
2. Secara umum, identifikasi
film/ drama dapat diarahkan pada identifikasi…dan… .
3. Film/ drama yang menyampaikan
amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4. Sebelum mengidentifikasi film/
drama hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5. Langkah terakhir dalam
identifikasi teks film/ drama adalah… .
|
6.Langkah pertama saat
mengabstraksi film/ drama adalah…
7.
Langkah ketiga dan paling penting dalam
abstraksi teks film/ drama adalah… .
8.Langkah terpenting dalam
mengabstraksi film/ drama adalah… .
9. Mengabstraksi
teks film/ drama hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter film/ drama
yang merupakan sebuah karya… .
10.
Salah satu inti yang paling disorot saat
mengabstraksi teks film/ drama adalah unsur intrinsik yang bernama… .
|
1. Langkah evaluasi film/ drama
yang pertama adalah…
2. Secara umum, evaluasi film/ drama dapat
diarahkan pada evaluasi…dan… .
3. Film/ drama yang menyampaikan
amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4. Sebelum mengevaluasi film/
drama hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5. Langkah terakhir dalam
evaluasi teks film/ drama adalah… .
|
6.Langkah pertama saat
mengonversi film/ drama adalah…
7.Langkah keempat dan paling
penting dalam konversi teks film/ drama adalah… .
8.Langkah terpenting dalam
mengonversi film/ drama adalah… .
9. Mengonversi
teks film/ drama hendaknya dilakukan tanpa mengubah… .
10.
Salah satu inti yang paling disorot saat
mengonversi teks film/ drama adalah unsur intrinsik yang bernama… .
|
No comments:
Post a Comment