KELAS: X
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan
informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1
Menunjukkan sikap tanggung jawab,
peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik
2.2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
melaporkan hasil observasi
2.3
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung
jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan
tahapan dan langkah yang telah ditentukan
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi
dalam perundingan
2.5
Menunjukkan perilaku jujur, peduli,
santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan
pendapat mengenai konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik
|
3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
4.3
Menyunting teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
KELAS: XI
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan
informasi lisan dan tulis melalui
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
ulasan/reviu film/drama
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk berekspresi
2.2
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan permasalahan
2.3
Menunjukkan perilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
bercerita ulang
2.4
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menyampaikan paparan
2.5
Menunjukkan perilaku jujur,
peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk
menyampaikan penjelasan
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah
teks cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui
lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun
tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun
tulisan
3.4
Mengevaluasi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama berdasarkan
kaidah-kaidah baik melalui lisan
maupun tulisan
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
4.3
Menyunting teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah
baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama baik secara lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu
film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah baik secara lisan maupun tulisan
|
KELAS: XII
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi
dalam novel
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan
informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita,
iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel
|
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur,
responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang
tokoh-tokoh nasional dan internasional
2.2
Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan berita
2.3
Menunjukkan perilaku jujur,
tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan
2.4
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memaparkan editorial/opinin tentang konflik sosial, politik, ekonomi,
kebijakan publik, dan lingkungan hidup
2.5
Menunjukkan perilaku jujur,
peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyajikan cerita fiksi dalam novel
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami struktur dan kaidah
teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam
novel baik melalui lisan maupun tulisan
3.2
Membandingkan teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3
Menganalisis teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
melalui lisan maupun tulisan
3.4
Mengevaluasi teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel
berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
4.1
Menginterpretasi makna teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik
secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
4.3
Menyunting teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4.4
Mengabstraksi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel baik secara
lisan maupun tulisan
4.5
Mengonversi teks cerita sejarah,
berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
No comments:
Post a Comment