Bab III Menggapai Cita Melalui Kreativitas

Bab III Menggapai Cita
Melalui Kreativitas

 Membangun Konteks
Tuhan itu mahakuasa. Setiap manusia diberi-Nya cita-cita dan harapan. Cita-cita itu
tidak hanya diraih melalui usaha dan kerja keras, tetapi dapat juga dicapai melalui
kreativitas. Kreativitas berkaitan dengan kemampuan untuk membuat sesuatu yang
bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya mencangkok tanaman dan membuat
layang-layang. Pencangkokan tanaman dan pembuatan layang-layang tentu memerlukan
langkah-langkah yang harus diikuti agar hasilnya baik. Langkah-langkah yang diperlukan
untuk membuat sesuatu dalam pembelajaran berbasis teks berkaitan erat dengan teks
prosedur.
Di dalam teks prosedur diuraikan bagaimana sesuatu dikerjakan melalui
serangkaian langkah-langkah atau tindakan. Teks prosedur adalah jenis teks yang
banyak dijumpai di sekitar kita. Dapatkah kamu menyebutkan beberapa contoh teks
prosedur?
Teks prosedur (procedure)
merupakan teks yang berisi
tujuan dan langkah-langkah
yang harus diikuti agar suatu
pekerjaan dapat dilakukan.
Bagaimana sesungguhnya teks prosedur dijumpai
dalam keseharian kita? Dalam berbagai konteks jenis
teks ini dapat kita jumpai dalam kehidupan seharihari.
Misalnya, ketika kita menonton acara televisi,
ada tayangan memasak atau cara mencuci pakaian
dengan mesin cuci. Tujuan komunikatif teks prosedur
adalah memberi petunjuk cara melakukan sesuatu
melalui serangkaian tindakan atau langkah.
Pelajaran pada Bab III ini mengajak kamu memahami dan mencermati teks
prosedur melalui tema “Menggapai Cita Melalui Kreativitas” yang menjadi judul bab
ini. Teks prosedur yang dipilih berkaitan dengan fenomena yang terjadi di sekitar
kamu, khususnya berhubungan dengan kreativitas yang dapat kamu lakukan. Kamu  akan dilatih bagaimana memahami isi dan struktur teks prosedur serta unsur
kebahasaan yang ada di dalam teks tersebut.
Untuk membangun konteks dan pemahaman kamu tentang teks prosedur dan
kreativitas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apakah yang dimaksud dengan prosedur atau cara?
2. Pernahkah kamu membuat sesuatu melalui cara tertentu?
3. Mengapa prosedur itu perlu diketahui sebelum membuat sesuatu?
4. Apakah bahan atau alat yang diperlukan untuk membuat sesuatu?
5. Apakah urutan prosedur boleh diacak?
Setelah memahami dan menyelesaikan pembelajaran pada Bab III, kamu diharapkan mengetahui ciri, struktur, dan unsur
kebahasaan yang ada di dalam teks prosedur. Setelah itu, kamu diharapkan mampu menghasilkan teks prosedur yang
panjangnya sekitar 16—25 kalimat sesuai dengan ciri, struktur, dan unsur kebahasaan yang dimilikinya. Selain itu, kamu
juga diharapkan dapat menerapkan sikap spiritual dan sikap sosial yang tercermin di dalam pembelajaran ini.


buku pegangan siswa kelas VIII SMP



No comments:

Post a Comment