RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (bab 1: KD 3.1 DAN 4.1 KELAS X)

                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                    (RPP)

Satuan Pendidikan         : SMK / SMA... .
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Materi Pokok               : Teks Anekdot
Tema/ topik                  : Kritik dan Humor dalam Layanan Publik  
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                      
Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  1.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.             1.  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.1.1.              Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks anekdot
4.1. Menginterpretasi makna  teks anekdot baik secara lisan maupun  tulisan
       Indikator
4.1.1.              Menjelaskan makna teks anekdot

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Kritik dan Humor dalam Layanan Publik  dengan materi pokok teks anekdot ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.                            Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah  teks anekdot
2.                            Menjelaskan makna teks anekdot

D.       Materi Pembelajaran     
1.    Contoh teks anekdot
a.     Tulis
KUHP DALAM ANEKDOT
1 Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
2 Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri, melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis Perkara, Pak …!”
3 Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad, pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
4 Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung normal.
b.    Lisan
Video Basa-basi Pisang Goreng (you tube)

2.    Struktur dan kaidah teks anekdot

Struktur isi:
Abstraksi
Orientasi
Krisis
Reaksi
Koda
Kaidah bahasa:
Dominan menggunakan bahasa sehari-hari
Bahasa diusahakan sesuai kaidah dan EYD

E.       Model/Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.        Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks anekdot  (lisan maupun tulis)
G.    Sumber Belajar

      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran

     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  




































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks anekdot
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks anekdot pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “KUHP dalam Anekdot” hal. 112.
3.       Peserta didik juga dipersilakan untuk mengamati contoh anekdot yang ditayangkan guru 
4.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar anekdot yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
5.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
6.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks anekdot serta interpretasi makna teks anekdot
7.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh anekdot lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
8.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi struktur dan kaidah teks anekdot serta interpretasi makna teks anekdot.
9.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks anekdot yang ditayangkan guru, tiap kelompok mengumpulkan data dan mengolahnya sesuai dengan topik yang disampaikan guru di awal pembelajaran.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai struktur dan kaidah teks anekdot, serta interpretasi makna teks anekdot

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai struktur dan kaidah teks anekdot dan hasil interpretasi makna teks anekdot.
2.      Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit




































45 menit

I.     Penilaian

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses (sikap)
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
1.       
Santun





2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1. Mengungkapkan kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks anekdot
Tes tertulis
Isian
1.    Ungkapkan kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks anekdot!
Jawaban
1.Struktur isi dan kaidah bahasa  teks anekdot
Struktur isi:
Abstraksi
Orientasi
Krisis
Reaksi
Koda
Kaidah bahasa:
Dominan menggunakan bahasa sehari-hari
Bahasa diusahakan sesuai kaidah dan EYD
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
100
Siswa menjawab tidak lengkap
  60
Siswa menjawab salah
  20

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah makna teks anekdot terlampir!
Rubrik Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks anekdot
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan interpretasi makna teks anekdot
Sudah tepatkah interpretasi makna  teks anekdot?


2.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi makna teks anekdot sesuai kaidah dan EYD?


    
     Mengetahui,                                                                                     Wonogiri,   Juli 2014
     Kepala sekolah                               WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia




...................................                            ................................         .....................................





Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran                         : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran                          : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
peduli
Responsif
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.