RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMK / SMA... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Teks Anekdot
Tema/ topik :
Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu :
4 X 45 menit
A. Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa.
2.
1. Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli, responsif,
dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai
permasalahan sosial, lingkungan,
dan kebijakan publik.
3.1. Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.1.1.
Mengungkapkan kembali struktur
dan kaidah teks anekdot
4.1. Menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun
tulisan
Indikator
4.1.1.
Menjelaskan makna teks anekdot
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Kritik dan Humor dalam Layanan
Publik dengan materi pokok teks anekdot ini
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks
anekdot
2.
Menjelaskan makna teks anekdot
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks anekdot
a.
Tulis
KUHP DALAM ANEKDOT
1 Seorang dosen fakultas hukum suatu universitas
sedang memberikan kuliah hukum pidana. Suasana kelas biasa-biasa saja.
2 Saat sesi tanya-jawab tiba, Ali bertanya kepada
pak dosen. “Apa kepanjangan KUHP, Pak?” Pak dosen tidak menjawab sendiri,
melainkan melemparkannya kepada Ahmad. “Saudara Ahmad, coba dijawab pertanyaan Saudara
Ali tadi,” pinta pak dosen. Dengan tegas Ahmad menjawab, “Kasih Uang Habis
Perkara, Pak …!”
3 Mahasiswa lain tentu tertawa, sedangkan pak
dosen hanya menggeleng-gelengkan kepala seraya menambahkan pertanyaan kepada
Ahmad, “Saudara Ahmad, dari mana Saudara tahu jawaban itu?” Dasar Ahmad,
pertanyaan pak dosen dijawabnya dengan tegas, “Peribahasa Inggris mengatakan
pengalaman adalah guru yang terbaik, Pak …!” Semua mahasiswa di kelas itu
tercengang. Mereka berpandang-pandangan. Lalu, mereka tertawa terbahak-bahak.
4 Gelak tawa mereda. Kelas kembali berlangsung
normal.
(Diadaptasi dari http://fuadusfa4.blogspot.com/2010/02/anekdot-hukum.html)
b. Lisan
Video
Basa-basi Pisang Goreng (you tube)
2. Struktur dan kaidah teks anekdot
Struktur isi:
Abstraksi
Orientasi
Krisis
Reaksi
Koda
Kaidah bahasa:
Dominan menggunakan bahasa sehari-hari
Bahasa diusahakan sesuai kaidah dan EYD
E.
Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks anekdot (lisan maupun tulis)
G. Sumber Belajar
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama ( bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks anekdot yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks anekdot
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks anekdot pada
buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “KUHP dalam
Anekdot” hal. 112.
3.
Peserta didik juga dipersilakan untuk mengamati contoh anekdot yang
ditayangkan guru
4.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar anekdot
yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
5.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
6.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari topik yang
berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks
anekdot serta interpretasi makna teks anekdot
7.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan
membaca contoh-contoh anekdot lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
8.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi struktur
dan kaidah teks anekdot serta interpretasi makna teks anekdot.
9.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks anekdot yang
ditayangkan guru, tiap kelompok mengumpulkan data dan mengolahnya sesuai
dengan topik yang disampaikan guru di awal pembelajaran.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut
kepada guru
11. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada
kesimpulan mengenai struktur dan kaidah teks anekdot, serta interpretasi makna teks anekdot
1.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai struktur dan kaidah teks
anekdot dan hasil interpretasi makna teks anekdot.
2.
Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan
dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I. Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
1.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan
kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks anekdot
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks anekdot!
|
Jawaban
1.Struktur
isi dan kaidah bahasa teks anekdot
Struktur isi:
Abstraksi
Orientasi
Krisis
Reaksi
Koda
Kaidah bahasa:
Dominan menggunakan bahasa sehari-hari
Bahasa diusahakan sesuai kaidah dan EYD
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
100
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
60
|
Siswa menjawab salah
|
20
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks anekdot terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks anekdot
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
anekdot
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks anekdot?
|
||
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks anekdot sesuai
kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri,
Juli 2014
Kepala sekolah WKS
1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
................................... ................................ .....................................
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun
1.
Belum Tampak (BT)
jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
peduli
|
Responsif
|
Santun
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||