RPP BAHASA INDONESIA SMA/ SMK KURIKULUM 2013 BAB GEMAR MENEROKA ALAM SEMESTA ( KD 3.5. dan 4.5. )

                                                         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                                                                  (RPP)

Satuan Pendidikan        : 
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Materi Pokok               : Teks laporan hasil observasi
Tema/ topik                 : Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                       :
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.    2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.5. Mengevaluasi teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi
·      Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.
·      Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.
4.5.   Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
· Menulis ulang (mengonversi) teks laporan hasil observasi dalam bentuk lain

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan materi pokok teks laporan hasil observasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Memahami  langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi
2.    Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks laporan hasil observasi
3.    Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks laporan hasil observasi
4.    Memahami langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
5.                            Menulis ulang teks laporan hasil observasi dalam bentuk lain

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks laporan hasil observasi
2.      Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi
3.      Langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan laporan hasil observasi

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  






































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.       Peserta didik mengamati contoh teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi teks laporan hasil observasi dari sumber belajar lain yang relevan
4.      Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar teks laporan hasil observasi
5.      Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.      Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.      Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru
9.      Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks laporan hasil observasi tersebut untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.                                      Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi
13.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  evaluasi teks laporan hasil observasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.     Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi.
2.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit







































20 menit



Pertemuan ke-2:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  













































Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar kesulitan dalam mengevaluasi teks laporan hasil observasi
4.             Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.             Peserta didik mengamati contoh teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru serta membaca contoh lain pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.           Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi teks laporan hasil observasi dari sumber belajar lain yang relevan
4.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar teks laporan hasil observasi
5.             Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.             Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.                       Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.             Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru
9.             Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks laporan hasil observasi tersebut untuk mengonversi ke dalam bentuk lain.
10.         Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi sebelum mempresentasikan hasil konversi pada pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.      Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi dan langkah-langkahnya
13.         Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi teks laporan hasil observasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.         Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks laporan hasil observasi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit














































20 menit
Pertemuan ke-3:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  




























Kegiatan Penutup:

1.         Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.    Peserta didik memajang hasil konversi teks laporan hasil observasi yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.    Peserta didik mengamati hasil konversi milik kelompok lain.
3.    Peserta didik mencatat hasil amatan tentang konversi teks laporan hasil observasi kelompok lain

4.    Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar konversi teks laporan hasil observasi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
5.    Peserta didik saling menilai hasil konversi teks laporan hasil observasi kelompok lain
6.         Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil konversi teks laporan hasil observasi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8.         Seluruh kelompok mendiskusikan hasil konversi terbaik di kelas tersebut

9.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi teks laporan hasil observasi
10.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi teks laporan hasil observasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.         Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai konversi teks laporan hasil observasi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.         Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks laporan hasil observasi
3.         Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.         Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit







60 menit





























20 menit
Pertemuan ke-4:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan






Kegiatan Inti  :







Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Peserta didik mengamati teks laporan hasil observasi yang  ditayangkan guru.
2.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi
3.             Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi
1.             Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi.
2.             Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks laporan hasil observasi
3.             Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.             Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit




I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung Jawab
3.
Jujur
4.
Disiplin
   5.
Proaktif
 
2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
b.             Memahami langkah-langkah evaluasi  teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Isian
1.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks laporan hasil observasi!
c.              Memahami langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Isian
2.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi!


Jawaban
a.                                                                                           Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi:
Membaca/ mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama
Memahami struktur dan isi teks laporan hasil observasi
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi
Langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi :
Membaca/ mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks laporan hasil observasi
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5
2.2.       Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks laporan hasil observasi terlampir kemudian tulis ulanglah ke dalam bentuk teks lain!
Rubrik Penilaian Keterampilan Konversi Teks laporan hasil observasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?


2.
Ketepatan pengubahan bentuk teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah pengubahan (pengonversian) bentuk teks laporan hasil observasi tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?


     
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran                           : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, jujur, disiplin, dan proaktif
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
Jujur
Disiplin
Proaktif

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.