RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Teks laporan hasil observasi
Tema/ topik :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan : 4 X pertemuan :
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.5. Mengevaluasi
teks laporan hasil observasi baik
melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengevaluasi teks
laporan hasil observasi
·
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
dengan cermat.
·
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan
cermat.
4.5.
Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengonversi teks
laporan hasil observasi
·
Menulis
ulang (mengonversi) teks laporan hasil observasi dalam
bentuk lain
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan
materi pokok teks laporan hasil observasi
ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi
2. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks laporan hasil observasi
3. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks laporan hasil observasi
4. Memahami
langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
5.
Menulis ulang teks laporan hasil observasi dalam bentuk lain
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil observasi
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi
3.
Langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
laporan hasil observasi
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
laporan hasil observasi yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi pada buku
pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi teks laporan hasil observasi dari sumber
belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks laporan hasil observasi
5.
Peserta didik
diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang
belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks laporan
hasil observasi yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks laporan
hasil observasi tersebut untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan evaluasi
teks laporan hasil observasi, siswa dan guru
menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam mengevaluasi teks laporan
hasil observasi
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
laporan hasil observasi yang ditayangkan guru serta membaca contoh lain
pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi teks laporan hasil observasi dari sumber
belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks laporan hasil observasi
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks laporan
hasil observasi yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks laporan
hasil observasi tersebut untuk mengonversi ke dalam bentuk lain.
10.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengonversi teks laporan
hasil observasi sebelum mempresentasikan hasil konversi pada pertemuan
berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi dan langkah-langkahnya
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan konversi teks
laporan hasil observasi, siswa dan guru
menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks laporan hasil observasi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik memajang
hasil konversi teks laporan hasil
observasi yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati hasil konversi milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang konversi teks laporan hasil observasi kelompok
lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar konversi teks laporan hasil observasi mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai hasil konversi teks
laporan hasil observasi kelompok
lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
konversi teks laporan hasil observasi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut
kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil konversi terbaik di
kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi teks laporan hasil observasi
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan konversi teks laporan hasil observasi, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai konversi teks laporan hasil observasi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks laporan hasil observasi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik mengamati
teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi
3.
Peserta
didik mengikuti ulangan harian seputar evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks laporan hasil observasi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Proaktif
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
b.
Memahami
langkah-langkah evaluasi teks laporan hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks laporan hasil observasi!
|
c.
Memahami langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
2. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi!
|
Jawaban
a.
Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi:
Membaca/ mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama
Memahami struktur dan isi teks laporan hasil observasi
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi
Langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi :
Membaca/
mengamati teks laporan hasil
observasi secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks laporan hasil
observasi
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks laporan hasil observasi terlampir kemudian tulis ulanglah ke
dalam bentuk teks lain!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks laporan hasil observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks laporan hasil observasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks laporan hasil
observasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks laporan
hasil observasi
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks laporan
hasil observasi tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
teks laporan hasil observasi sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran : ...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
tanggung jawab, jujur, disiplin, dan proaktif
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
Proaktif
|
|
|||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|