RPP BAHASA INDONESIA SMA/ SMK KURIKULUM 2013 BAB KRITIK DAN HUMOR DALAM LAYANAN PUBLIK (KD 3.5 DAN 4.5) FORMAT BARU

                          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                      (RPP)

Satuan Pendidikan         : 
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Materi Pokok               : Teks anekdot
Tema/ topik                 : Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                       :
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.    1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
3.5. Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengevaluasi anekdot
·      Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
·      Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
4.5.   Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengonversi anekdot
·      Menulis ulang (mengonversi) teks  anekdot dalam bentuk uraian monolog




C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Kritik dan Humor dalam Layanan Publik dengan materi pokok teks anekdot ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Memahami  langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks anekdot
2.    Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks anekdot
3.    Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks anekdot
4.    Memahami langkah-langkah mengonversi teks anekdot
5.    Menulis ulang teks anekdot dalam bentuk uraian monolog

D.        Materi Pembelajaran   
1.      Contoh teks anekdot:
a.    Lisan
b.    Tulisan
2.      Langkah-langkah mengevaluasi teks anekdot
3.      Langkah-langkah mengonversi teks anekdot

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan Video anekdot (lisan), anekdot (tulisan)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  






































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh anekdot
2.       Peserta didik mengamati contoh anekdot yang ditayangkan guru serta membaca contoh anekdot pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi anekdot dari sumber belajar lain yang relevan
4.      Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
5.      Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.      Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.      Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali anekdot yang ditayangkan guru
9.      Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan anekdot-anekdot tersebut untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.                                       Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai evaluasi anekdot  yang berisi permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
13.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  evaluasi anekdot, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.     Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit







































20 menit
Pertemuan ke-2:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan









Kegiatan Inti  :
  












































Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar kesulitan dalam mengevaluasi teks anekdot
4.             Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh anekdot
2.             Peserta didik mengamati contoh anekdot yang ditayangkan guru serta membaca contoh anekdot pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.           Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi anekdot dari sumber belajar lain yang relevan
4.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
5.             Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.             Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.             Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.             Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali anekdot yang ditayangkan guru
9.             Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan anekdot-anekdot tersebut untuk mengonversi ke dalam bentuk lain.
10.         Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengonversi teks anekdot sebelum mempresentasikan hasil konversi pada pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun

12.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi dan langkah-langkahnya
13.         Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi anekdot, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.         Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit









60 menit












































20 menit
Pertemuan ke-3:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  


























Kegiatan Penutup:

1.         Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.    Peserta didik memajang hasil konversi teks anekdot yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.    Peserta didik mengamati hasil konversi milik kelompok lain.
3.    Peserta didik mencatat hasil amatan tentang konversi anekdot kelompok lain
4.    Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar konversi anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
5.    Peserta didik saling menilai hasil konversi anekdot kelompok lain
6.    Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil konversi anekdot kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.    Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8.    Seluruh kelompok mendiskusikan hasil konversi terbaik di kelas tersebut
9.    Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi anekdot  yang berisi permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
10.   Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi anekdot, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.         Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai konversi teks anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.         Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.         Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.         Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit



























20 menit
Pertemuan ke-4:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan






Kegiatan Inti  :
  
















Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Peserta didik mengamati teks anekdot yang  ditayangkan guru.
2.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar evaluasi dan konversi anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
3.             Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar evaluasi dan konversi teks anekdot

4.             Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi dan konversi teks anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
5.             Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
1.             Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
2.             Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit






60 menit

















20 menit

I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung Jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
6.       
Santun
  2. Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
a.              Memahami langkah-langkah evaluasi  anekdot
Tes tertulis
Isian
1.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks anekdot!
b.             Memahami langkah-langkah mengonversi anekdot
Tes tertulis
Isian
2.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah mengonversi teks anekdot!
Jawaban
a.                                                                                           Langkah-langkah mengevaluasi anekdot:
Membaca/ mengamati anekdot secara saksama
Memahami struktur dan isi anekdot
Mengenali bahasa yang digunakan dalam anekdot
Menentukan kelebihan dan kekurangan anekdot
b.                                                                                          Langkah-langkah mengonversi anekdot:
Membaca/ mengamati anekdot secara saksama
Memahami bentuk dan isi anekdot
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5
Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5




















2.2.       Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks anekdot terlampir kemudian tulis ulanglah anekdot tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik Penilaian Keterampilan Konversi Teks anekdot
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa anekdot
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa anekdot?


2.
Ketepatan pengubahan bentuk teks anekdot
Sudah tepatkah pengubahan (pengonversian) bentuk teks anekdot tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi anekdot sesuai kaidah dan EYD?




     









   

Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran                           : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
Peduli
Responsif
Santun

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.