RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok
: Teks eksposisi
Tema/ topik :
Budaya Berpendapat dalam Forum Ekonomi dan Politik
Jumlah Pertemuan : 4 X pertemuan :
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
2. 5. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik
3.
5. Mengevaluasi
teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengevaluasi teks
eksposisi
·
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
·
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
eksposisi dengan
cermat.
4.5.
Mengonversi teks eksposisi ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengonversi teks
eksposisi
·
Menulis
ulang (mengonversi) teks eksposisi dalam bentuk lain
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran budaya berpendapat dalam forum
ekonomi dan politik dengan materi pokok teks eksposisi ini siswa terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks eksposisi
2. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks eksposisi
3. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks eksposisi
4. Memahami
langkah-langkah mengonversi teks eksposisi
5. Menulis
ulang teks eksposisi dalam bentuk lain
D.
Materi Pembelajaran
1.
Contoh teks eksposisi
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks eksposisi
3.
Langkah-langkah mengonversi teks eksposisi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
Video eksposisi (lisan
dan tulisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh eksposisi
2.
Peserta didik mengamati contoh eksposisi yang ditayangkan guru serta
membaca contoh eksposisi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi
Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi eksposisi
dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali eksposisi
yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan eksposisi tersebut untuk
mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
11.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai evaluasi eksposisi yang berisi permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
12.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan evaluasi eksposisi, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
13.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai evaluasi teks
eksposisi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai evaluasi teks
eksposisi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan
ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam mengevaluasi teks eksposisi
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh eksposisi
2.
Peserta didik mengamati contoh eksposisi yang ditayangkan guru serta
membaca contoh eksposisi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi
Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi eksposisi
dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali eksposisi
yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan eksposisi tersebut
untuk mengonversi ke dalam bentuk lain.
10.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengonversi teks eksposisi sebelum
mempresentasikan hasil konversi pada pertemuan berikutnya kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi dan langkah-langkahnya
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan konversi eksposisi, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai konversi teks
eksposisi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks
eksposisi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan
ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik memajang
hasil konversi teks eksposisi yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati hasil konversi milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang konversi eksposisi kelompok
lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar konversi eksposisi mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai hasil konversi eksposisi
kelompok lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
konversi kemudian mengumpulkan hasil
diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil konversi terbaik di
kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi eksposisi yang berisi permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan konversi eksposisi, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai konversi teks
eksposisi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks
eksposisi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan
ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik mengamati
teks eksposisi yang
ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar evaluasi dan konversi eksposisi mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
3.
Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar evaluasi dan konversi
teks eksposisi
4.
Peserta didik
diminta menyimpulkan hasil pembelajaran
mengenai evaluasi dan konversi teks
eksposisi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
5.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks
eksposisi mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
1.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
2.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Jujur
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
a.
Memahami
langkah-langkah evaluasi eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks eksposisi!
|
b.
Memahami langkah-langkah mengonversi eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
2. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah mengonversi teks eksposisi!
|
Jawaban
a.
Langkah-langkah mengevaluasi eksposisi:
Membaca/ mengamati eksposisi secara saksama
Memahami struktur dan isi eksposisi
Mengenali bahasa yang digunakan dalam eksposisi
Menentukan kelebihan dan kekurangan eksposisi
b.
Langkah-langkah mengonversi eksposisi:
Membaca/
mengamati eksposisi secara saksama
Memahami
bentuk dan isi eksposisi
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami dua buah teks eksposisi terlampir kemudian tulis ulanglah teks
eksposisi tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks eksposisi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa dua teks eksposisi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa eksposisi?
|
||
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks eksposisi
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks eksposisi tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
eksposisi sesuai kaidah dan EYD?
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester : ...............................................................
Tahun Ajaran : ...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Peduli
|
Disiplin
|
Santun
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||