RPP BAHASA INDONESIA SMA/ SMK KURIKULUM 2013 BAB BUDAYA BERPENDAPAT DI FORUM EKONOMI DAN POLITIK (KD 3.5. dan 4.5. )

                                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                                               (RPP)

Satuan Pendidikan         : 
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : X/1
Materi Pokok               : Teks eksposisi
Tema/ topik                   : Budaya Berpendapat dalam Forum Ekonomi dan Politik
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                      :
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.    5. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik  
3.                                   5. Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengevaluasi teks eksposisi
·      Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
·      Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
4.5.   Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengonversi teks eksposisi
·      Menulis ulang (mengonversi) teks  eksposisi dalam bentuk lain

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran budaya berpendapat dalam forum ekonomi dan politik dengan materi pokok teks eksposisi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Memahami  langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks eksposisi
2.    Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks eksposisi
3.    Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks eksposisi
4.    Memahami langkah-langkah mengonversi teks eksposisi
5.    Menulis ulang teks eksposisi dalam bentuk lain

D.        Materi Pembelajaran   
1.      Contoh teks eksposisi
2.      Langkah-langkah mengevaluasi teks eksposisi
3.      Langkah-langkah mengonversi teks eksposisi

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan Video eksposisi (lisan  dan tulisan)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  









































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh eksposisi
2.       Peserta didik mengamati contoh eksposisi yang ditayangkan guru serta membaca contoh eksposisi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi eksposisi dari sumber belajar lain yang relevan

4.      Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
5.      Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.      Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.      Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali eksposisi yang ditayangkan guru
9.      Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan eksposisi tersebut untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun

11.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai evaluasi eksposisi  yang berisi permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
12.  Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  evaluasi eksposisi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
13.  Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit










































20 menit
Pertemuan ke-2:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan










Kegiatan Inti  :
  










































Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar kesulitan dalam mengevaluasi teks eksposisi
4.             Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh eksposisi
2.             Peserta didik mengamati contoh eksposisi yang ditayangkan guru serta membaca contoh eksposisi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.           Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi eksposisi dari sumber belajar lain yang relevan

4.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
5.             Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.             Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.                       Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.             Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali eksposisi yang ditayangkan guru
9.             Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan eksposisi tersebut untuk mengonversi ke dalam bentuk lain.
10.         Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengonversi teks eksposisi sebelum mempresentasikan hasil konversi pada pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun

12.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi dan langkah-langkahnya
13.         Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi eksposisi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.         Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai konversi teks eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit










60 menit











































20 menit
Pertemuan ke-3:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  


























Kegiatan Penutup:

1.         Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.    Peserta didik memajang hasil konversi teks eksposisi yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.    Peserta didik mengamati hasil konversi milik kelompok lain.
3.    Peserta didik mencatat hasil amatan tentang konversi eksposisi kelompok lain
4.    Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar konversi eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
5.    Peserta didik saling menilai hasil konversi eksposisi kelompok lain
6.         Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil konversi  kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8.         Seluruh kelompok mendiskusikan hasil konversi terbaik di kelas tersebut
9.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi eksposisi  yang berisi permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
10.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi eksposisi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.         Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai konversi teks eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.         Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.         Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.         Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit



























20 menit
Pertemuan ke-4:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan






Kegiatan Inti  :
  
















Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Peserta didik mengamati teks eksposisi yang  ditayangkan guru.
2.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar evaluasi dan konversi eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
3.             Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar evaluasi dan konversi teks eksposisi

4.             Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi dan konversi teks eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
5.             Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks eksposisi mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
1.             Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
2.             Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit






60 menit

















20 menit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Jujur
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung Jawab
3.
Peduli
4.
Disiplin
     5.
Santun
 










2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
a.              Memahami langkah-langkah evaluasi  eksposisi
Tes tertulis
Isian
1.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks eksposisi!
b.             Memahami langkah-langkah mengonversi eksposisi
Tes tertulis
Isian
2.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah mengonversi teks eksposisi!
Jawaban
a.                                                                                           Langkah-langkah mengevaluasi eksposisi:
Membaca/ mengamati eksposisi secara saksama
Memahami struktur dan isi eksposisi
Mengenali bahasa yang digunakan dalam eksposisi
Menentukan kelebihan dan kekurangan eksposisi
b.                                                                                           Langkah-langkah mengonversi eksposisi:
Membaca/ mengamati eksposisi secara saksama
Memahami bentuk dan isi eksposisi
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5
Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5












2.2.       Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami dua buah teks eksposisi terlampir kemudian tulis ulanglah teks eksposisi tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik Penilaian Keterampilan Konversi Teks eksposisi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa dua teks eksposisi
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa eksposisi?


2.
Ketepatan pengubahan bentuk teks eksposisi
Sudah tepatkah pengubahan (pengonversian) bentuk teks eksposisi tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi eksposisi sesuai kaidah dan EYD?
















Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran                           : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Jujur
Tanggung jawab
Peduli
Disiplin
Santun

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.