RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik : Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan : 4 X pertemuan :
Alokasi Waktu
: 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.2. Membandingkan teks laporan
hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah membandingkan teks
laporan hasil observasi
·
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks laporan
hasil observasi dengan
cermat.
4.2. Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
·
Memahami langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
·
Memproduksi teks laporan
hasil observasi yang koheren
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan
materi pokok teks laporan
hasil observasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Memahami langkah-langkah membandingkan teks
laporan hasil observasi
2.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
3.
Memahami langkah-langkah memproduksi teks
laporan hasil observasi
4.
Memproduksi teks laporan
hasil observasi yang koheren
D. Materi
Pembelajaran
1. Contoh teks laporan hasil observasi
2. Langkah-langkah membandingkan
teks laporan
hasil observasi
3.
Langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks laporan hasil observasi (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks prosedur kompleks yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan
hasil observasi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil
observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi
Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi membandingkan
teks laporan
hasil observasi dari sumber belajar lain yang relevan
Peserta
didik
diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar membandingkan
teks laporan hasil observasi
4.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
5.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
6.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
7.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru
8.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan dua buah teks laporan hasil observasi tersebut untuk membandingkan
isi dan bahasa
9.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan
hasil diskusi tersebut kepada guru
10.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
11.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai perbandingan teks laporan hasil observasi
12.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan perbandingan
teks laporan hasil observasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
13.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai perbandingan teks laporan hasil observasi
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks laporan hasil observasi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam membandingkan teks laporan hasil observasi
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks laporan hasil observasi
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
4.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
5.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks laporan hasil observasi tersebut untuk kemudian
memproduksi teks baru
7.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi sebelum
mempresentasikan hasil produksi pada pertemuan berikutnya kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks dan langkah-langkahnya
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks laporan hasil observasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai produksi teks laporan hasil observasi
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks laporan hasil observasi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik memajang hasil produksi teks laporan hasil observasi yang telah dibuat pada
pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati teks hasil produksi milik kelompok lain.
4.
Peserta
didik mencatat hasil amatan tentang hasil produksi teks laporan hasil observasi kelompok
lain
5.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar memproduksi teks laporan hasil observasi yang dibuat kelompok lain
6.
Peserta didik saling menilai hasil produksi teks
laporan hasil observasi kelompok
lain
7.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
produksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
9.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil produksi teks terbaik
di kelas tersebut
10.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks laporan hasil observasi
11.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks laporan hasil observasi siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai memproduksi teks laporan
hasil observasi
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks laporan hasil observasi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik selalu
belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas
seputar membandingkan dan memproduksi teks laporan hasil
observasi
1.
Peserta
didik mengikuti ulangan harian seputar membandingkan dan memproduksi teks laporan hasil
observasi
2.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai membandingkan dan memproduksi teks laporan hasil observasi
3.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks
laporan hasil observasi
4.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
5.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Disiplin
|
||||
4.
|
Tanggung
jawab
|
||||
5.
|
Proaktif
|
|
|
|
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami langkah-langkah membandingkan teks laporan hasil
observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam membandingkan teks laporan hasil
observasi!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks laporan hasil observasi:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks laporan hasil
observasi yang koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks laporan hasil observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks laporan
hasil observasi
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks laporan hasil observasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks laporan hasil observasi sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur,
disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Proaktif
|
|
|
|
|||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||