RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Negosiasi
Tema/ topik :
Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan : 4 X pertemuan :
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 3.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi..
2.
4. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan
kewirausahaan.
3.2.
Membandingkan teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah membandingkan teks
negosiasi
·
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks negosiasi
dengan cermat.
4.2. Memproduksi teks negosiasi
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
·
Memahami langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
·
Memproduksi teks negosiasi yang koheren
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam
Kewirausahaan dengan materi pokok teks
negosiasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
membandingkan teks negosiasi
2. Membandingkan struktur isi dan
bahasa teks negosiasi
3.
Memahami langkah-langkah memproduksi teks
negosiasi
4.
Memproduksi teks negosiasi yang koheren
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks negosiasi
2.
Langkah-langkah membandingkan teks negosiasi
3. Langkah-langkah memproduksi
teks negosiasi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks negosiasi (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks prosedur kompleks yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks negosiasi
pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi membandingkan
teks negosiasi
dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar membandingkan teks negosiasi
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks negosiasi yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan dua buah teks negosiasi tersebut untuk membandingkan isi dan bahasa
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai perbandingan teks negosiasi
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan perbandingan
teks negosiasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai perbandingan teks negosiasi.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks negosiasi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam membandingkan teks negosiasi
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks negosiasi
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
4.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
5.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks negosiasi yang ditayangkan guru
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks negosiasi tersebut untuk kemudian memproduksi teks baru
7.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah memproduksi teks negosiasi sebelum mempresentasikan hasil produksi pada
pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks dan langkah-langkahnya
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks negosiasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai produksi teks negosiasi.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks negosiasi.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik memajang hasil produksi teks negosiasi
yang telah
dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati teks hasil produksi milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang hasil produksi teks negosiasi
kelompok lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar memproduksi teks negosiasi yang dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai hasil produksi teks
negosiasi kelompok
lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
produksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil produksi teks terbaik
di kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks negosiasi
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks negosiasi, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai memproduksi teks negosiasi.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks negosiasi.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks negosiasi
yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar membandingkan dan memproduksi teks negosiasi.
3.
Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar membandingkan dan
memproduksi teks negosiasi
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai membandingkan dan memproduksi teks negosiasi
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks
negosiasi.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
21
enit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Disiplin
|
||||
4.
|
Peduli
|
||||
5.
|
Santun
|
|
|
|
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami langkah-langkah membandingkan teks negosiasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam membandingkan teks negosiasi!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks negosiasi:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks negosiasi:
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks negosiasi yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks negosiasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks negosiasi
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks negosiasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks negosiasi
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks negosiasi?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks negosiasi sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
jujur, disiplin, peduli, dan santun
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Peduli
|
Santun
|
|
|
|
|||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||