Tugas 3 Mengenal Struktur Teks


Setelah memahami isi teks tersebut, kamu diajak mengenal struktur teks yang ada dalam Bab I—VI. Untuk itu, jawablah pertanyaan berikut!
1) Dapatkah kamu menyusun struktur teks itu?
2) Kamu analisis struktur teks tersebut berdasarkan struktur teks yang kamu pahami.
3) Bandingkan jawaban kamu dengan struktur teks di bawah ini! Perhatikan bagian-bagian yang dicetak tebal! Tahukah kamu, bagian-bagian yang dicetak tebal itu menunjukkan apa? Hubungkan penjelasan kamu dengan tata organisasi teks tersebut!
Struktur Teks
Peristiwa
Pernyataan umum
Dengan teknologi yang tepat, sampah yang tadinya sebagai barang buangan, kotor, berbau, menimbulkan penyakit, dan mencemari lingkungan dapat menjadi barang yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi tinggi. Sampah anorganik bisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling), sedangkan sampah organik dapat dimanfaatkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.
Deretan penjelasan/Eksplanasi
Sampah yang telah ditimbun pada tempat pembuangan akhir (TPA) dapat mengalami proses lanjutan. Teknologi yang digunakan dalam proses lanjutan yang umum adalah (1) teknologi pembakaran (incinerator), (2) teknologi pengomposan (composting), (3) teknologi penimbunan tanah (land fill), dan (4) teknologi daur ulang (recycling).
Teknologi pembakaran (incinerator) menghasilkan produk samping berupa logam bekas (skrap) dan uap yang dapat dikonservasikan menjadi energi listrik. Teknologi pengomposan (composting) menghasilkan pupuk kompos yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Teknologi penimbunan tanah (land fill) dimanfaatkan untuk menimbun tanah rendah. Teknologi daur ulang (recycling) dapat dimanfaatkan untuk mengolah sampah menjadi barang jadi yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Sampah dipungut dan dikumpulkan, misalnya, kertas, kardus, pecahan kaca, botol bekas, logam-logam, plastik dan sebagainya. Barang-barang bekas ini bisa dikirim ke pabrik yang melakukan daur ulang. Barang bekas tadi bisa diolah menjadi bahan baku, yang dapat menghasilkan produk daur ulang seperti karton, kardus pembungkus, alat-alat dan perangkat rumah tangga dari plastik dan kaca.
Interpretasi
Persoalannya adalah sebagian besar masyarakat belum menyadari pentingnya teknologi pengolahan sampah. Sekarang bergantung pada masyarakat apakah menjadikan sampah sebagai bahan yang kotor, berbau, menjijikkan, atau menjadikan sampah sebagai bahan yang bermanfaat bagi kehidupan.
Setelah membandingkan hasil analisis struktur teks yang kamu lakukan dengan bagan struktur itu, kamu dapat menyimpulkan bahwa struktur teks “Teknologi Proses Sampah” adalah struktur teks eksplanasi.
Berdasarkan struktur teks tersebut, tahukah kamu bahwa teks eksplanasi “Teknologi Proses Sampah” dapat diubah menjadi teks hasil observasi atau eksposisi?



smber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment