Teks 5 Ikan Hias yang Digemari


Bacalah teks berikut dengan cermat dan pahami makna yang ada di dalamnya!
Kemudian, jawablah pertanyaan yang ada di bawah teks tersebut!
Ikan Hias yang Digemari
Ikan adalah binatang bertulang belakang yang hidup di air dan bernafas dengan insang. Di antara ikan-ikan itu ada yang fungsinya sebagai hiasan. Ikan hias ini ada yang berasal dari air asin (laut) dan air tawar. Ada lima jenis ikan air tawar yang banyak digemari, yakni ikan Cupang, ikan Manfish, dan ikan Discuss.
Ikan cupang adalah jenis ikan kecil yang cantik. Ikan hias ini sangat dikenal masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Ikan ini terkenal akan kecantikannya. Ada yang berwarna biru, dan ada yang berwarna ungu. Ikan ini cantik karena ekornya mengembang. Sayangnya, ikan ini agresif sehingga tempat penyimpanannya harus tersendiri. Pusat budi daya ikan ini banyak terdapat di Indonesia.
Ikan Manfish dikenal juga dengan Angel Fish. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Ikan kecil ini juga digemari masyarakat Indonesia karena bentuknya yang Indah. Bagian tubuhnya ada yang berwarna perak dan bagian ekornya berwarna merah tua. Gerakan ikan ini sangat tenang. Pusat budi daya ikan ini terdapat di Jakarta dan Bogor.
Ikan Discus merupakan rajanya ikan hias air tawar. Ikan ini menarik dan banyak peminatnya sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Ikan ini bentuk, warna, dan coraknya juga menarik. Harganya juga agak mahal. Sayangnya, ikan Diskus ini masih belum banyak di Indonesia.
Ikan hias ini biasanya dipelihara di dalam kolam atau akuarium. Salah satu manfaatnya bagi manusia sebagai hiburan dan obat stress. Setelah pulang bekerja, menguras tenaga, pikiran akan tenang seketika setelah memandang ikan-ikan cantik ini.
Diolah dari sumber http://klikpintar.com/tips/inilah-5-jenis-ikan-hias-air-tawar-paling-indah/
Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan 197
1) Dapatkah kamu memahami teks Ikan “Hias yang Digemari”? Jika kamu belum paham, bacalah sekali lagi!
2) Menurut pendapatmu, teks “Ikan Hias yang Digemari” berstruktur apa?” Sebutkan alasan dan bagian-bagian yang membentuk struktur teks itu!




sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment