PRESS RELEASE

PRESS RELEASE


Tujuan siaran pers (press release) adalah untuk menarik perhatian orang-orang yang
bertanggung jawab untuk memilih berita apa yang akan dilaporkan di media. Dalam hal ini,
public relations lembaga terkait sering digunakan untuk mencari media yang relevan dengan
berita yang akan disebarluaskan. Perhatikan bahwa penting untuk memberikan nama kontak
dan alamat untuk informasi lebih lanjut.
Berikut adalah formatnya:
Untuk :
Tanggal release/ditayangkan :
Subject :
---------------------------------------------------------------------
Jabaran singkat tentang hal yang ingin ditayangkan/didiseminasikan
Untuk info lebih lanjut, hubungi:
………….
FORMAT PENILAIAN LAPORAN
Penilai : Waktu Pelaksanaan :
Yang dinilai : Skor :
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk Pengisian:
1. Berilah tanda ceklist (√) pada salah satu kolom (“ada” atau “tidak”) sesuai dengan laporan
yang sedang dinilai.
2. Penilaian yang bersifat kualitatif ataupun tidak ada dalam penilaian kuantitatif, dituliskan
secara jelas dalam kotak “Penilaian/komentar tambahan”
3. Sistem penskoran yang digunakan adalah dikotomi biner, ada mendapat skor “1” dan tidak
mendapat skor “0”
4. Nilai kuantitatif didapat dari jumlah skor yang didapat dibagi total skor semestinya kemudian dikalikan 100
No Pernyataan Ada Tidak
Tujuan
1 Apakah tujuan yang disampaikan sudah jelas?
2. Apakah karakteristik/kebutuhan pembaca sudah diidentifikasi?
3. Apakah tujuan sudah dipertimbangkan sebelum membuat laporan?
Informasi
4. Apakah informasi yang disampaikan merupakan bahasan utama?
5. Apakah informasi yang disampaikan didukung dengan bukti?
6. Apakah informasi yang ada relevan dengan tujuan?
Akurasi/Ketepatan
7. Apakah ada kesalahan ejaan?
8. Apakah referensi yang digunakan telah sesuai?
9. Apakah semua referensi yang digunakan tercantum dalam daftar
pustaka?
10. Apakah singkatan (jika ada) digunakan secara konsisten?
Gambar
11. Apakah gambar yang disajikan jelas terlihat?
Format
12. Apakah format antar bagian seimbang?
13. Apakah bagian yang penting memiliki porsi yang cukup besar dari
seluruh laporan?
14. Apakah laporan yang dibuat mudah untuk diikuti?
15. Apakah mudah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan dalam
laporan?
16. Apakah judul dan penomoran jelas?
17. Apakah argumen yang disampaikan mudah untuk dipahami?
18. Apakah isi laporan dapat dicerna oleh logika?
Bahasa
19. Apakah jelas, lugas, dan mudah dibaca?
20. Apakah pembaca/pengguna akan mudah untuk memahaminya?
21. Apakah tata bahasa yang digunakan sudah benar?
22. Apakah ada pengulangan kata dalam laporan?
Presentasi
23. Apakah tata letak yang disajikan dalam laporan sudah menarik?
24. Apakah hal-hal yang penting dalam laporan sudah tersoroti?
Penilaian/komentar tambahan:

No comments:

Post a Comment