Kegiatan 3 Penyusunan Teks Cerita Pendek secara Mandiri


Pada Kegiatan 3 ini kamu diharapkan mengerjakan tugas secara mandiri. Kamu diminta untuk memahami struktur teks cerita pendek: orientasi, komplikasi, dan resolusi. Coba kamu cari sebuah teks dan bandingkan dengan struktur teks cerita pendek. Setelah mendapat bab ini, kamu diharapkan mengetahui bentuk teks cerita pendek dan menuliskan teks cerita pendek.
Tugas 1 Mencermati dan Mengidentifikasi Teks Cerita Pendek
1) Cermati teks berikut! Betulkan dengan memberikan tanda panah kearah teks yang benar! Tentukan mana yang orientasi, komplikasi, dan resolusi!
Bayangan Diri
Orientasi Bila saja dia berhenti untuk berpikir, dia akan tahu bahwa itu hanyalah bayangannya. Tetapi anjing itu tidak berpikir apa-apa dan malah menjatuhkan tulang yang dibawanya dan langsung melompat ke dalam sungai. Anjing serakah tersebut akhirnya dengan susah payah berenang menuju ke tepi sungai. Saat dia selamat tiba di tepi sungai, dia hanya bisa berdiri termenung dan sedih karena tulang yang dibawanya malah hilang, dia kemudian menyesali apa yang terjadi dan menyadari betapa bodohnya dirinya.
Komplikasi Sangatlah bodoh memiliki sifat yang serakah.
Resolusi Seekor anjing yang mendapatkan sebuah tulang dari seseorang, berlari-lari pulang ke tempatnya secepat mungkin dengan senang hati. Ketika dia melewati sebuah jembatan yang sangat kecil, dia menunduk ke bawah dan melihat bayangan dirinya terpantul dari air di bawah jembatan itu. Anjing yang serakah ini mengira dirinya melihat seekor anjing lain membawa sebuah tulang yang lebih besar dari miliknya.
Diolah dari sumber teks http://www.ceritakecil.com/cerita-dan-dongeng/Anjing-dan-Bayangannya-60
2) Ceritakan ulang teks “Bayangan Diri” dengan bahasa kamu!
3) Buatlah tulisan sejenis dengan teks "Bayangan Diri" dengan menggunakan kata dan kalimat dalam bentuk cerita pendek!



sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment