Tugas 4 Memahami Teks Eksplanasi melalui Sastra


Pada Tugas 4 ini kamu diminta membaca teks yang berkaitan dengan sastra. Teks yang dipakai berjudul “Laskar Pelangi: Novel Bernuansa Alam”. Untuk memahami isinya, ada beberapa tugas yang harus kamu kerjakan secara berkelompok.
Laskar Pelangi: Novel Bernuansa Alam
1 Laskar Pelangi merupakan novel remaja berlatar keindahan alam Belitung. Novel ini termasuk salah satu novel remaja karya Andrea Hirata yang fenomenal. Kisah tentang kehidupan lima remaja yang akrab dengan alam di pantai Belitung. Selain Laskar Pelangi, Andrea Hirata juga mengarang serangkaian novel lain, yakni Sang Pemimpi, Endensor, dan Maryamah Karpov.
2 Laskar Pelangi termasuk novel fenomenal karena saat diterbitkan karya ini sangat laris (best seller). Pada saat itu novel tersebut mengalami cetak ulang dengan jumlah yang sangat besar. Novel ini semakin popular ketika diproduksi menjadi film. Dalam film itu, keindahan alam Belitung sangat digali terutama pantai indah dengan pasir yang putih. Bebatuan dengan beragam bentuk menyerupai binatang terdapat di sana. Kehidupan lima remaja banyak menginspirasi dan memotivasi remaja lain untuk belajar dan mencapai cita-citanya. Berkat novel ini juga, kunjungan wisata ke Belitung meningkat pesat.
3 Keberhasilan Laskar Pelangi sebagai novel popular Indonesia dibuktikan dengan beberapa prestasi. Karya ini diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Di Amerika misalnya, terjemahan novel ini sudah terjual lebih dari 4.000 eksemplar. Filmya juga mendapat sambutan hangat di luar negeri, di antaranya saat film ini diputar di Festival Berlin.
Diolah dari sumber http://analisis.vivanews.com/news/read
Setelah membaca teks tersebut, dapatkah kamu memahami isinya? Sekarang coba kamu kerjakan tugas-tugas berikut!
1) Mengapa novel Laskar Pelangi dikatakan sebagai novel remaja yang fenomenal?
2) Siapakah pengarang novel ini dan sebutkan novel-novel lain yang menjadi karyanya?
3) Untuk memahami novelnya, kamu ditugasi membaca salah satu judul novel yang disebut di dalam teks (Sang Pemimpi, Endensor, dan Maryamah Karpov) atau novel lain dalam sastra Indonesia.


dst.


sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment