Tugas 3 Menyusun Teks Eksplanasi


Pada Tugas 3 ini kamu diajak untuk menyusun teks eksplanasi secara berkelompok yang urutannya sesuai dengan struktur teks eksplanasi. Selain itu, pada bagian ini kamu juga diajak menerapkan unsur-unsur kebahasaan seperti yang sudah kamu kerjakan pada tugas-tugas sebelumnya.
1) Susunlah potongan-potongan teks berikut ini sehingga menjadi teks eksplanasi yang urut dan logis! Kerjakan dalam kelompok yang terdiri atas 3—5 orang anggota!
Banjir
1. Banjir terjadi hampir merata di Indonesia saat ini. Apa penyebabnya? Apakah manusia menjadi salah satu penyebabnya?
2. Banjir terjadi karena banyak faktor. Curah hujan yang sangat tinggi dapat dianggap sebagai sebab terjadinya banjir. Selain itu, saluran air atau got yang tidak berfungsi karena tersumbat oleh sampah juga menjadi sebab terjadinya banjir.
3. Jika Anda mempunyai biaya besar dan ruang lebih besar, buatlah sumur resapan dengan kedalaman mencapai empat meter dan diameter 150 cm.
4. Perubahan iklim global mengakibatkan curah hujan tinggi bisa terjadi tiba-tiba. Curah hujan tersebut dapat terjadi dalam kurun waktu yang singkat atau dalam waktu lama.
5. Awalnya, air akan berubah sifat menjadi jenuh pada tanah melalui infiltrasi pada pori-pori tanah. Pada kejadian selanjutnya air itu tidak lagi bisa diserap oleh tanah sehingga terjadi banjir.
6. Cara sederhana mengatasi banjir adalah dengan memperlakukan air dengan benar. Artinya, kita harus dapat menyalurkan dan mengendalikan curahan hujan yang jatuh ke bumi dengan baik.
7. Misalnya, jika kita tidak dapat mengirit pemakaian air, kita masih dapat menyimpannya dengan memasukkan air kembali ke dalam tanah. Air hujan yang ditampung melalui talang dapat dimasukkan langsung ke dalam tanah dengan cara membuat lubang serapan.
Diolah dari sumber http://www.sukadi.net/2012/11/banjir-dan-kambing-hitam.html
2) Setelah kamu mengerjakan tugas butir 1) itu, jawablah pertanyaan berikut ini agar keterampilan berbahasa lisanmu bertambah!
a) Apakah banjir itu?
b) Termasuk peristiwa apakah banjir itu?
c) Apakah penyebab terjadinya banjir?
d) Dapatkah banjir dikelola dan dihindari?
e) Apakah akibat banjir bagi kita?
3) Susunlah kembali jawaban kamu sehingga menjadi teks eksplanasi yang urut dan logis tentang banjir! Jangan lupa, kamu harus menerapkan unsur kebahasaan yang menjadi ciri teks eksplanasi, seperti konjungsi, kata kerja , dan kalimat simpleks yang sudah dibahas. Selain itu, agar teks yang kamu susun ini mudah dipahami, terapkan juga penggunaan kaidah bahasa Indonesia yang benar, seperti ejaan dan tanda baca!
4) Setelah butir 1), 2), dan 3) kamu kerjakan, cermati kembali teks itu sesuai dengan struktur teks eksplanasi! Apakah teks yang kamu susun itu memiliki struktur teks yang sama dengan teks eksplanasi tentang “Tsunami” itu? Kamu dapat mendiskusikan jawabanmu dengan teman atau anggota kelompok lain.


sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment