Tugas 3 Mengenal Struktur Teks Eksposisi


Setelah membaca teks itu, jawablah pertanyaan berikut!
1) Dapatkah kamu menyusun struktur teks itu ke dalam pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang pendapat?
2) Bandingkan jawaban kamu dengan tata organisasi teks berikut ini! Perhatikan bagian-bagian yang dicetak tebal! Tahukah kamu, bagian-bagian yang dicetak tebal itu menunjukkan apa? Hubungkan penjelasan kamu dengan tata organisasi teks tersebut!
Pernyataan Pendapat
(Tesis)
Dengan berbagai teknologi intensifikasi sederhana, pekarangan dapat menjadi sumber bahan pokok makanan seperti beras, sayur-mayur, dan ikan. Dengan kegiatan ini, kebutuhan masyarakat akan makanan pokok yang bernilai gizi tinggi diharapkan dapat terpenuhi. Alasan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber bahan makanan pokok adalah sebagai berikut.
Argumentasi
Pertama, aneka tanaman sayur mayur, seperi kacang panjang, cabai, kangkung darat, dan terong, misalnya, dapat ditanam di media selain tanah. Khusus untuk kangkung darat dapat dibudidayakan di bumbung bambu yang disulap menjadi semacam pot. Tanaman terong, kencur, dan jahe, dapat dibudidayakan di media kantong plastik dan pot.
Sementara itu, sumber karbohidrat karbohidrat seperti jagung, ketela pohon, ubi jalar dapat ditanam di pekarangan. Untuk pencukupan pupuk, kotoran ternak kambing dan sapi yang menjadi piaraannya dapat dimanfaatkan untuk pupuk alami.
Selanjutnya, untuk sumber protein lain, pekarangan juga bisa dimanfaatkan menjadi kolam ikan yang mudah dipelihara, seperti lele, mujair, kakap. Di samping sebagai makanan sehari-hari, ikan itu bisa juga dijual ke masyarakat untuk meningkatkan penghasilan.
Melalui pembimbingan teknologi tepat guna, hasil panen itu dapat diolah menjadi aneka jenis komoditas pangan olahan skala rumah tangga. Ubi singkong dan pisang, misalnya, dapat diolah menjadi keripik dan juga dapat diolah menjadi bermacam produk jajanan.
Penegasan Ulang
Pendapat
Dengan demikian, pekarangan dengan sedikit sentuhan teknologi tepat guna dapat mewujudkan kecukupan pangan masyarakat
3) Setujukah kamu dengan pendapat penulis teks bahwa dengan teknologi intensifikasi sederhana, pekarangan dapat menjadi berbagai sumber bahan pokok makanan, seperti karbohidrat, sayur-mayur, dan ikan.
Saya setuju karena ......................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
...................................................................................................................................... ...................................................................................................................................... ......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
Saya tidak setuju karena ............................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
...................................................................................................................................... ...................................................................................................................................... ......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................






sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment