Kegiatan 2 Penyusunan Teks Eksposisi secara Berkelompok, tugas 1


Pada Kegiatan 2 berikut kamu diajak untuk menyusun teks yang telah kamu baca di atas secara berkelompok. Tiap-tiap kelompok terdiri atas 3—5 siswa. Tiap kelompok diharapkan menggunakan kata-kata sendiri tanpa mengurangi isi teks tersebut. Pada Tugas I dan Tugas II ini tiap kelompok diharapkan menyusun tulisan atau karangan antara 12—15 kalimat. Dalam menyusun teks itu tiap kelompok dapat menggunakan alat kohesi leksikal maupun kohesi gramatikal.
Di samping itu, kamu juga harus memanfaatkan konjungsi, antara lain, penambahan, perbandingan, waktu, sebab akibat, dalam susunan kalimat majemuk setara maupun kalimat majemuk bertingkat.
Tugas 1 Melengkapi Tugas
Bacalah teks itu sekali lagi! Susunlah kembali teks itu dengan menyampaikan pokok-pokoknya saja! Untuk mengerjakan itu, kamu tinggal melengkapi kotak-kotak kosong pada diagram berikut ini. Tahukah kamu bahwa kotak-kotak yang kosong itu berisi argumentasi-argumentasi yang mendukung pendapat bahwa dengan teknologi intensifikasi sederhana, pekarangan dapat memberikan berbagai sumber bahan pokok makanan, seperti karbohidrat, sayur-mayur, dan ikan?


sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment