Tugas 3 Mengenal Struktur Teks Eksposisi


Setelah membaca teks itu, jawablah pertanyaan berikut!
1) Dapatkah kamu menyusun struktur teks "Teknologi Tepat Guna Berdayakan Ekonomi Keluarga" ke dalam pernyataan pendapat (tesis), argumentasi, dan penegasan ulang pendapat?
2) Bandingkan jawaban kamu dengan struktur teks berikut ini! Perhatikan bagian-bagian yang dicetak tebal! Tahukah kamu, bagian-bagian yang dicetak tebal itu merupakan tanda apa? Hubungkan penjelasan kamu dengan struktur teks tersebut!
Pernyataan Pendapat
(Tesis)
Program kewirausahaan untuk perluasan kesempatan kerja yang dilakukan lewat terapan teknologi tepat guna (TTG) dapat memberdayakan ekonomi rumah tangga. Kagiatan ini banyak dimanfaatkan, terutama, oleh masyarakat perdesaan. Ada beberapa alasan dan contoh mengapa mengapa TTG dapat memberdayakan ekonomi keluarga.
Argumentasi
Pertama, program kewirausahaan terapan TTG pembuatan susu kedelai dapat meningkatkan taraf hidup tanpa mengurangi tenaga kerja. Adanya terapan teknologi tepat guna akan meningkatkan nilai tambah dengan tenaga kerja yang tetap, tetapi penghasilan bisa bertambah.
Di samping itu, program ini juga dapat meningkatkan produktifitas. Produk kedelai yang diolah dengan TTG akan menghasilkan kualitas susu kedelai yang lebih baik dalam waktu lebih singkat.
TTG dapat juga digunakan untuk menggali potensi suatu wilayah untuk meningkatkan ekonomi masyarakatnya. TTG dapat menjadi sarana untuk menciptakan peluang kerja mandiri dan memperluas kesempatan kerja.
Penegasan Ulang
Pendapat
Oleh karena itu, program tersebut perlu dikembangkan karena terbukti dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
3) Setujukah kamu dengan pendapat penulis teks bahwa program kewirausahaan dalam rangka perluasan kesempatan kerja yang dilakukan melalui terapan teknologi tepat guna (TTG ) dapat menjadi sarana untuk memberdayakan ekonomi rumah tangga?
Saya setuju karena …………………………………………….
Saya tidak setuju karena …………………………………….....


sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP