Tugas 2 Mengenali Teks Laporan Hasil Observasi (kelas VII SMP)

Tugas 2 Mengenali Teks Laporan Hasil Observasi
Berikut ini disajikan teks laporan hasil observasi tentang “Biota Laut” sebagai teks model dalam pembelajaran ini.
Biota Laut
1 Biota laut adalah seluruh makhluk hidup yang berkembang biak di laut. Biota laut yang ada di perairan Indonesia merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang sangat berlimpah. Biota laut itu di antaranya terumbu karang, ikan, dan tumbuh-tumbuhan laut yang menjadi bagian dari ekosistem laut.
2 Terumbu karang di Taman Nasional Bunaken sangat banyak jenisnya. Terumbu karang ini hidup di pantai atau daerah yang terkena cahaya matahari dan hidup di perairan yang berada kurang lebih lima puluh meter di bawah permukaan laut dengan suhu tertentu, serta di air jernih yang tidak terkena polusi. Di samping terumbu karang, Taman Laut Bunaken juga dihuni beragam jenis ikan, seperti ikan kuda gusumi, oci putih, lolosi ekor kuning, goropa. Ikan lain di laut Indonesia yang sudah dijadikan industri, antara lain ikan tuna, tongkol, tenggiri, kerapu, baronang.
3 Di samping terumbu karang dan ikan, laut Indonesia juga memiliki tumbuhan laut. Di Pulau Pari, Kabupaten Kepulauan Seribu, misalnya dibudidayakan rumput laut dan penanaman bakau. Rumput laut di sini sangat beragam bentuknya, ada yang bulat seperti tabung, pipih dan gepeng, ada yang bulat seperti kantong, dan ada juga yang terurai seperti rambut. Semua dapat hidup karena perawatannya dipantau secara berkala untuk melihat perkembangannya.
4 Ketiga biota laut tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, seperti ikan dan rumput laut bermanfaat bagi kesehatan karena banyak mengandung gizi. Terumbu karang itu juga berguna bagi ekologi dan ekonomi. Di samping itu, biota laut Indonesia juga bermanfaat bagi perkembangan pariwisata, seperti Raja Ampat di Papua, pulau Wangi-Wangi di Sulawesi Tenggara, dan Bunaken di Menado. Keragaman biota laut ini juga bermanfaat bagi lingkungan, terutama bakau yang telah menahan abrasi dari besarnya hantaman gelombang dan ombak laut.
Diolah dari sumber:“Biota Laut” Oceana, Volume XXXi, No.1, 2006, hlm. 27—38
Setelah membaca teks itu, tentu kamu dapat memahaminya, bukan? Untuk mengetahui pemahaman kamu, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!
1) Apakah yang dimaksud dengan biota laut?
2) Di manakah dan bagaimanakah terumbu karang dapat hidup?3) Apa yang kamu ketahui tentang bakau?
4) Sebutkanlah beberapa daerah di Indonesia yang mempunyai Taman Laut!
5) Apakah manfaat biota laut bagi manusia?
6) Sebutkan daerah yang memiliki biota laut yang bermanfaat bagi manusia?
7) Apakah yang disampaikan penulis pada paragraf pertama?
8) Apakah yang kamu ketahui tentang rumput laut seperti yang dinyatakan pada paragraf kedua?
9) Bagaimana dengan paragraf ketiga? Apakah inti paragraf tersebut?
10) Pada paragraf ke berapa penulis menyampaikan pendapat tentang biota laut?



Sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment