Satuan Pendidikan : SMK...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Pertemuan Ke :
1
Alokasi Waktu :
2 X 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran
Gemar Meneroka Alam Semesta ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Menjelaskan definisi teks laporan hasil observasi
2. Memahami
teks laporan hasil observasi tentang kejadian
sosial di masyarakat dan alam sekitar
3. Mengidentifikasi
teks laporan hasil observasi tentang kejadian
sosial di masyarakat dan alam sekitar
B.
Kompetesi Dasar
1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
2. Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, laporan
hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui bahasa lisan maupun
tulisan
3. Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk melaporkan hasil observasi
2. Menjelaskan definisi teks laporan hasil observasi
3. Memahami teks laporan hasil observasi
tentang kejadian sosial di
masyarakat dan alam sekitar
4. Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi tentang kejadian
sosial di masyarakat dan alam sekitar
D.
Materi Pembelajaran
1. Contoh teks laporan hasil observasi
MAKHLUK DI BUMI INI
Benda di dunia dapat
dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan,
benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
Semua benda di dunia
ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan
mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan
dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu,
kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
Benda hidup dapat
dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu
dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak
dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai
otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan
dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh
binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan
binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan.
Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu,
tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan
tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur,
lumut, dan pakis tidak.
Selanjutnya, binatang
dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang
meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata
tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat
lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
(Diadaptasi
dari Learning English through General Science, 1984: 29)
2. Definisi teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi laporan mengenai
suatu benda ataupun peristiwa yang diklasifikasikan berdasar urutan tertentu.
3. Identifikasi teks laporan hasil observasi
Berisi
pengamatan terhadap suatu objek (baik berupa benda ataupun peristiwa)
Terdapat
kalimat definisi
Bersifat
objektif sesuai dengan kenyataan
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1. Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery)
3. Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1. Laptop dan LCD
2. Tayangan Video, Contoh
laporan hasil observasi
3. Lembar penilaian
G.
Sumber Belajar
Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
Akademik kelas X, KBBI
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
(Pertemuan 1)
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama(bila pada jam pertama)
2.
Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya
3. Siswa
menerima informasi kompetensi
materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
a.
Mengamati
1. Kedalaman pengetahuan dan kemampuan
siswa tentang teks laporan hasil observasi dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh
atau model teks laporan hasil observasi
2. Siswa
mengamati contoh teks laporan hasil observasi yang terdapat pada buku
pegangan siswa
3. Siswa
diarahkan untuk memahami dan mempelajari identifikasi teks laporan hasil
semesta dengan topik gemar meneroka alam semesta pada sumber lain yang
relevan
b.
Menanya
1. Siswa
diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan materi identifikasi
laporan hasil observasi dengan topik gemar
meneroka alam semesta yang telah dipelajari dari sumber lain
2. Siswa
diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui
dari materi yang dipelajari
3. Siswa
dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
c.
Menalar
dan mencoba
1. Siswa
dibagi menjadi delapan kelompok
2. Masing-masing kelompok mengamati dan membaca teks laporan
hasil observasi “Sistem Peredaran Darah Manusia”
3. Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks laporan hasil observasi “Sistem Peredaran Darah Manusia”
untuk memahami dan mengidentifikasinya.
4. Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
5.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
d.
Jejaring
1. Dengan tanya jawab guru mengarahkan semua siswa pada
kesimpulan mengenai identifikasi teks laporan hasil observasi
2. Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan teks
laporan hasil observasi, siswa dan guru menyelesaikan kedua soal tersebut
3. Guru memberikan empat soal untuk dikerjakan siswa secara
individu
1.
Siswa diminta menyimpulkan tentang identifikasi teks
laporan hasil observasi.
2.
Guru mengarahkan siswa untuk membuat simpulan
mengenai identifikasi teks laporan hasil observasi.
3.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan
memberikan pesan agar siswa selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
I.
Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2. Prosedur penilaian:
1.
Penilaian
Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Proaktif
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar
Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Santun
|
J.
Instrumen Penilaian Hasil Belajar
2.
Penilaian Hasil
Tes Tertulis
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1.
Identifikasilah
teks laporan hasil observasi secara umum!
|
Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi “Makhluk di Bumi Ini”
|
Test tertulis
|
Isian
|
2.
Identifikasilah
teks laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”
|
Memahami teks laporan hasil observasi
“Makhluk di Bumi Ini”
|
Test tertulis
|
Isian
|
3. Pahamilah teks laporan hasil observasi
“Makhluk di Bumi Ini” kemudian tuliskan inti dari teks tersebut!
|
Menjelaskan definisi teks laporan hasil observasi
|
Test tertulis
|
Isian
|
4. Jelaskan definisi teks laporan hasil
observasi!
|
Jawaban
1.
Identifikasi
teks laporan hasil observasi:
Berisi pengamatan terhadap suatu
objek (baik berupa benda ataupun peristiwa)
Terdapat kalimat definisi
Bersifat objektif sesuai dengan
kenyataan
2.
Identifikasi
teks laporan hasil observasi “Makhluk di Bumi Ini”
Terlihat adanya pengamatan
terhadap makhluk dan benda di bumi, sesuai kenyataan yang terjadi, serta
terdapat kalimat-kalimat definisi.
3.
Alam
semesta yang diciptakan Tuhan YME untuk manusia dapat diklasifikasikan menjadi
beberapa kelompok. Kelompok-kelompok tersebut diharapkan dapat saling membantu
sehingga terbentuk hubungan simbiosis mutualisme.
4.
Teks
laporan hasil observasi adalah teks yang berisi laporan mengenai suatu benda
ataupun peristiwa yang diklasifikasikan berdasar urutan tertentu.
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 sampai dengan 4
Aspek
|
Skor
|
||||||||||
Siswa menjawab benar
|
25
|
||||||||||
Siswa menjawab tidak lengkap
|
15
|
||||||||||
Siswa menjawab salah
|
5
|
||||||||||
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN
SIKAP
Mata Pelajaran : ...............................................................
Kelas/ Semester : ...............................................................
Tahun Ajaran : ...............................................................
Waktu pengamatan : ...............................................................
Indikator
perkembangan sikap proaktif, tanggung jawab,
jujur, disiplin, dan santun
1.
Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukan
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak (MT) jika menunjukan sudah ada usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg
atau konsisten
3.
Mulai Berkembang (MB) jika menunjukan ada
usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg
atau konsisten
4.
Membudaya (MK) jika menunjukan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan ajeg atau
konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Proaktif
|
Tanggung Jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
||||||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||||||
1.
|
||||||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||||||
...
|
||||||||||||||||||||||||||
Keterangan:
5 :
Kurang
6 :
Sedang
7 :
Baik
8 :
Sangat Baik
Lampiran 2 Lembar Kerja Kelompok
Lembar
Kerja Kelompok
Diskusikan dengan teman satu kelompok!
- Identifikasilah teks laporan hasil
observasi “Sistem Peredaran Darah Manusia”
- Pahami dan cari inti teks laporan hasil
observasi “Sistem Peredaran Darah Manusia”
Kelompok
|
Anggota
|
Hasil identifikasi teks
|
Hasil pemahaman teks
|
Keterangan
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|