Remaja dan Pendidikan Karakter

Sebelum mempelajari Bab III, baca, dengar, dan renungkan pidato Bung Tomo pada 10 November 1945 di Surabaya. Pidato itu dapat diunduh melalui
http://www.youtube.com/watch?v=aEvPBfM7OSQ. Pidato itu disampaikan Bung Tomo ketika tentara Inggris datang ke Surabaya untuk melucuti senjata. Pada saat mendengarkan pidato itu, kita dapat merasakan nilai nasionalisme, religius, patriotisme, keberanian, dan tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut dapat membentuk karakter bangsa yang harus dimiliki masyarakat Indonesia.
Pendidikan karakter bertujuan memperkuat identitas dan jati diri. Jati diri ini penting untuk identitas kita pada saat bergaul dengan orang lain. Perilaku percaya diri dapat tumbuh pada saat kita bergabung dengan orang lain, terutama dengan orang yang berbeda suku bangsa dengan kita. Di Indonesia ada sekitar 1.128 suku bangsa. Meskipun suku-suku ini mempunyai budaya yang berbeda, mereka mempunyai kesatuan budaya, yakni kebudayaan nasional yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Identitas bangsa Indonesia itu harus terlihat ketika kita bergaul dengan bangsa lain di dunia. Pada bab ini kamu diajak mengenali dan memahami teks jenis eksposisi yang berkaitan dengan tema remaja dan pendidikan karakter. Bab ini terdiri atas dua subtema. Subtema 1 berhubungan dengan remaja dan pendidikan karakter, sedangkan Subtema 2 berkaitan dengan minat baca remaja dan pemberantasan buta aksara.
Setelah menyelesaikan Bab III, kamu diharapkan memahami struktur teks eksposisi dan mampu menggunakan unsur kebahasaannya. Kamu diharapkan mampu menulis jenis teks tersebut secara benar yang panjangnya antara 12--15 kalimat. Di samping itu, kamu juga harus menyadari pentingnya pendidikan karakter agar kamu dapat menjadi remaja yang berprestasi.
A. Subtema 1 Remaja dan Pendidikan Karakter
Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Pada masa itu secara fisik remaja mengalami perkembangan pada semua aspek. Secara fisik tubuh remaja mengalami pertumbuhan. Gejolak inilah yang menyebabkan banyak persoalan yang mereka hadapi, seperti masalah psikologis. Untuk mengatasi hal itu, pendidikan karakter berperan penting dalam pengendalian diri remaja.



sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment