Kegiatan 3 Kerja Mandiri Membangun Prosedur Kompleks Tugas 2

Tugas 2 Memahami Teks Prosedur tentang Pengurusan Visa
Kerjakan sesuai dengan petunjuk pada setiap nomor!
(1) Perhatikan gambar visa di bawah ini. Visa adalah surat keterangan (seperti kupon) yang diberikan kepada seseorang sebagai izin tinggal di luar negeri untuk tujuan tertentu dalam jangka waktu tertentu, misalnya ketika siswa mengikuti program pertukaran antarsekolah di negara lain. Visa itu dikeluarkan oleh negara yang akan dikunjungi oleh seseorang melalui kedutaan besar yang berkedudukan di negara tempat tinggal orang yang bersangkutan.
(2) Untuk memperoleh visa, seseorang harus mempunyai paspor terlebih dahulu. Paspor adalah buku kecil yang berisi foto dan informasi identitas diri seseorang. Paspor berfungsi sebagai KTP internasional. Paspor dikeluarkan oleh kantor imigrasi yang ada hampir di setiap kota. Visa ditempelkan pada paspor itu.
Carilah teks prosedur tentang cara mengurus paspor di agen-agen perjalanan atau di internet. Setelah kalian mendapatkannya, tirulah teks prosedur itu untuk membuat teks prosedur tentang cara mengurus visa.
Tentukan bagian tujuan dan bagian langkah-langkah yang ditempuh untuk menunjukkan struktur teksnya. Untuk memudahkan pekerjaan kalian, buatlah bagan alir terlebih dahulu. Jangan abaikan penggunaan konjungsi dan ciri-ciri kebahasaan yang lain!
(3) Kumpulkanlah pekerjaan kalian pada nomor (1) dan (2) di atas dalam stopmap sebagai arsip!


Sumber: BSE buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X

No comments:

Post a Comment