RPP BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/SMK KURIKULUM 2013 (BAB 2 PERTEMUAN 1, 2)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN





Satuan Pendidikan
:
SMA/SMK... .
Kelas / Semester
:
X/I
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia
Topik
:
Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan
:
2 Pertemuan


A. Kompetesi Dasar
1.1         Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
1.2         Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, laporan hasil observasi prosedur kompleks, eksposisi, dan negosiasi, baik melalui bahasa lisan maupun tulisan
1.3         Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
1.4         Mengevaluasi teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, eksposisi dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.   Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
2.                           Memahami definisi prosedur kompleks
3.             Mengidentifikasi langkah-langkah dalam prosedur kompleks
4.             Menerapkan kalimat perintah dalam prosedur kompleks
5.             Memeriksa bagian-bagian teks prosedur kompleks
D.       Tujuan Pembelajaran
1.   Peserta didik dapat menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan
2.         Peserta didik  memahami definisi teks prosedur kompleks
3.         Peserta didik dapat mengidentifikasi langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks
4.         Peserta didik dapat menerapkan kalimat perintah dalam teks prosedur kompleks
5.         Peserta didik dapat memeriksa bagian-bagian teks prosedur kompleks

E.       Materi Pembelajaran     
1.      Definisi prosedur kompleks
2.      Contoh prosedur kompleks
3.      Identifikasi prosedur kompleks

F.        Alokasi Waktu
Alokasi waktu pertemuan 4 X 45 menit

G.       Strategi/Metode/Pendekatan Pembelajaran
1.            Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.            Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery)
3.   Metode Diskusi, Penugasan

H.       Kegiatan Pembelajaran
     
Pertemuan ke
Langkah-langkah
Alokasi waktu
Pertemuan 1

A.     Kegiatan Pendahuluan :  
1.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.      Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

B.     Kegiatan Inti     :
  1. Kedalaman pengetahuan dan kemampuan siswa tentang teks prosedur kompleks dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh atau model prosedur kompleks
  2. Peserta didik menjawab pertanyaan guru tentang hal-hal yang berhubungan dengan prosedur kompleks
  3. Peserta didik membentuk kelompok  yang dipandu oleh guru
  4. Peserta didik membuka buku paket halaman 56 tentang prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”
  5. Peserta didik mengidentifikasi langkah-langkah “Cara Mengurus SIM”
  6. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil kerja.
  7. Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
  8. Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru

C.     Kegiatan Penutup:
1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.        Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.        Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4.        Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran


10 menit











70 menit
















10 menit
Pertemuan  2
A.     Kegiatan Pendahuluan
1.        Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.        Peserta didik menerima informasi tetang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
3.        Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan

B.     Kegiatan Inti
1.        Peserta didik membaca teks prosedur kompleks untuk mencermati kalimat perintah yang ada di dalamnya.
2.        Dengan sikap tanggung jawab peserta didik secara berkelompok mencari kalimat perintah teks prosedur kompleks “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang” kemudian mengubahnya menjadi kalimat deklaratif dan interogatif
3.        Peserta didik berlanjut untuk memeriksa bagian-bagian dalam teks prosedur kompleks tersebut!
4.        Dengan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
5.        Kelompok lain menanggapi dengan santun dan responsif
6.        Peserta didik mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru

C. Kegiatan Penutup
1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.        Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan
3.        Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
4.        Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran

10 menit










70 menit















10 menit

I.          Sumber/Media Pembelajaran
Sumber      : Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
Media        : LCD, Tayangan Video, Contoh teks prosedur kompleks

J.         Penilaian
1.                                                                            Penilaian Proses
                           
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Proses
Lembar Pengamatan
Hasil Penilaian no. 1 dan 2 untuk masukan pembinaan dan informasi guru agama & PKn
2.
Tanggung Jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun
2.      Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
Mengetahui definisi teks prosedur kompleks
Tes tertulis
Isian
1.     Jelaskan definisi teks prosedur kompleks!
Mengidentifikasi langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks
Tes tertulis
Isian
2.     Identifikasilah langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks “Cara Mengurus SIM”!
Mencari kalimat perintah pada teks prosedur kompleks dan mengubahnya menjadi bentuk kalimat lain
Tes tertulis
Uraian
3.    Carilah kalimat perintah dalam teks prosedur kompleks “Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang” kemudian ubahlah menjadi bentuk kalimat deklaratif!
Memeriksa bagian-bagian teks prosedur kompleks
Tes tertulis
Uraian
4.    Periksalah bagian-bagian teks prosedur kompleks “”Apa yang Harus Anda Lakukan jika Terkena Tilang”
Kunci Jawaban
1.         Teks yang berisi prosedur/ langkah-langkah kerja yang kompleks (lengkap dan dapat dilakukan bila memenuhi syarat).
2.         Bebas sesuai
3.         Kenali si petugas> kita harus mengenali si petugas
Pahami kesalahan Anda> kita harus memahami kesalahan
Dst.
4.         Bagian teks tersebut lengkap
Sifat realistis telah dipenuhi setiap bagian teks.
Pedoman Penskoran
1.      Soal nomor 1
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
25
Peserta didik menjawab tidak lengkap
20
Peserta didik menjawab salah
10
2.      Soal nomor 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
25
Peserta didik menjawab tidak lengkap
20
Peserta didik menjawab salah
10
3.      Soal nomor 3
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
25
Peserta didik menjawab tidak lengkap
20
Peserta didik menjawab salah
10
4.      Soal nomor 4
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
25
Peserta didik menjawab tidak lengkap
20
Peserta didik menjawab salah
10
                       
Mengetahui,                                                                                Kota, tanggal...





Kepala Sekolah....                                                                         Guru Mapel






PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................

Indikator perkembangan sikap religius tanggung jawab, jujur, disiplin, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukan ada usahasungguh-sungguh dalm menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menrus dan ajeg atau konsisten

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung Jawab
Jujur
Disiplin
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.





















...






















Keterangan:
5          : Kurang
6          : Sedang
7          : Baik
8          : Sangat Baik




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.