Gemar Meneroka Alam semesta

Tema ini adalah tema pertama dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMK kurikulum 2013.
Materi pada bab ini adalah laporan hasil observasi.
Alam semesta adalah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang diperuntukkan bagi manusia agar dijaga dan dipelihara. Sebagai ciptaan Tuhan, alam tidak boleh dirusak oleh manusia, misalnya dengan menebang pepohonan sembarangan yang menyebabkan rusaknya keseimbangan lingkungan, seperti yang digambarkan dalam puisi tersebut. Di lingkungan alam, manusia hidup bersama-sama dengan makhluk hidup yang lain, yaitu binatang dan tumbuh-tumbuhan. Selain makhluk hidup, di alam semesta juga terdapat benda mati, seperti batu dan air.
Alam semesta juga diciptakan Tuhan bagi manusia sebagai sarana untuk memperoleh ilmu pengetahuan melalui pendidikan. Pada pelajaran ini, kalian akan diajak gemar meneroka atau menelusuri alam semesta beserta isinya melalui teks laporan. Teks laporan (yang dalam bahasa Inggris disebut report) berisi penjabaran umum mengenai sesuatu yang didasarkan pada hasil observasi.Teks laporan juga disebut teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Setelah menyelesaikan pelajaran ini, kalian diharapkan dapat membangun teks laporan yang benar.
Teks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya, teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya, yaitu bahwa teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual. Untuk melaporkan kehidupan harimau, misalnya, kalian dapat mulai dengan membuat klasifikasi jenis-jenis harimau, kemudian memaparkan bentuk fisik, ciri-ciri, habitat, dan kebiasaan hidup harimau itu.Teks deskripsi menitikberatkan pada uraian bentuk, ciri-ciri, dan keadaan sesuatu yang dideskripsikan untuk tempat dan waktu tertentu. Sementara itu, teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan ciri-ciri setiap jenis pada umumnya. Selain itu, teks deskripsi berkaitan hanya dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya, sedangkan teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub-subkelas yang ada di dalamnya.
Selama pelajaran ini berlangsung, kalian diminta untuk melakanakan tugas tambahan membaca buku. Carilah buku yang berisi laporan tentang keindahan alam Indonesia. Bacalah buku itu dan tuliskanlah hasil baca buku kalian.


Kegiatan 1 Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi
Pada kegiatan ini kalian diajak mencermati teks laporan dengan topik-topik yang berkaitan dengan alam, manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan. Untuk itu, beberapa teks pendek akan disajikan serta dianalisis menurut struktur teks dan ciri-ciri kebahasaannya.
Tugas 1 Membaca Teks "Makhluk di Bumi Ini"
Bacalah teks pendek yang berjudul “Makhluk di Bumi Ini” berikut. Sebelum membaca
teks, kalian diskusikan terlebih dahulu tugas-tugas berikut ini dalam kelompok
yang terdiri atas tiga sampai lima orang.
(1) Amatilah benda-benda yang ada di sekitar kalian, baik benda hidup maupun benda mati. Apakah benda hidup dan benda mati saling bergantung? Berilah penjelasan secara singkat!
(2) Cobalah membuat pengelompokan benda-benda itu dan diskusikan dasar pengelompokan yang kalian gunakan!
(3) Carilah kata-kata yang maknanya sama dengan kata mengelompokkan!
(4) Binatang termasuk ke dalam kelompok apa?
(5) Manusia termasuk ke dalam kelompok apa?
(6) Ada anggapan bahwa manusia adalah binatang yang dapat berpikir. Apakah maksud ungkapan tersebut dan mengapa ada anggapan demikian?
MAKHLUK DI BUMI INI
1 Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
2 Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
3 Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan. Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar, jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan pakis tidak.
4 Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata. Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.

(Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)


dikutip dari: BSE bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.