RPP BAHASA INDONESIA KD 1.7. KELAS X SMK (CONTOH)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 7
Sekolah                         : SMK... .
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : X/2
Alokasi Waktu              : 6 X 45 menit
Standar kompetensi   : 1.Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar      : 1.1. Menggunakan kalimat yang  baik, tepat, dan santun.
Indikator                      :   Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat   dilihat
                                 dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan.
                                          Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
                                          Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun, dalam pembicaraan.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
      1. Pertemuan 1
          Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
· Mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat   dilihat  dari kaidah bahasa,    nalar, dan ketersampaian pesan.
· Mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
· Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun, dalam pembicaraan.                          
II. MATERI AJAR
      1. Pertemuan 1
· Syarat-syarat yang harus dipenuhi sebuah kalimat sesuai kaidah bahasa, nalar, dan   ketersampaian pesan.
· Contoh-contoh kalimat efektif dan tidak efektif.
III. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
      1. Metode                    : ceramah, tanya jawab, penugasan, dan belajar mandiri.
      2. Model Pembelajaran   :
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
      Pertemuan 1 :
No.
Kegiatan
Waktu
Metode
1.
Pendahuluan :
Salam, presensi.
Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar kemampuan menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun, serta arti penting hal tersebut dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
45 menit
Ceramah, tanya jawab
2.
Kegiatan Inti
a.Eksplorasi
a.1.Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan menggunakan kalimat yang baik, tepat, dan santun dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.
a.2. Siswa mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dari suatu teks dan membetulkannya.
a.3. Siswa mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat dari suatu teks dan membetulkannya.
a.4. siswa mengidentifikasi kalimat yang kurang santun dari suatu teks dan menjadikannya kalimat yang santun.
b. Elaborasi
b.1.Siswa berdiskusi untuk menyunting teks yang kurang komunikatif/kurang efekktif/kurang santun.
b.2. Siswa secara kelompok membuat kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun untuk percakapan dengan teman sebaya dan orang tua/guru.
b.3.Siswa menyusun dialog mengenai peristiwa bersejarah di masa perjuangan kemerdekaan dengan memperhatikan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun.  
c. Konfirmasi
c.1. Guru memberikan umpan balik positif terhadap hasil kerja siswa seputar kalimat komunikatif, cermat, dan santun.
c.2. Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil kerja siswa seputar kalimat komunikatif, cermat, dan santun.
c.3.Guru memberikan motivasi positif agar siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran berikutnya.


180 menit
Tanya jawab, diskusi, penugasan, belajar mandiri
3.
Penutup :
Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan pembelajaran tentang kalimat komunikatif, cermat, dan santun.
Guru melakukan penilaian terhadap siswa dengan cara tes tulis.
Guru merencanakan remidiasi bila ada siswa yang belum mencapai KKM.


45 menit
Diskusi
Indikator Penilaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen
·         Siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat   dilihat   dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan.
·         Siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat.
·         Siswa menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun, dalam pembicaraan.
          
Tes tertulis

Isian singkat
Uraian

1.    Coba cermati kalimat-kalimat berikut, kemudian kemukakan letak ketidakcermatan dan pembetulannya!
a.       Dalam buah jambu biji banyak mengandung vitamin A.
b.      Para politisi sibuk menghadapi pemilu.
c.       Di sini menerima jahitan pria dan wanita.
d.      Yang sudah hadir dimohon absen dahulu.
2.    Cermati kalimat-kalimat berikut, kemudian sajikan dalam bentuk yang lebih komunikatif!
Andfy memiliki sebuah mobil panther. Mobil itu buatan tahun 2004. Mobil itu selalu dirawat dengan baik. Mobil itu digunakan Andy untuk bekerja.






Skor nilai : Skor perolehan x juml. Soal
                : 20 x 5
                : 100

No.
Jawaban
Skor nilai
1.
Buah jambu biji banyak mengandung vitamin A
20
2.
Politisi sibuk menghadapi pemilu
20
3.
Kami menerima jahitan pria dan wanita
20
4.
Yang sudah hadir dimohon mengisi presensi dahulu
20
5.
Andfy memiliki sebuah mobil panther. Mobil yang berwarna biru itu buatan tahun 2004. Mobil itu selalu dirawat dengan baik. Mobil kesayangan Andfy tersebut digunakan untuk bekerja.
20

Jumlah skor maksimal
100

V ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
      Alat : Komputer dan LCD.
      Bahan : Majalah,koran, internet.
      Sumber Belajar : Modul bahasa Indonesia kelas X SMK terbitan... .
VI. PENILAIAN              

Kunci Jawaban   :
                                                                                                                KOTA,   BULAN  2012
Mengetahui                                         
Kepala SMK....                                WKS 1                                          Guru Mata Pelajaran 


NAMA                                             NAMA                                          NAMA GURU, S.Pd.
NIP                                                   NIP                                                  NIP 

No comments:

Post a Comment