RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
NO : 7
Sekolah : SMK... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Alokasi Waktu : 6 X 45 menit
Standar kompetensi : 1.Berkomunikasi
dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar : 1.1. Menggunakan kalimat yang
baik, tepat, dan santun.
Indikator : Mengidentifikasi
kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat
dilihat
dari kaidah
bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan.
Mengidentifikasi
kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
Menggunakan kalimat yang komunikatif, cermat,
dan santun, dalam pembicaraan.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan 1
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa
diharapkan dapat:
· Mengidentifikasi
kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat
dilihat dari kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan.
· Mengidentifikasi
kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat
· Menggunakan
kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun, dalam pembicaraan.
II. MATERI AJAR
1.
Pertemuan 1
· Syarat-syarat
yang harus dipenuhi sebuah kalimat sesuai kaidah bahasa, nalar, dan ketersampaian pesan.
· Contoh-contoh
kalimat efektif dan tidak efektif.
III. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.
Metode : ceramah,
tanya jawab, penugasan, dan belajar mandiri.
2.
Model Pembelajaran :
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1 :
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Metode
|
1.
|
Pendahuluan :
Salam,
presensi.
Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar kemampuan menggunakan kalimat yang
baik, tepat, dan santun, serta arti penting hal tersebut dalam dunia kerja
dan kehidupan sehari-hari.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
|
45 menit
|
Ceramah, tanya jawab
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.Eksplorasi
a.1.Tanya
jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan menggunakan kalimat
yang baik, tepat, dan santun dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari.
a.2.
Siswa mengidentifikasi kalimat yang komunikatif tetapi tidak cermat dari
suatu teks dan membetulkannya.
a.3.
Siswa mengidentifikasi kalimat yang tidak komunikatif tetapi cermat dari
suatu teks dan membetulkannya.
a.4.
siswa mengidentifikasi kalimat yang kurang santun dari suatu teks dan
menjadikannya kalimat yang santun.
b. Elaborasi
b.1.Siswa
berdiskusi untuk menyunting teks yang kurang komunikatif/kurang
efekktif/kurang santun.
b.2.
Siswa secara kelompok membuat kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun
untuk percakapan dengan teman sebaya dan orang tua/guru.
b.3.Siswa menyusun dialog mengenai
peristiwa bersejarah di masa
perjuangan kemerdekaan dengan
memperhatikan kalimat yang komunikatif, cermat, dan santun.
c. Konfirmasi
c.1.
Guru memberikan umpan balik positif terhadap hasil kerja siswa seputar
kalimat komunikatif, cermat, dan santun.
c.2.
Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil kerja siswa seputar kalimat
komunikatif, cermat, dan santun.
c.3.Guru memberikan motivasi positif
agar siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran berikutnya.
|
180 menit
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan, belajar
mandiri
|
3.
|
Penutup :
Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan pembelajaran tentang kalimat komunikatif,
cermat, dan santun.
Guru
melakukan penilaian terhadap siswa dengan cara tes tulis.
Guru
merencanakan remidiasi bila ada siswa yang belum mencapai KKM.
|
45 menit
|
Diskusi
|
Indikator Penilaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen
|
·
Siswa mampu mengidentifikasi kalimat
yang komunikatif tetapi tidak cermat
dilihat dari kaidah bahasa,
nalar, dan ketersampaian pesan.
·
Siswa mampu mengidentifikasi kalimat
yang tidak komunikatif tetapi cermat.
·
Siswa menggunakan kalimat yang
komunikatif, cermat, dan santun, dalam pembicaraan.
|
Tes tertulis
|
Isian singkat
Uraian
|
1. Coba cermati kalimat-kalimat berikut,
kemudian kemukakan letak ketidakcermatan dan pembetulannya!
a. Dalam buah jambu biji banyak mengandung
vitamin A.
b. Para politisi sibuk menghadapi pemilu.
c. Di sini menerima jahitan pria dan
wanita.
d. Yang sudah hadir dimohon absen dahulu.
2. Cermati kalimat-kalimat berikut,
kemudian sajikan dalam bentuk yang lebih komunikatif!
Andfy memiliki sebuah mobil panther.
Mobil itu buatan tahun 2004. Mobil itu selalu dirawat dengan baik. Mobil itu
digunakan Andy untuk bekerja.
|
Skor nilai : Skor perolehan x juml.
Soal
: 20 x 5
: 100
|
No.
|
Jawaban
|
Skor nilai
|
1.
|
Buah jambu biji banyak mengandung
vitamin A
|
20
|
2.
|
Politisi sibuk menghadapi pemilu
|
20
|
3.
|
Kami menerima jahitan pria dan wanita
|
20
|
4.
|
Yang sudah hadir dimohon mengisi
presensi dahulu
|
20
|
5.
|
Andfy memiliki sebuah mobil panther.
Mobil yang berwarna biru itu buatan tahun 2004. Mobil itu selalu dirawat
dengan baik. Mobil kesayangan Andfy tersebut digunakan untuk bekerja.
|
20
|
Jumlah skor maksimal
|
100
|
V ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Alat :
Komputer dan LCD.
Bahan : Majalah,koran, internet.
Sumber Belajar : Modul bahasa Indonesia
kelas X SMK terbitan... .
VI. PENILAIAN
Kunci Jawaban :
KOTA, BULAN 2012
Mengetahui
Kepala SMK.... WKS 1 Guru Mata Pelajaran
NAMA NAMA NAMA GURU, S.Pd.
NIP NIP NIP
No comments:
Post a Comment