RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
NO : 1
Sekolah : SMK...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 6 X 45 menit (3 x pertemuan)
Standar kompetensi : 1.Berkomunikasi dengan bahasa Indonesia setara tingkat semenjana
Kompetensi Dasar : 1.1. Menyimak untuk memahami lafal, tekanan, intonasi, dan jeda
yang lazim/baku dan yang tidak
Indikator : a. Reaksi kinetik terhadap tekanan, lafal, intonasi, dan jeda
yang lazim/baku dan yang tidak
b. Mengomentari/mengungkapkan secara lisan terhadap lafal, tekanan,
intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak.
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Pertemuan 1
Setelah mengikuti pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
. a. Menunjukkan reaksi kinetik terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak
b. Memberikan komentar secara lisan atas lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku
dan yang tidak.
II. MATERI AJAR
1.Pertemuan 1
a. Informasi dan contoh lafal, tekanan, intonasi, dab jeda yang lazim/baku dan yang tidak
b. Bentuk reaksi kinetik/verbal bila mendengar pelafalan, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan ynag tidak.
III. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode : ceramah, tanya jawab, penugasan, dan belajar mandiri.
2. Model Pembelajaran :
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
No. | Kegiatan | Waktu | Metode |
1. | Pendahuluan : Salam, presensi. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar menyimak pelafalan yang lazim/baku dan yang tidak, serta arti penting hal tersebut dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. | 15 menit | Ceramah, tanya jawab |
2. | Kegiatan Inti a.Eksplorasi a.1.Tanya jawab dan penjelasan guru tentang pentingnya kemampuan menyimak pelafalan yang lazim/baku dan yang tidak dalam dunia kerja dan kehidupan sehari-hari. a.2. Siswa secara individu menyimak rekaman yang berisi pelafalan yang lazim/baku dan yang tidak yang bertema semangat kebangsaan. a.3. Siswa mengemukakan pendapatnya mengenai rekaman tersebut secara berkelompok sehingga terjadi diskusi yang menarik. b. Elaborasi b.1.Siswa berdiskusi umtuk mencari cirri-ciri pelafalan tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku. b.2. Siswa membuat laporan diskusi secara tertulis b.3. Siswa secara lisan mempresentasikan laporan tersebut, sedangkan siswa lain memberikan pendapatnya. c. Konfirmasi c.1. Guru memberikan umpan balik positif terhadap hasil kerja siswa seputar pelafalan yang lazim/baku. c.2. Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil kerja siswa. c.3.Guru memberikan motivasi positif agar siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran berikutnya. | 165 menit | |
3. | Penutup : Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran. Guru melakukan penilaian terhadap siswa dengan cara tes tulis. Guru merencanakan remidiasi bila ada siswa yang belum mencapai KKM. | 60 menit |
V ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR
Alat : Komputer dan LCD.
Bahan : Majalah,koran, internet.
Sumber Belajar : Modul bahasa Indonesia kelas X SMK terbitan ...
VI. PENILAIAN
Indikator Penilaian | Teknik penilaian | Bentuk instrumen | Instrumen |
a. a.Reaksi kinetik terhadap tekanan, lafal, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak b.Mengomentari/mengungkapkan secara lisan terhadap lafal, tekanan, intonasi, dan jeda yang lazim/baku dan yang tidak. | Lisan, perbuatan, tulis | Simaklah rekaman berikut ini, kemudian catatlah pelafalan yang lazim dan yang tidak. Dari situ dapat diambil kesimpulan mengenai cirri-ciri pelafalan yang baku dan yang tidak. Diskusikan secara kelompok! | |
Skor nilai : Skor perolehan |
Kunci Jawaban :
No. | Jawaban | Skor nilai |
Bebas sesuai: (misal: cirri-ciri pelafalan yang baku: tidak ambigu, tidak terkontaminasi, jelas unsur-unsur jabatan kalimatnya, dll. ) | ||
Jumlah skor maksimal | 100 |
Wonogiri, Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMK WKS 1 Guru Mata Pelajaran
.... ...... ........
No comments:
Post a Comment