[CONTOH COVER]
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
[JUDUL PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS]
oleh:
..........................
[tuliskan semua anggota tim jika ada, secara
lengkap nama dan gelarnya]
[Nama SD/MI, SMP/MTs atau SMA/MA/SMK]
2008
HALAMAN PENGESAHAN
PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
1. a. Judul Penelitian:
.................................................................................
.................................................................................
b. Bidang Ilmu : ..............................................
c. Kategori Penelitian : ..............................................
2. Ketua Peneliti
a. Nama Lengkap dan Gelar : ..............................................
b. Jenis Kelamin : ..............................................
c. Golongan Pangkat/NIP : ..............................................
d. Jabatan Fungsional : ..............................................
3. Jumlah Anggota Peneliti : ....................................... orang
a. Nama Anggota Peneliti I : ............................................... b. Nama Anggota Peneliti II : ...............................................
4. Lokasi Penelitian : ..............................................
5. Kerjasama dengan intitusi lain (bila ada)
a. Nama institusi : ..............................................
b. Alamat : ..............................................
c. Telepon/Faksimili/e-mail : ..............................................
6. Lama Penelitian : ....................................... bulan
..............., ................ 2008
Mengetahui: Ketua Peneliti,
Kepala Sekolah ..................
[Cap & tandatangan] [tandatangan]
(___________________) (__________________)
NIP NIP
FORMAT LAPORAN AKHIR
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Abstrak
[Bahasa Indonesia + Bahasa Inggris, maksimum masing-masing 150-250 kata]
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Masalah dan Latar Belakang Masalah
Uraikan secara lugas masalah yang ingin ditanggulangi, penyebab timbulnya masalah tersebut, dan tingkat masalah yang ingin ditanggulangi oleh peneliti.
B. Tindakkan Yang Dipilih
Uraikan secara singkat bentuk tindakan yang akan diambil (mengapa berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi / TIK ?), argumentasi teoretik dan/atau empirik pemilihan tindakan, dan rumuskan hipotesis tindakan sebagai landasan tindakan yang digunakan (bila dipandang memungkinkan).
C. Tujuan
Uraikan hasil penelitian yang diharapkan (anticipated results) dari penelitian ini.
D. Lingkup Penelitian
Sebutkan lingkup atau batas-batas tindakan yang akan diambil peneliti.
E. Signifikansi Hasil Peneltian
Uraikan secara jelas manfaat hasil penelitian bagi sekolah (misalnya: pengembangan kurikulum, kebijakan, guru, maupun siswa, dsb.)
BAB II PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Setting Penelitian
Sebutkan lokasi penelitian, waktu penyelenggaraan penelitian (misal: Semester I, II, bulan, tahun, dst.), dan karakteristik kelompok sasaran yang menjadi subjek penelitian, serta bentuk aktivitas penggunaan ICT dalam pembelajaran.
B. Prosedur Penelitian
1. Gambaran Umum Peneltian
Uraikan gambaran umum penelitian yang dilakukan termasuk jumlah dan prosedur siklus penelitian yang dilakukan.
2. Rincian Prosedur Penelitian
a. Persiapan Tindakan
Sebutkan persiapan apa saja yang dilakukan (seperti analisis diagnostik untuk menspesifikasi masalah dan rincian penyebab timbulnya masalah), pembuatan alat-alat berbasis TIK dalam rangka tindakan, dan lain-lain yang terkait dengan pelaksanaan tindakan di kelas
b. Implementasi Tindakan
Deskripsikan tindakan yang akan diambil, skenario kerja tindakan, dan prosedur tindakan yang digunakan peneliti
c. Pemantauan dan Evaluasi
Uraikan prosedur pemantauan dan evaluasi tindakan, alat-alat pemantauan dan evaluasi yang digunakan, beserta kriteria keberhasilan tindakannya
d. Analisis dan Refleksi
Uraikan prosedur analisis hasil pemantauan dan refleksi terhadap tindakan yang telah diambil, tim yang terlibat dalam analisis hasil pemantauan dan refleksi, kriteria dan rencana bagi tindakan daur ulang.
(butir a s/d d sebaiknya dideskripsikan untuk setiap siklus. Perhatikan cara mendeskripsikan amatan yang dilakukan dengan menghidari pendapat pribadi atau dengan kata lain deskripsi bebas dari dugaan peneliti)
BAB III HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Sajikan hasil penelitian atau temuan setelah tindakan dilaksanakan dan penyajian temuan harus sesuai dengan masalah yang telah dirumuskan, dan dilakukan pembahasan secara lengkap tentang temuan atau hasil PTK tersebut. Pembahasan hendaknya memberikan penjelasan tentang kegagalan maupun keberhasilan penerapan TIK dalam pembelajaran, tentu bila salah satu atau keduanya ada, suatu tindakan
BAB IV SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan
Simpulkan hasil penelitian yang diperoleh secara lengkap, sesuai dengan masalah yang diteliti
B. Saran-saran
Ajukan saran-saran untuk penerapan hasil penelitian dan kemungkinan penelitian lebih lanjut di masa mendatang.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampirkan (a) model program/materi pembelajaran berbasis TIK / multimedia yang sekaligus memperlihatkan skenario tindakan, (b) instrumen penelitian, (c) data pendukung (contoh: hasil rekap tabulasi data, foto, dan lainnya), dan (d) lain-lain, seperti Curiculum Vitae Tim Peneliti, Surat Keterangan Kerjasama dengan Institusi Lain (apabila ada), dan lainnya.
No comments:
Post a Comment