RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XII BAB 3 KD 3.2. 4.2. TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       : SMK ... .

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : XII/1

Materi Pokok               : Teks Iklan

Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                        

Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit 

A.       Kompetensi Inti

1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya

2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita fiksi dalam novel

Indikator

1.2.1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.3. Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan dan ajakan

Indikator

2.3.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam mengerjakan tugas pembelajaran

3.2. Membandingkan teks iklan baik melalui lisan maupun tulisan

        Indikator

3.2.1.              Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks iklan

3.2.2.              Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks iklan dengan cermat.

4.2. Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, iklan, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan

       Indikator

4.2.1.              Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks iklan

4.2.2.              Memproduksi teks iklan yang koheren

 

 

C.       Tujuan Pembelajaran

Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan materi pokok teks iklan ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:

1.   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.    Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran

3.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks iklan

4.    Membandingkan struktur  isi dan bahasa teks iklan

5.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks iklan

6.                            Memproduksi teks iklan yang koheren

 

D.       Materi Pembelajaran    

Pada hakikatnya iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat luas dan khalayak ramai tentang produk dan atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan dan siap untuk dipindahkan hak kepemilikannya melalui proses jual beli.
Sementara itu periklanan adalah serangkaian kegiatan untuk memasarkan produk dan jasa kepada masyarakat tertentu melalui media tertentu dengan sesuatu pesan atau berita.
Menurut Lofton (2004) mengatakan bahwa iklan tidak hanya hangat tetapi juga harus jelas. Untuk itu diperlukan perhatian khusus hari demi hari untuk dapat memberikan sajian iklan yang terkini dan sesuai dengan konteks perhatian masyarakat sesuai dengan sasaran iklan.
Fungsi iklan dalam pemasaran adalah memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar iklan berhasil merangsang tindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu:
 Attention : mengandung daya tarik
Ø
 Interest : mengandung perhatian dan minat
Ø
 Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memiliki
Ø
 Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produk
Ø
 Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produk
Ø
 Action : mengarah tindakan untuk membel
Ø

Berdasarkan konsep AIDCDA, promosi periklanan harus diperlukan pengetahuan yang cukup tentang pola perilaku, kebutuhan, dan segmen pasar. Konsep tersebut diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian berkesinambungan. Segala daya upaya iklan dengan gaya bahasa persuasinya berusaha membuat konsumen untuk mengkonsumsi, yang tidak memperdulikan status sosialnya. Cak Nun berpendapat;” iklan adalah anak jadah kebudayaan”, yaitu bagaimana cara mengolah kelemahan produk menjadi kelebihan itulah fungsinya sebagai ujung tombak pemasaran (Blank Magazine.2002: 20).


2.                  Langkah-langkah membandingkan teks iklan

Membaca/ mengamati dua teks secara saksama

Memahami kaidah struktur dan isi dua teks

Mengenali bahasa yang digunakan

Menganalisis perbedaan struktur isi dan bahasa

3.                 Langkah-langkah memproduksi teks iklan

Menetapkan tema teks

Menetapkan tujuan teks

Menuliskan langkah kerja secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa

Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi

Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

 

E.     Model/Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific

2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)

3.    Metode Diskusi, Penugasan

 

F.      Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD

2.                                                                              Tayangan teks iklan (lisan maupun tulis)

 

G.    Sumber Belajar

ü Buku Bahasa Indonesia kelas XII SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013

ü KBBI

ü    Internet

 

H.       Langkah-langkah Pembelajaran

     
Kegiatan
 
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
 
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Inti  
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Penutup
 
1.         Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.         Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
 
 
1.        Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks iklan yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks iklan
2.        Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks iklan pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XII SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
2.      Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks iklan yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi teks iklan yang disampaikan guru.
3.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
4.      Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks iklan.
5.      Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama kelompoknya.
6.      Empat kelompok (dipilih secara acak) secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
7.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks iklan dan pemecahannya.
8.      Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah iklan dengan tema tertentu.
9.      Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi  teks iklan.
10.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
 
1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan  teks iklan dan hasil produksi teks iklan sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
115 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
45 menit

I.     Penilaian

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis

2.                     Prosedur penilaian:

1.                                                                            Penilaian Proses

1.1.   Pengamatan (sikap)

No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan
 
2.
Tanggung jawab

Kisi-kisi penilaian sikap

No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)
 
3
Skor
(SELALU)
 
4
1.
Spiritual (Religius)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
 
 
 
 
2.
Tanggung jawab
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan tugas individu dengan baik
b.      Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
c.       tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.      Mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
e.       Tidak menyalahkan orang lain utk  kesalahan tindakan kita sendiri
 
 
 
 

Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

Perhitungan skor akhir menggunakan modus.

2.      Penilaian Hasil

2.1.Tes tertulis (kuis)  (pengetahuan)

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks iklan
Tes tertulis (kuis)
Isian
1. Langkah membandingkan iklan  yang pertama adalah…
2. Secara umum, perbandingan iklan  dapat diarahkan pada perbandingan…dan… .
3. Iklan  harus bersifat…
4. Sebelum membandingkan iklan  hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5. Menganalisis perbedaan isi adalah langkah perbandingan yang … .
    1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks iklan
Tes tertulis (kuis)
Isian
6.Langkah pertama saat memproduksi iklan  adalah… .
7.      Menetapkan tujuan iklan  adalah langkah produksi nomor… .
8.      Langkah terpenting dalam produksi iklan  adalah… .
9.      Langkah yang tidak harus dilaksanakan adalah langkah … .
10.  Iklan harus menggunakan bahasa Indonesia yang… .

Jawaban

1.                                                      Membaca/ mengamati dua teks secara saksama

2.                                                      Isi dan bahasa

3.                                                      Ilmiah

4.                                                      Struktur isi dan kaidah bahasa

5.                                                      Terakhir

6.                                                      Menetapkan tema teks

7.                                                      Dua

8.                                                      Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa

9.                                                      Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

10.baku/ ilmiah

 

      Pedoman Penskoran

Soal nomor 1 - 10

Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
20
Peserta didik menjawab tidak lengkap
17
Peserta didik menjawab salah
10
Peserta didik tidak menjawab
0

 

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )

Produksilah teks iklan yang koheren!

Rubrik Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks iklan

No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemilihan tema (topik) sesuai struktur isi teks iklan
Sudah tepatkah pemilihan tema (topik)  teks sesuai struktur  isi teks iklan?
 
 
2.
Ketepatan penulisan sesuai struktur isi dan bahasa teks iklan
Sudah tepatkah penulisan teks sesuai struktur  isi dan bahasa teks iklan?
 
 
3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menulis teks iklan sesuai kaidah dan EYD?
 
 

 

 

     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1 Lembar Pengamatan

PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran             : ...............................................................

Kelas/ Semester                       : ...............................................................

Tahun Ajaran               : ...............................................................

Waktu pengamatan                  : ...............................................................

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Tanggung jawab
TP
TP
K
SR
SL
K
SR
SL
1.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
2.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
3.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
5.
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Post a Comment