RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII/1
Materi Pokok :
Teks Iklan
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks ceritasejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan cerita
fiksi dalam novel
Indikator
1.2.1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.3. Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin
dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan penjelasan
dan ajakan
Indikator
2.3.1. Menunjukkan perilaku
tanggung jawab dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3.2. Membandingkan teks iklan baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks
iklan
3.2.2.
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks iklan dengan
cermat.
4.2. Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, iklan, dan negosiasi yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan
mupun tulisan
Indikator
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks iklan
4.2.2.
Memproduksi teks iklan yang koheren
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan
materi pokok teks iklan ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas
pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks
iklan
4. Membandingkan struktur isi dan
bahasa teks iklan
5. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah memproduksi teks iklan
6.
Memproduksi teks iklan yang koheren
D.
Materi
Pembelajaran
Pada
hakikatnya iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk memberitahukan
kepada masyarakat luas dan khalayak ramai tentang produk dan atau jasa yang
dimiliki oleh perusahaan dan siap untuk dipindahkan hak kepemilikannya melalui
proses jual beli.
Sementara itu periklanan adalah serangkaian kegiatan untuk memasarkan produk dan jasa kepada masyarakat tertentu melalui media tertentu dengan sesuatu pesan atau berita.
Menurut Lofton (2004) mengatakan bahwa iklan tidak hanya hangat tetapi juga harus jelas. Untuk itu diperlukan perhatian khusus hari demi hari untuk dapat memberikan sajian iklan yang terkini dan sesuai dengan konteks perhatian masyarakat sesuai dengan sasaran iklan.
Fungsi iklan dalam pemasaran adalah memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar iklan berhasil merangsang tindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu:
Attention : mengandung daya tarikØ
Interest : mengandung perhatian dan minatØ
Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memilikiØ
Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produkØ
Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produkØ
Action : mengarah tindakan untuk membelØ
Berdasarkan konsep AIDCDA, promosi periklanan harus diperlukan pengetahuan yang cukup tentang pola perilaku, kebutuhan, dan segmen pasar. Konsep tersebut diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian berkesinambungan. Segala daya upaya iklan dengan gaya bahasa persuasinya berusaha membuat konsumen untuk mengkonsumsi, yang tidak memperdulikan status sosialnya. Cak Nun berpendapat;” iklan adalah anak jadah kebudayaan”, yaitu bagaimana cara mengolah kelemahan produk menjadi kelebihan itulah fungsinya sebagai ujung tombak pemasaran (Blank Magazine.2002: 20).
Sementara itu periklanan adalah serangkaian kegiatan untuk memasarkan produk dan jasa kepada masyarakat tertentu melalui media tertentu dengan sesuatu pesan atau berita.
Menurut Lofton (2004) mengatakan bahwa iklan tidak hanya hangat tetapi juga harus jelas. Untuk itu diperlukan perhatian khusus hari demi hari untuk dapat memberikan sajian iklan yang terkini dan sesuai dengan konteks perhatian masyarakat sesuai dengan sasaran iklan.
Fungsi iklan dalam pemasaran adalah memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu produk untuk mencapai pemenuhan kepuasannya. Agar iklan berhasil merangsang tindakan pembeli, menurut Djayakusumah (1982:60) setidaknya harus memenuhi kriteria AIDCDA yaitu:
Attention : mengandung daya tarikØ
Interest : mengandung perhatian dan minatØ
Desire : memunculkan keinginan untuk mencoba atau memilikiØ
Conviction : menimbulkan keyakinan terhadap produkØ
Decision : menghasilkan kepuasan terhadap produkØ
Action : mengarah tindakan untuk membelØ
Berdasarkan konsep AIDCDA, promosi periklanan harus diperlukan pengetahuan yang cukup tentang pola perilaku, kebutuhan, dan segmen pasar. Konsep tersebut diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian berkesinambungan. Segala daya upaya iklan dengan gaya bahasa persuasinya berusaha membuat konsumen untuk mengkonsumsi, yang tidak memperdulikan status sosialnya. Cak Nun berpendapat;” iklan adalah anak jadah kebudayaan”, yaitu bagaimana cara mengolah kelemahan produk menjadi kelebihan itulah fungsinya sebagai ujung tombak pemasaran (Blank Magazine.2002: 20).
2.
Langkah-langkah membandingkan teks iklan
Membaca/
mengamati dua teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah memproduksi teks iklan
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
langkah kerja secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks iklan (lisan maupun tulis)
G.
Sumber
Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia kelas XII SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü Internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama (
bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks iklan yang
beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks iklan
2.
Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar)
dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks iklan pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XII SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
tahun 2013 yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
2.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan
untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks iklan yang
telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi teks iklan
yang disampaikan guru.
3.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan
ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
4. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan
produksi teks iklan.
5.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
6.
Empat kelompok (dipilih secara acak) secara
bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi
kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi
dengan santun
7.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik
pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan perbandingan
dan produksi teks iklan dan pemecahannya.
8. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek
keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah iklan
dengan tema tertentu.
9. Peserta didik bersama guru membahas hasil
produksi teks iklan.
10. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat
sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
1. Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks iklan dan hasil produksi
teks iklan sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
4. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Kisi-kisi
penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Menunjukkan sikap
tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.
Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
c.
tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.
Mengakui dan meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
e.
Tidak menyalahkan
orang lain utk kesalahan tindakan kita
sendiri
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus.
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah
membandingkan teks iklan
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah membandingkan iklan yang
pertama adalah…
2. Secara
umum, perbandingan iklan dapat
diarahkan pada perbandingan…dan… .
3. Iklan harus bersifat…
4.
Sebelum membandingkan iklan hendaknya
harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5.
Menganalisis perbedaan isi adalah langkah perbandingan yang … .
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
memproduksi iklan adalah… .
7.
Menetapkan tujuan iklan adalah langkah produksi nomor… .
8.
Langkah terpenting dalam produksi iklan adalah… .
9.
Langkah yang tidak harus dilaksanakan adalah
langkah … .
10. Iklan
harus menggunakan bahasa Indonesia yang… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati dua teks secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Ilmiah
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Terakhir
6.
Menetapkan tema teks
7.
Dua
8.
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi
teks dan kaidah bahasa
9.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
10.baku/ ilmiah
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
- 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
20
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
17
|
Peserta
didik menjawab salah
|
10
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks iklan yang koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks iklan
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks iklan
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks iklan?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks iklan
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks iklan?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks iklan
sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Tanggung jawab
|
||||||
TP
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment