SILABUS KURIKULUM 2013 TERBARU DAN INDIKATOR



III.BAHASA INDONESIA

 

Satuan Pendidikan      : SMK/MAK

Kelas                            : X (sepuluh)

Kompetensi Inti           :          
KI 1 :   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi  Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
1.2   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan mengguna-kannya sebagai sarana komunikasi dalam
memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
*Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia dengan cara menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar

-

·      Pembelajaran KD dari KI 1 dan  KI2 terintegrasi dalam pembelajaran pada KI 3 dan KI4 melalui indirect teaching.


Penilaian KD dari KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal (catatan pendidik) tentang
sikap bersyukur, tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun


2.1  Menunjuk-kan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
* Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
*Menunjukkan sikap peduli dalam mengerjakan tugas secara berkelompok
*Menunjukkan sikap responsif menanggapi  pendapat dalam melaksanakan diskusi
*Menggunakan bahasa yang santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran

-
2.2      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.


1.3   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi

-
lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil  observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.


2.3      Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.


2.4      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.

-
2.5      Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik.

-
1.          
2.         TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan




3.3. Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan


























4.1   Menginterpre-tasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan









4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks laporan hasil observasi, baik lisan maupun tulisan dengan cermat.





*Menjelaskan makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan




*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi, prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

·   Struktur teks laporan hasil
·   Langkah Menyusun teks laporan hasil observasi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)

A.  Pemodelan Teks
Mengamati
·      Mengamati dan  membaca puisi  serta membicarakan isi puisi atau bertanya  jawab  untuk membangun konteks
·      Membaca teks model teks laporan hasil observasi dengan cermat  utuk melihat strukturnya
·      Membaca  teks  model  untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi (sinonim, antonim, kata bentukan, konjungsi, kalimat simpleks dan kalimat kompleks).

Menanya
·      Menanya tentang fungsi  teks laporan hasil observasi
·      Menanya tentang  struktur teks laporan hasil observasi.
·      Menanya tentang ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi.

Mengumpulkan informasi
·      Mengidentifikasi bagian-bagian teks laporan hasil observasi.
·      Berdiskusi  tentang struktur teks laporan hasil observasi
·      Berdiskusi tentang ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan isi  teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur teks untuk mempertajam  pemahaman   tentang  teks laporan hasil observasi
·      Menggunakan unsur kebahasaanuntuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman teks laporan hasil observasi secara lisan dan tulisan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil pemahaman  tentang  bentuk teks laporan hasil observasi secara lisan dan tulisan
Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks laporan hasil observasi
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks laporan hasil observasi





Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman struktur   dan ciri  kebahasaan teks laporan hasil observasi





8JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan



3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan




























3.4   Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan




4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan





4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan














4.4   Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi, baik melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi laporan hasil observasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
*Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil observasi
*Mengabstraksi teks laporan hasil observasi

·   Struktur teks laporan hasil observasi
·   Langkah Menyusun teks laporan hasil observasi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)

·   Meringkas teks laporan hasil observasi


B. Kerja Sama Membangun Teks

Mengamati
·      Membaca  kembali teks laporan hasil observasi untuk memahami  kembali    struktur teks.
·      Membaca teks laporan hasil observasi yang  lain  dari berbagai  sumber
·      Membaca  teks untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi (kalimat defenisi dan kalimat deskripsi).

Menanya:
·      Menanya tentang  cara meringkas teks laporan hasil observasi.
·      Menanya tentang cara menata dan menanggapi teks laporan hasil observasi.

Mengumpulkan informasi
·      Bertanya jawab tentang  struktur teks  laporan hasil observasi.
·      Berdiskusi  tentang  kekurangan  teks laporan hasil observasi  yang dibaca   berdasarkan  struktur  dan  ciri   kebahasaan teks.
·      Berdiskusi tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks laporan hasil observasi
·      Berdiskusi tentang cara meringkas teks teks laporan hasil observasi
·      Meringkas teks laporan hasil observasi.
·      Menata dan menanggapi teks laporan hasil observasi

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan  kembali  teks laporan hasil observasi untuk  mempertajam pemahaman
·      Menguraikan  struktur  teks laporan hasil observasi (yang lain)  untuk  mempertajam  pemahaman
·      Menyusun  hal-hal penting yang akan dituliskan dalam  teks laporan hasil observasi sesuai  dengan struktur teks laporan hasil observasi.
·      Mengidentifikasi ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam  teks laporan hasil observasi untuk mendukung  tulisan.
·      Mengembangkan  tulisan teks laporan hasil observasi  berdasarkan struktur teks
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  struktur
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  ciri kebahasaan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan  hasil tulisan teks laporan hasil observasi secara lisan
·      Menyampaikan hasil telaah dan revisi  teks laporan hasil observasi yang disusun kelompok lain  berdasarkan  isi dan struktur teks laporan hasil observasi
·      Menyampaikan  ringkasan  teks laporan hasil observasi
·      Menyampaikan hasil penataan teks laporan hasil observasi


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks laporan hasil observasi
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks laporan hasil observasi
·      Kemampuan memahami teknik membuat ringkasan

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman tentang struktur   dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
·      Kemampuan meringkas teks laporan hasil observasi
·      Kemampuan membuat ringkasan


8 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan

















3.4   Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan















4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan




4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan




4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi, baik melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi laporan hasil observasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
*Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca


·   Struktur teks laporan hasil observasi
·   Langkah Menyusun teks laporan hasil observasi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Membuat pantun

C. Penyusunan Teks secara Mandiri

Mengamati
·      Membaca  kembali atau mencari contoh lain teks laporan hasil observasi
·      Membaca teks sastra  (cerita pendek)

Menanya
·      Menanya tentang  penyusunan teks laporan hasil observasi  untuk mempertajam  pemahaman
·      Menanya tentang cara membuat ringkasan

Mengumpulkan informasi
·      Mencari informasi tentang struktur teks laporan hasil observasi dari berbagai sumber
·      Menyusun  teks  laporan hasil observasi beradasarkan data/informasi  yang diperoleh
·      Mengidentifikasi  ciri  kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi untuk mempertajam pemahaman
·      Mendiskusikan cara membuat ringkasan teks laporan hasil observasi

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengidentifikasi   data/informasi  untuk  menyusun teks laporan hasil observasi
·      Membandingkan  data  yang  diperoleh  dengan  data  dari  sumber  lain  (mis : buku  referensi,   internet,  dll) 
·      Menelaah kembali  teks  yang telah ditulis  dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·      Merevisi  teks  berdasarkan  hasil  telaahan
·      Meringkas teks laporan hasil observasi

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan teks laporan hasil observasi secara  lisan 
·      Menanggapi  saran  dari  teman/guru   untuk  perbaikan
·      Menyampaikan ringkasan teks laporan hasil observasi


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami struktur  teks laporan hasil observasi
·      Kemampuan memahami ciri kebahasaan  teks laporan hasil observasi


Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menyusun teks laporan hasil observasi
·      Kemapuan membuat pantun


6 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

2.          
3.         TEKS PROSEDUR KOMPLEKS
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan




3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan




















4.1   Menginterpre-tasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan



4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks prosedur komplekssi baik melalui lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks prosedur kompleks baik lisan maupun tulisan dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

·   Struktur teks laporan hasil
·   Langkah Menyusun teks prosedur kompleks
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)

B. Pemodelan Teks

Mengamati
·      Mengamati dan  membaca puisi  atau lagu  serta membicarakan isi puisi atau lagu dan bertanya  jawab  untuk membangun konteks
·      Membaca teks model teks prosedur kompleks dengan cermat  utuk melihat strukturnya
·      Membaca  teks  model  untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks prosedur kompleks (partisipan, verba material dan tingkah laku, dan konjungsi temporal, piranti kohesi/kata ganti sebagai pengacuan).

Menanya
·      Menanya tentang fungsi  teks prosedur kompleks
·      Menanya tentang  struktur teks prosedur kompleks.
·      Menanya tentang ciri kebahasaan teks prosedur kompleks.

Mengumpulkan informasi
·      Mengidentifikasi bagian-bagian teks prosedur kompleks.
·      Berdiskusi  tentang struktur teks prosedur kompleks

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan isi  teks prosedur kompleks berdasarkan struktur teks untuk mempertajam  pemahaman   tentang  teks prosedur kompleks
·      Menggunakan unsur kebahasaanuntuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman teks prosedur kompleks secara lisan dan tulisan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil pemahaman  tentang  bentuk teks prosedur kompleks secara lisan dan tulisan


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks prosedur kompleks
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks prosedur kompleks

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman struktur   dan ciri  kebahasaan teks prosedur kompleks





8JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan

















3.4   Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan












4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan





4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan


4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan














4.4   Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks prosedur kompleks baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi prosedur kompleks
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
*Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca




*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks prosedur kompleks
*Mengabstraksi teks prosedur kompleks

·   Struktur teks prosedur kompleks
·   Langkah Menyusun teks prosedur kompleks
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Meringkas teks prosedur kompleks


B. Kerja Sama Membangun Teks

Mengamati
·      Membaca  kembali teks prosedur kompleks untuk memahami  kembali    struktur teks.
·      Membaca teks prosedur kompleks yang  lain  dari berbagai  sumber
·      Mebaca puisi

Menanya:
·      Menanya tentang  cara meringkas teks prosedur kompleks.
·      Menanya tentang cara menata dan menanggapi teks prosedur kompleks.
·      Menanya tentang teknik membaca puisi

Mengumpulkan informasi
·      Bertanya jawab tentang  struktur teks  prosedur kompleks.
·      Berdiskusi  tentang  kekurangan  teks prosedur kompleks  yang dibaca   berdasarkan  struktur  dan  ciri   kebahasaan teks.
·      Berdiskusi tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks prosedur kompleks
·      Berdiskusi tentang cara meringkas teks teks prosedur kompleks
·      Meringkas teks prosedur kompleks.
·      Menata dan menanggapi teks prosedur kompleks
·      Bertanya jawab tentang teknik membaca puisi
·      Membaca puisi dengan teknik yang benar

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan  kembali  teks prosedur kompleks untuk  mempertajam pemahaman
·      Menguraikan  struktur  teks prosedur kompleks (yang lain)  untuk  mempertajam  pemahaman
·      Menyusun  hal-hal penting yang akan dituliskan dalam  teks prosedur kompleks sesuai  dengan struktur teks prosedur kompleks.
·      Mengidentifikasi ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam  teks prosedur kompleks untuk mendukung  tulisan.
·      Mengembangkan  tulisan teks prosedur kompleks  berdasarkan struktur teks
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  struktur
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  ciri kebahasaan
·      Meringkas teks prosedur kompleks
·      Menyimpulkan tentang teknik membaca puisi yang benar

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan  hasil tulisan teks prosedur kompleks secara lisan
·      Menyampaikan hasil telaah dan revisi  teks prosedur kompleks yang disusun kelompok lain  berdasarkan  isi dan struktur teks prosedur komplek
·      Menyampaikan  ringkasan  teks prosedur kompleks
·      Menyampaikan hasil penataan teks prosedur kompleks
·      Menjelaskan teknik membaca puisi yang benar


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks prosedur kompleks
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks prosedur kompleks
·      Kemampuan memahami teknik membaca puisi

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman tentang struktur   dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks
·      Kemampuan meringkas teks prosedur kompleks
·      Kemampuan membaca puisi


8 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan


















3.4   Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan











4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan




4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan

4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks prosedur kompleks baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks prosedur kompleks
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
*Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca


·   Struktur teks prosedur kompleks
·   Langkah Menyusun teks prosedur kompleks
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Memahami cerita pendek

C. Penyusunan Teks secara Mandiri

Mengamati
·      Membaca  kembali atau mencari contoh lain teks prosedur kompleks
·      Membaca teks sastra  (cerita pendek)

Menanya
·      Menanya tentang  penyusunan teks prosedur kompleks  untuk mempertajam  pemahaman
·      Menanya tentang isi cerita pendek

Mengumpulkan informasi
·      Mencari informasi tentang struktur teks prosedur kompleks dari berbagai sumber
·      Menyusun  teks  prosedur kompleks beradasarkan data/informasi  yang diperoleh
·      Mengidentifikasi  ciri  kebahasaan dalam teks prosedur kompleks untuk mempertajam pemahaman
·      Mengidentifikasi isi cerita pendek 


Menalar/Mengasosiasi
·      Mengidentifikasi   data/informasi  untuk  menyusun teks prosedur kompleks
·      Membandingkan  data  yang  diperoleh  dengan  data  dari  sumber  lain  (mis : buku  referensi,   internet,  dll) 
·      Menelaah kembali  teks  yang telah ditulis  dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·      Merevisi  teks  berdasarkan  hasil  telaahan
·      Menyimpulkan isi cerita pendek


Mengomunikasikan
·      Menyampaikan teks prosedur kompleks secara  lisan 
·      Menanggapi  saran  dari  teman/guru   untuk  perbaikan
·      Menceritakan ulang cerita pendek


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami struktur  teks prosedur kompleks
·      Kemampuan memahami ciri kebahasaan  teks prosedur kompleks


Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menyusun teks prosedur kompleks
·      Kemapuan menceritakan ulang cerita pendek


6 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.          
4.         TEKS EKSPOSISI
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan




3.2 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan














4.1 Menginterpre-tasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan





4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan 
*Menganalisis isi  teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks eksposisi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

·   Struktur teks eksposisi
·   Langkah Menyusun teks eksposisi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)

C. Pemodelan Teks

Mengamati
·      Mengamati dan  membaca sajak  serta membicarakan isi sajak atau bertanya  jawab  untuk membangun konteks
·      Membaca teks model teks eksposisi dengan cermat  utuk melihat strukturnya
·      Membaca  teks  model  untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks eksposisi.

Menanya
·      Menanya tentang fungsi  teks eksposisi
·      Menanya tentang  struktur teks eksposisi.
·      Menanya tentang ciri kebahasaan teks eksposisi.

Mengumpulkan informasi
·      Mengidentifikasi bagian-bagian teks eksposisi.
·      Berdiskusi  tentang struktur teks eksposisi
·      Berdiskusi tentang ciri kebahasaan teks eksposisi

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan isi  teks eksposisi berdasarkan struktur teks untuk mempertajam  pemahaman   tentang  teks eksposisi
·      Menggunakan unsur kebahasaanuntuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman teks eksposisi secara lisan dan tulisan
·      Menulis ulang teks eksposisi

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil pemahaman  tentang  bentuk teks eksposisi secara lisan dan tulisan
·      Menyampaikan hasil penulisan ulang teks eksposisi


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks eksposisi
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks eksposisi

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman struktur   dan ciri  kebahasaan teks eksposisi
·      Menulis ulang teks eksposisi





8JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan







3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan
















3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan











4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan


4.2       Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan





4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan












4.4   Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan




*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan 
*Menganalisis isi  teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks eksposisi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi eksposisi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks pro

*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks eksposisi
*Memproduksi teks eksposisi yang koheren





*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks eksposisi
*Mengabstraksi teks eksposisi

·   Struktur teks eksposisi
·   Langkah Menyusun teks eksposisi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Menyusun teks eksposisi


B. Kerja Sama Membangun Teks

Mengamati
·      Membaca  kembali teks eksposisi untuk memahami  kembali    struktur teks.
·      Membaca teks eksposisi yang  lain  dari berbagai  sumber
·      Membaca  teks untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks eksposisi.

Menanya:
·      Menanya tentang  cara meringkas teks eksposisi.
·      Menanya tentang cara menata dan menanggapi teks eksposisi.

Mengumpulkan informasi
·      Bertanya jawab tentang  struktur teks eksposisi.
·      Berdiskusi  tentang  kekurangan  teks eksposisi  yang dibaca   berdasarkan  struktur  dan  ciri   kebahasaan teks.
·      Berdiskusi tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks eksposisi
·      Berdiskusi tentang cara meringkas teks teks eksposisi
·      Meringkas teks eksposisi.
·      Menata dan menanggapi teks eksposisi


Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan  kembali  teks eksposisi untuk  mempertajam pemahaman
·      Menguraikan  struktur  teks eksposisi (yang lain)  untuk  mempertajam  pemahaman
·      Menyusun  hal-hal penting yang akan dituliskan dalam  teks eksposisi sesuai  dengan struktur teks eksposisi.
·      Mengidentifikasi ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam  teks eksposisi untuk mendukung  tulisan.
·      Mengembangkan  tulisan teks eksposisi  berdasarkan struktur teks
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  struktur
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  ciri kebahasaan


Mengomunikasikan
·      Menyampaikan  hasil tulisan teks eksposisi secara lisan
·      Menyampaikan hasil telaah dan revisi  teks eksposisi yang disusun kelompok lain  berdasarkan  isi dan struktur teks eksposisi
·      Menyampaikan  ringkasan  teks eksposisi
·      Menyampaikan hasil penataan teks eksposisi


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks eksposisi
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks eksposisi

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman tentang struktur   dan ciri kebahasaan teks eksposisi
·      Kemampuan menata teks eksposisi


8 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan

3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan















3.5 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan














4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan


4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan


4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan 
*Menganalisis isi  teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks eksposisi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks eksposisi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks eksposisi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks eksposisi
*Memproduksi teks eksposisi yang koheren


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca


·   Struktur teks eksposisi
·   Langkah Menyusun teks eksposisi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Membuat pidato

C. Penyusunan Teks secara Mandiri

Mengamati
·      Membaca  kembali atau mencari contoh lain teks eksposisi
·      Mengamati gaya berpidato Bung Sukarno dan Tomo

Menanya
·      Menanya tentang  penyusunan teks eksposisi  untuk mempertajam  pemahaman
·      Menanya tentang gaya berpidato Bung Sukarno dan Bung Tomo

Mengumpulkan informasi
·      Mencari informasi tentang struktur teks eksposisi dari berbagai sumber
·      Menyusun  teks eksposisi beradasarkan data/informasi  yang diperoleh
·      Mengidentifikasi  ciri  kebahasaan dalam teks eksposisi untuk mempertajam pemahaman
·      Mendiskusikan gaya berbipato Bung Sukarno dan Bung Tomo

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengidentifikasi   data/informasi  untuk  menyusun teks eksposisi
·      Membandingkan  data  yang  diperoleh  dengan  data  dari  sumber  lain  (mis : buku  referensi,   internet,  dll) 
·      Menelaah kembali  teks  yang telah ditulis  dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·      Merevisi  teks  berdasarkan  hasil  telaahan
·      Membuat teks eksposisi

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan teks eksposisi secara  lisan 
·      Menanggapi  saran  dari  teman/guru   untuk  perbaikan teks eksposisi


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami struktur  teks eksposisi
·      Kemampuan memahami ciri kebahasaan  teks eksposisi


Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menyusun teks eksposisi
·      Kemapuan berpidato


6 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

4.          
5.         TEKS ANEKDOT
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan



3.2 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan

















4.1   Menginterpre-tasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan




4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan 
*Menganalisis isi  teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks anekdot baik lisan maupun tulisan dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

·   Struktur teks anekdot
·   Langkah Menyusun teks anekdot
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Menceritakan ulang teks anekdot

D. Pemodelan Teks

Mengamati
·      Mengamati dan  membaca kritik dan humordalam layanan publikserta membicarakannya atau bertanya  jawab  untuk membangun konteks
·      Membaca teks model teks anekdot dengan cermat  utuk melihat strukturnya
·      Membaca  teks  model  untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks anekdot (konjungsi, sindiran dan pengandaian).

Menanya
·      Menanya tentang fungsi  teks anekdot
·      Menanya tentang  struktur teks anekdot.
·      Menanya tentang ciri kebahasaan teks anekdot.
·      Menanya tentang cara menceritakan ulang teks anekdot

Mengumpulkan informasi
·      Mengidentifikasi bagian-bagian teks anekdot.
·      Berdiskusi  tentang struktur teks anekdot
·      Berdiskusi tentang ciri kebahasaan teks anekdot


Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan isi  teks anekdot berdasarkan struktur teks untuk mempertajam  pemahaman   tentang  teks anekdot
·      Menggunakan unsur kebahasaanuntuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman teks anekdot secara lisan dan tulisan


Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil pemahaman  tentang  struktur teks anekdot secara lisan dan tulisan


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks anekdot
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks anekdot dan menceritakan ulang

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman struktur   dan ciri  kebahasaan teks anekdot
·      Kemampuan menceritakan ulang teks anekdot





8JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan










3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan

















3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan







4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan


4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan



4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan












4.4   Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan 

*Menganalisis isi  teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks anekdot baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi anekdot


*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks anekdot
*Memproduksi teks anekdot yang koheren


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot
*Mengabstraksi teks anekdot

·   Struktur teks anekdot
·   Langkah Menyusun teks anekdot
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Membuat teks anekdot


B. Kerja Sama Membangun Teks

Mengamati
·      Membaca  kembali teks anekdot untuk memahami  kembali    struktur teks.
·      Membaca teks anekdot yang  lain  dari berbagai  sumber
·      Membaca  teks untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks anekdot (kalimat defenisi dan kalimat deskripsi).

Menanya:
·      Menanya tentang  cara meringkas teks anekdot.
·      Menanya tentang cara menata dan menanggapi teks anekdot.

Mengumpulkan informasi
·      Bertanya jawab tentang  struktur teks  prosedur kompleks.
·      Berdiskusi  tentang  kekurangan  teks anekdot  yang dibaca   berdasarkan  struktur  dan  ciri   kebahasaan teks.
·      Berdiskusi tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks anekdot
·      Berdiskusi tentang cara meringkas teks teks anekdot
·      Meringkas teks anekdot.
·      Menata dan menanggapi teks anekdot

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan  kembali  teks anekdot untuk  mempertajam pemahaman
·      Menguraikan  struktur  teks anekdot (yang lain)  untuk  mempertajam  pemahaman
·      Menyusun  hal-hal penting yang akan dituliskan dalam  teks anekdot sesuai  dengan struktur teks anekdot.
·      Mengidentifikasi ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam  teks anekdot untuk mendukung  tulisan.
·      Mengembangkan  tulisan teks anekdot  berdasarkan struktur teks
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  struktur
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  ciri kebahasaan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan  hasil tulisan teks anekdot secara lisan
·      Menyampaikan hasil telaah dan revisi  teks anekdot yang disusun kelompok lain  berdasarkan  isi dan struktur teks anekdot
·      Menyampaikan  ringkasan  teks anekdot
·      Menyampaikan hasil penataan teks anekdot


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks anekdot
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks anekdot

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman tentang struktur   dan ciri kebahasaan teks anekdot
·      Kemampuan menata teks anekdot
·      Kemampuan membuat teks anekdot


8 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan


3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan
















3.5 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan















4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan




4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan



4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan 
*Menganalisis isi  teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks anekdot baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks anekdot
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot

*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks anekdot
*Memproduksi teks anekdot yang koheren


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca


·   Struktur teks anekdot
·   Langkah Menyusun teks anekdot
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Membuat teks anekdot

C. Penyusunan Teks secara Mandiri

Mengamati
·      Membaca  kembali atau mencari contoh lain teks anekdot

Menanya
·      Menanya tentang  penyusunan teks anekdot  untuk mempertajam  pemahaman

Mengumpulkan informasi
·      Mencari informasi tentang struktur teks anekdot dari berbagai sumber
·      Menyusun  teks  anekdot beradasarkan data/informasi  yang diperoleh
·      Mengidentifikasi  ciri  kebahasaan dalam teks anekdot untuk mempertajam pemahaman

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengidentifikasi   data/informasi  untuk  menyusun teks anekdot
·      Membandingkan  data  yang  diperoleh  dengan  data  dari  sumber  lain  (mis : buku  referensi,   internet,  dll) 
·      Menelaah kembali  teks  yang telah ditulis  dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·      Merevisi  teks  berdasarkan  hasil  telaahan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan teks anekdot secara  lisan 
·      Menanggapi  saran  dari  teman/guru   untuk  perbaikan
·       

Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami struktur  teks anekdot
·      Kemampuan memahami ciri kebahasaan  teks anekdot


Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menyusun teks anekdot


6 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

5.          
6.         TEKS NEGOISASI
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan






3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan















4.1   Menginterpre-tasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan




4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan 
*Menganalisis isi  teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks negosiasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

·   Struktur teks negoisasi
·   Langkah Menyusun teks negoisasi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Membuat teks negoisasi

E. Pemodelan Teks
Mengamati
·      Mengamati dan  membaca kritik dan humordalam layanan publikserta membicarakannya atau bertanya  jawab  untuk membangun konteks
·      Membaca teks model teks negoisasi dengan cermat  utuk melihat strukturnya
·      Membaca  teks  model  untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks negoisasi.

Menanya
·      Menanya tentang fungsi  teks negoisasi
·      Menanya tentang  struktur teks negoisasi.
·      Menanya tentang ciri kebahasaan teks negoisasi.
·      Menanya tentang cara membuat teks negoisasi

Mengumpulkan informasi
·      Mengidentifikasi bagian-bagian teks negoisasi.
·      Berdiskusi  tentang struktur teks negoisasi
·      Berdiskusi tentang ciri kebahasaan teks negoisasi

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan isi  teks negoisasi berdasarkan struktur teks untuk mempertajam  pemahaman   tentang  teks negoisasi
·      Menggunakan unsur kebahasaanuntuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman teks negoisasi secara lisan dan tulisan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil pemahaman  dan hasil penyusunan tentang  teks negoisasi secara lisan dan tulisan


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks negoisasi
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks negoisasi

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman struktur   dan ciri  kebahasaan teks negoisasi
·      Kemampuan membuat teks negoisasi





8JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan

3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan



















3.6 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan














4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan


4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan


4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan














4.4   Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan 
*Menganalisis isi  teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks negosiasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi negosiasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks negosiasi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan cermat.


*Menjelaskan makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
*Memproduksi teks negosiasi yang koheren


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks negosiasi
*Mengabstraksi teks negosiasi

·   Struktur teks negoisasi
·   Langkah Menyusun teks negoisasi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Membuat teks negoisasi


B. Kerja Sama Membangun Teks

Mengamati
·      Membaca  kembali teks negoisasi untuk memahami  kembali    struktur teks.
·      Membaca teks negoisasi yang  lain  dari berbagai  sumber
·      Membaca  teks untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks negoisasi.

Menanya:
·      Menanya tentang  cara meringkas teks negoisasi.
·      Menanya tentang cara menata dan menanggapi teks negoisasi.

Mengumpulkan informasi
·      Bertanya jawab tentang  struktur teks  prosedur kompleks.
·      Berdiskusi  tentang  kekurangan  teks negoisasi  yang dibaca   berdasarkan  struktur  dan  ciri   kebahasaan teks.
·      Berdiskusi tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks negoisasi
·      Berdiskusi tentang cara meringkas teks teks negoisasi
·      Meringkas teks negoisasi.
·      Menata dan menanggapi teks negoisasi

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengurutkan  kembali  teks negoisasi untuk  mempertajam pemahaman
·      Menguraikan  struktur  teks negoisasi (yang lain)  untuk  mempertajam  pemahaman
·      Menyusun  hal-hal penting yang akan dituliskan dalam  teks negoisasi sesuai  dengan struktur teks negoisasi.
·      Mengidentifikasi ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam  teks negoisasi untuk mendukung  tulisan.
·      Mengembangkan  tulisan teks negoisasi  berdasarkan struktur teks
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  struktur
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  ciri kebahasaan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan  hasil tulisan teks negoisasi secara lisan
·      Menyampaikan hasil telaah dan revisi  teks negoisasi yang disusun kelompok lain  berdasarkan  isi dan struktur teks negoisasi
·      Menyampaikan hasil penataan teks negoisasi


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks negoisasi
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks negoisasi

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman tentang struktur   dan ciri kebahasaan teks negoisasi
·      Kemampuan menata teks negoisasi
·      Kemampuan membuat teks negoisasi


8 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan

3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan















3.4   Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan











4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan



4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan


4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks negosiasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks negosiasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks negosiasi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
*Memproduksi teks negosiasi yang koheren



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca


·   Struktur teks negoisasi
·   Langkah Menyusun teks negoisasi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Membuat teks negoisasi

C. Penyusunan Teks secara Mandiri

Mengamati
·      Membaca  kembali atau mencari contoh lain teks negoisasi

Menanya
·      Menanya tentang  penyusunan teks negoisasi  untuk mempertajam  pemahaman

Mengumpulkan informasi
·      Mencari informasi tentang struktur teks negoisasi dari berbagai sumber
·      Menyusun  teks negoisasi beradasarkan data/informasi  yang diperoleh
·      Mengidentifikasi  ciri  kebahasaan dalam teks negoisasi untuk mempertajam pemahaman

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengidentifikasi   data/informasi  untuk  menyusun teks negoisasi
·      Membandingkan  data  yang  diperoleh  dengan  data  dari  sumber  lain  (mis : buku  referensi,   internet,  dll) 
·      Menelaah kembali  teks  yang telah ditulis  dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·      Merevisi  teks  berdasarkan  hasil  telaahan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan teks negoisasi secara  lisan 
·      Menanggapi  saran  dari  teman/guru   untuk  perbaikan


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami struktur  teks negoisasi
·      Kemampuan memahami ciri kebahasaan  teks negoisasi


Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menyusun teks negoisasi


6 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

6.          
7.         BERBAGAI TEKS (PENGAYAAN)
3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan







3.2   Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan






















3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan



























4.1   Menginterpre-tasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan






4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan





















4.5   Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks anekdot,  eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupu
*Membandingkan teks anekdot,  eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot,  eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi i, baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,dan negosiasi
*Menulis ulang (mengonversi) teks  anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi dalam bentuk uraian monolog

·   Struktur teks negoisasi
·   Langkah Menyusun berbagai teks
·   Penelaahan dan revisi berbagai teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Membandingkan berbagai teks

F.  Pemodelan Teks
Mengamati
·      Mengamati dan  membaca berbagai teks (teks laporan hasil observasi, teks deskripsi, teks prosedur kompleks, teks eksplanasi) serta membicarakannya atau bertanya  jawab  untuk membangun konteks
·      Membaca teks model teks negoisasi dengan cermat  utuk melihat strukturnya
·      Membaca  teks  model  untuk  memahami  ciri kebahasaan berbagai teks.

Menanya
·      Menanya tentang fungsi  berbagai teks negoisasi
·      Menanya tentang  struktur berbagai teks.
·      Menanya tentang ciri kebahasaan berbagai teks.
·      Menanya tentang cara membuat berbagai teks.

Mengumpulkan informasi
·      Mengidentifikasi bagian-bagian berbagai teks.
·      Berdiskusi  tentang struktur berbagai teks.
·      Berdiskusi tentang ciri kebahasaan berbagai teks.

Menalar/Mengasosiasi
·      Membandingkan isi  berbagai teks berdasarkan struktur teks untuk mempertajam  pemahaman   tentang  teks negoisasi
·      Menggunakan unsur kebahasaanuntuk  kemahiran berbahasa dalam   mendukung pemahaman berbagai teks secara lisan dan tulisan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan hasil pemahaman  dan hasil penyusunan tentang  berbagai teks secara lisan dan tulisan


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  berbagai teks
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  berbagai teks

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman struktur   dan ciri  kebahasaan berbagai tek
·      Kemampuan membuat berbagai teks





8Jp

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan




3.2   Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan


















3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan





























3.4   Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

























4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan







4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan












4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

























4.4   Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan















4.5   Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks anekdot,  eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupu
*Membandingkan teks anekdot,  eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi i baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi

*Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren





*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca




*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi



*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,dan negosiasi
*Menulis ulang (mengonversi) teks  anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi dalam bentuk uraian monolog

·   Struktur teks eksposisi dan teks diskudi
·   Langkah menyusun teks eksposisi
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Membuat teks eksposisi


B. Kerja Sama Membangun Teks

Mengamati
·      Membaca teks eksposisi dan teks diskusi untuk memahami  kembali    strukturnya.
·      Membaca  teks untuk  memahami  ciri kebahasaan dalam teks ekasposisi.

Menanya:
·      Menanya tentang  perbedaan teks eksposisi dengan teks diskusi.
·      Menanya tentang cara membuat teks ekasposisi.

Mengumpulkan informasi
·      Bertanya jawab tentang  struktur teks eksposisi dan teks diskusi.
·      Berdiskusi  tentang  penyusunan teks eksposisi.
·      Berdiskusi tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks eksposisi
·      Menata dan menanggapi teks eksposisi

Menalar/Mengasosiasi
·      Menguraikan  struktur  teks eksposisi untuk  mempertajam  pemahaman
·      Menyusun  hal-hal penting yang akan dituliskan dalam  teks eksposisi sesuai  dengan struktur teks eksposisi.
·      Mengidentifikasi ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam  teks eksposisi untuk mendukung  tulisan.
·      Mengembangkan  tulisan teks eksposisi  berdasarkan struktur teks
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  struktur
·      Menelaah dan merevisi  teks berdasarkan  ciri kebahasaan

Mengomunikasikan
·      Menyampaikan  hasil tulisan teks eksposisi secara lisan
·      Menyampaikan hasil telaah dan revisi  teks eksposisi yang disusun kelompok lain  berdasarkan  isi dan struktur teks negoisasi

·      Menyampaikan hasil penyusunan teks negoisasi


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   memahami  struktur  teks eksposisi
·      Kemampuan memahami  ciri  kebahasaan  teks eksposisi

Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menggunakan dan  menyampaikan hasil  pemahaman tentang struktur   dan ciri kebahasaan teks eksposisi
·      Kemampuan menata teks eksposisi
·      Kemampuan membuat teks eksposisi


8 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik

3.1   Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan



















3.2   Membandingkan teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan




















3.3   Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  baik melalui lisan maupun tulisan




























3.4   Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan

























4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan






4.2   Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan mupun tulisan









4.3   Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

























4.5   Mengonversi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan








*Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks anekdot,  eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupu
*Membandingkan teks anekdot,  eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan  
*Menganalisis isi  teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi dengan cermat.

*Menjelaskan makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan

*Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi

*Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren


*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi

*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca




*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi anekdot
*Menulis ulang (mengonversi) teks  anekdot dalam bentuk uraian monolog


·   Struktur berbagai teks
·   Langkah Menyusun berbagai teks
·   Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri kebahasaan)
·   Mengonversi berbagai teks ke dalam teks eksposisi

C. Penyusunan Teks secara Mandiri

Mengamati
·      Membaca  kembali atau mencari contoh lain teks laporan hasil observasi, teks eksposisi, teks prosedur komplek dan tek anekdot

Menanya
·      Menanya tentang  perbedaan teks laporan hasil observasi, teks eksposisi, teks prosedur komplek dan tek anekdot mempertajam  pemahaman

Mengumpulkan informasi
·      Mencari informasi tentang struktur berbagai teks  dari berbagai sumber
·      Menyusun  teks eksposisi beradasarkan keempat teks lainnya
·      Mengidentifikasi  ciri  kebahasaan dalam teks eksposisiuntuk mempertajam pemahaman

Menalar/Mengasosiasi
·      Mengidentifikasi   data/informasi  untuk  menyusun berbagai teks
·      Membandingkan  data  yang  diperoleh  dengan  data  dari  sumber  lain  (mis : buku  referensi,   internet,  dll) 
·      Menelaah kembali  berbagai teks  yang telah ditulis  dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·      Merevisi  teks  berdasarkan  hasil  telaahan
Mengomunikasikan
·      Menyampaikan teks perbedaan berbagai teks secara  lisan 
·      Menanggapi  saran  dari  teman/guru   untuk  perbaikan


Sikap :
Observasi
·      Perilaku bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·      Santun dalam  menyampaikan pendapat  dalam diskusi

Pengetahuan:
Tes tertulis
·      Kemampuan   membandingkan struktur  berbagai teks
·      Kemampuan memahami ciri kebahasaan  teks negoisasi


Keterampilan:
Unjuk  kerja
·      Kemampuan menyusun berbagai teks
·      Kemampuan mengonversi berbagai teks ke dalam teks eksposisi


6 JP

·      Buku Siswa  “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·      Lingkungan
·      Media cetak
·      Media elektronik