III.BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Kelas : X (sepuluh)
Kompetensi
Inti :
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa.
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan mengguna-kannya sebagai sarana komunikasi dalam
memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan
dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi.
|
*Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia dengan cara menggunakan bahasa Indonesia dengan
baik dan benar
|
-
|
· Pembelajaran
KD dari KI 1
dan KI2 terintegrasi dalam
pembelajaran pada KI 3 dan KI4 melalui indirect
teaching.
|
Penilaian KD dari KI 1 dan KI 2 dilakukan
melalui observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan
jurnal (catatan pendidik)
tentang
sikap bersyukur, tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun
|
|||
2.1 Menunjuk-kan sikap tanggung jawab, peduli,responsif,
dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai
permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
|
* Menunjukkan
sikap tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
*Menunjukkan sikap peduli
dalam mengerjakan tugas secara berkelompok
*Menunjukkan sikap responsif
menanggapi pendapat dalam melaksanakan
diskusi
*Menggunakan bahasa yang
santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
|
-
|
|||||
2.2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
|
|||||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi
|
-
|
||||||
lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
|
|||||||
2.3
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
|
|||||||
2.4
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan,
dan kewirausahaan.
|
-
|
||||||
2.5
Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan
publik.
|
-
|
||||||
1.
|
2.
TEKS
LAPORAN HASIL OBSERVASI
|
||||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3. Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks laporan hasil observasi baik melalui
lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulisan
*Menganalisis isi
teks laporan hasil observasi baik
melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks laporan hasil observasi, baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks laporan hasil observasi,
prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks laporan hasil
· Langkah
Menyusun teks laporan hasil observasi
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
|
A. Pemodelan
Teks
Mengamati
·
Mengamati dan
membaca puisi serta
membicarakan isi puisi atau bertanya jawab
untuk membangun konteks
·
Membaca teks model teks laporan hasil observasi
dengan cermat utuk melihat strukturnya
·
Membaca teks
model untuk memahami
ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi (sinonim,
antonim, kata bentukan, konjungsi, kalimat simpleks dan kalimat kompleks).
Menanya
·
Menanya tentang fungsi teks laporan hasil observasi
·
Menanya tentang
struktur
teks laporan hasil observasi.
·
Menanya
tentang ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi.
Mengumpulkan informasi
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian teks laporan hasil observasi.
·
Berdiskusi
tentang struktur teks laporan hasil observasi
·
Berdiskusi
tentang ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan
isi teks laporan hasil observasi
berdasarkan struktur teks untuk mempertajam
pemahaman tentang teks laporan hasil observasi
·
Menggunakan unsur kebahasaanuntuk kemahiran berbahasa dalam mendukung pemahaman teks laporan hasil observasi secara lisan dan
tulisan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil pemahaman tentang
bentuk teks laporan hasil observasi secara lisan dan tulisan
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks laporan hasil
observasi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks laporan hasil observasi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman struktur dan ciri
kebahasaan teks laporan hasil observasi
|
8JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks laporan hasil observasi, baik
melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulisan
*Menganalisis isi
teks laporan hasil observasi baik
melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi laporan
hasil observasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan
cermat.
*Menjelaskan makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks laporan hasil observasi
*Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks laporan hasil observasi
baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi
teks laporan hasil observasi
*Mengabstraksi teks
laporan hasil observasi
|
·
Struktur
teks laporan hasil observasi
·
Langkah Menyusun teks laporan hasil observasi
·
Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Meringkas teks
laporan hasil observasi
|
B.
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·
Membaca kembali teks laporan hasil observasi untuk
memahami kembali struktur teks.
·
Membaca
teks laporan hasil observasi yang
lain dari berbagai sumber
·
Membaca teks untuk
memahami ciri kebahasaan dalam
teks laporan hasil observasi (kalimat defenisi dan kalimat deskripsi).
Menanya:
·
Menanya
tentang cara meringkas teks laporan
hasil observasi.
·
Menanya
tentang cara menata dan menanggapi teks laporan hasil observasi.
Mengumpulkan
informasi
·
Bertanya
jawab tentang struktur teks laporan hasil observasi.
·
Berdiskusi tentang
kekurangan teks laporan hasil
observasi yang dibaca berdasarkan struktur
dan ciri kebahasaan teks.
·
Berdiskusi
tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks laporan hasil
observasi
·
Berdiskusi
tentang cara meringkas teks teks laporan hasil observasi
·
Meringkas
teks laporan hasil observasi.
·
Menata
dan menanggapi teks laporan hasil observasi
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan kembali
teks laporan hasil observasi untuk
mempertajam pemahaman
·
Menguraikan struktur
teks laporan hasil observasi (yang lain) untuk
mempertajam pemahaman
·
Menyusun hal-hal penting yang akan dituliskan
dalam teks laporan hasil observasi
sesuai dengan struktur teks laporan hasil
observasi.
·
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam
teks laporan hasil observasi untuk mendukung tulisan.
·
Mengembangkan tulisan teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur teks
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan struktur
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan ciri kebahasaan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil tulisan teks laporan hasil observasi
secara lisan
·
Menyampaikan
hasil telaah dan revisi teks laporan
hasil observasi yang disusun kelompok lain
berdasarkan isi dan struktur
teks laporan hasil observasi
·
Menyampaikan ringkasan
teks laporan hasil observasi
·
Menyampaikan
hasil penataan teks laporan hasil observasi
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks laporan hasil
observasi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks laporan hasil observasi
·
Kemampuan
memahami teknik membuat ringkasan
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman tentang struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil
observasi
·
Kemampuan
meringkas teks laporan hasil observasi
·
Kemampuan
membuat ringkasan
|
8
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks laporan hasil observasi, baik
melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan
maupun tulisan
*Menganalisis isi
teks laporan hasil observasi baik
melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks laporan hasil observasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi
laporan hasil observasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan
cermat.
*Menjelaskan makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks laporan hasil observasi
*Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks laporan hasil observasi
baik secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks laporan hasil observasi
· Langkah
Menyusun teks laporan hasil observasi
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Membuat pantun
|
C. Penyusunan Teks
secara Mandiri
Mengamati
·
Membaca kembali atau mencari contoh lain teks
laporan hasil observasi
·
Membaca
teks sastra (cerita pendek)
Menanya
·
Menanya
tentang penyusunan teks laporan hasil
observasi untuk mempertajam pemahaman
·
Menanya
tentang cara membuat ringkasan
Mengumpulkan
informasi
·
Mencari
informasi tentang struktur teks laporan hasil observasi dari berbagai sumber
·
Menyusun teks
laporan hasil observasi beradasarkan data/informasi yang diperoleh
·
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi untuk mempertajam
pemahaman
·
Mendiskusikan
cara membuat ringkasan teks laporan hasil observasi
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi data/informasi untuk
menyusun teks laporan hasil observasi
·
Membandingkan data
yang diperoleh dengan
data dari sumber
lain (mis : buku referensi,
internet, dll)
·
Menelaah
kembali teks yang telah ditulis dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·
Merevisi teks
berdasarkan hasil telaahan
·
Meringkas
teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan
teks laporan hasil observasi secara
lisan
·
Menanggapi saran
dari teman/guru untuk
perbaikan
·
Menyampaikan
ringkasan teks laporan hasil observasi
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami struktur teks laporan hasil observasi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan teks laporan
hasil observasi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menyusun teks laporan hasil observasi
·
Kemapuan
membuat pantun
|
6
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
2.
|
3.
TEKS
PROSEDUR KOMPLEKS
|
||||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks prosedur komplekssi baik melalui
lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan
maupun tulisan
*Menganalisis isi
teks prosedur kompleks baik
melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks prosedur kompleks baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks prosedur kompleks baik
secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks laporan hasil
· Langkah
Menyusun teks prosedur kompleks
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
|
B. Pemodelan
Teks
Mengamati
·
Mengamati dan
membaca puisi atau lagu serta membicarakan isi puisi atau lagu dan bertanya jawab
untuk membangun konteks
·
Membaca teks model teks prosedur kompleks
dengan cermat utuk melihat strukturnya
·
Membaca teks
model untuk memahami ciri kebahasaan dalam teks prosedur kompleks
(partisipan, verba material dan tingkah laku, dan konjungsi temporal, piranti
kohesi/kata ganti sebagai pengacuan).
Menanya
·
Menanya tentang fungsi teks prosedur kompleks
·
Menanya tentang
struktur
teks prosedur
kompleks.
·
Menanya
tentang ciri kebahasaan teks prosedur kompleks.
Mengumpulkan informasi
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian teks prosedur kompleks.
·
Berdiskusi
tentang struktur teks prosedur kompleks
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan
isi teks prosedur kompleks berdasarkan
struktur teks untuk mempertajam
pemahaman tentang teks prosedur kompleks
·
Menggunakan unsur kebahasaanuntuk kemahiran berbahasa dalam mendukung pemahaman teks prosedur kompleks secara lisan dan
tulisan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil pemahaman tentang
bentuk teks prosedur kompleks secara lisan dan tulisan
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks prosedur kompleks
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks prosedur kompleks
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman struktur dan ciri
kebahasaan teks prosedur kompleks
|
8JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks prosedur kompleks baik melalui lisan
maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan
maupun tulisan
*Menganalisis isi
teks prosedur kompleks baik
melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks prosedur kompleks baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi prosedur
kompleks
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks prosedur kompleks
*Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks prosedur kompleks baik
secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi
teks prosedur kompleks
*Mengabstraksi teks
prosedur kompleks
|
·
Struktur
teks prosedur kompleks
·
Langkah Menyusun teks prosedur kompleks
·
Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Meringkas teks prosedur
kompleks
|
B.
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·
Membaca kembali teks prosedur kompleks untuk
memahami kembali struktur teks.
·
Membaca
teks prosedur kompleks yang lain dari berbagai sumber
·
Mebaca
puisi
Menanya:
·
Menanya
tentang cara meringkas teks prosedur
kompleks.
·
Menanya
tentang cara menata dan menanggapi teks prosedur kompleks.
·
Menanya
tentang teknik membaca puisi
Mengumpulkan
informasi
·
Bertanya
jawab tentang struktur teks prosedur kompleks.
·
Berdiskusi tentang
kekurangan teks prosedur
kompleks yang dibaca berdasarkan struktur
dan ciri kebahasaan teks.
·
Berdiskusi
tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks prosedur
kompleks
·
Berdiskusi
tentang cara meringkas teks teks prosedur kompleks
·
Meringkas
teks prosedur kompleks.
·
Menata
dan menanggapi teks prosedur kompleks
·
Bertanya
jawab tentang teknik membaca puisi
·
Membaca
puisi dengan teknik yang benar
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan kembali
teks prosedur kompleks untuk
mempertajam pemahaman
·
Menguraikan struktur
teks prosedur kompleks (yang lain)
untuk mempertajam pemahaman
·
Menyusun hal-hal penting yang akan dituliskan
dalam teks prosedur kompleks
sesuai dengan struktur teks prosedur
kompleks.
·
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam
teks prosedur kompleks untuk mendukung
tulisan.
·
Mengembangkan tulisan teks prosedur kompleks berdasarkan struktur teks
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan struktur
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan ciri kebahasaan
·
Meringkas
teks prosedur kompleks
·
Menyimpulkan
tentang teknik membaca puisi yang benar
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil tulisan teks prosedur kompleks secara
lisan
·
Menyampaikan
hasil telaah dan revisi teks prosedur
kompleks yang disusun kelompok lain
berdasarkan isi dan struktur
teks prosedur komplek
·
Menyampaikan ringkasan
teks prosedur kompleks
·
Menyampaikan
hasil penataan teks prosedur kompleks
·
Menjelaskan
teknik membaca puisi yang benar
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks prosedur kompleks
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks prosedur kompleks
·
Kemampuan
memahami teknik membaca puisi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman tentang struktur dan ciri kebahasaan teks prosedur kompleks
·
Kemampuan
meringkas teks prosedur kompleks
·
Kemampuan
membaca puisi
|
8
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks prosedur kompleks baik melalui lisan
maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan
maupun tulisan
*Menganalisis isi
teks prosedur kompleks baik
melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks prosedur kompleks baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks
prosedur kompleks
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks prosedur kompleks
*Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks prosedur kompleks baik
secara lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks prosedur kompleks
· Langkah
Menyusun teks prosedur kompleks
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Memahami cerita
pendek
|
C. Penyusunan Teks
secara Mandiri
Mengamati
·
Membaca kembali atau mencari contoh lain teks
prosedur kompleks
·
Membaca
teks sastra (cerita pendek)
Menanya
·
Menanya
tentang penyusunan teks prosedur
kompleks untuk mempertajam pemahaman
·
Menanya
tentang isi cerita pendek
Mengumpulkan
informasi
·
Mencari
informasi tentang struktur teks prosedur kompleks dari berbagai sumber
·
Menyusun teks
prosedur kompleks beradasarkan data/informasi yang diperoleh
·
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks prosedur kompleks untuk mempertajam pemahaman
·
Mengidentifikasi
isi cerita pendek
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi data/informasi untuk
menyusun teks prosedur kompleks
·
Membandingkan data
yang diperoleh dengan
data dari sumber
lain (mis : buku referensi,
internet, dll)
·
Menelaah
kembali teks yang telah ditulis dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·
Merevisi teks
berdasarkan hasil telaahan
·
Menyimpulkan
isi cerita pendek
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan
teks prosedur kompleks secara
lisan
·
Menanggapi saran
dari teman/guru untuk
perbaikan
·
Menceritakan
ulang cerita pendek
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami struktur teks prosedur kompleks
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan teks prosedur
kompleks
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menyusun teks prosedur kompleks
·
Kemapuan
menceritakan ulang cerita pendek
|
6
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.
|
4.
TEKS
EKSPOSISI
|
||||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.2 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Menganalisis isi
teks eksposisi baik melalui lisan
maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks eksposisi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks eksposisi
· Langkah
Menyusun teks eksposisi
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
|
C. Pemodelan
Teks
Mengamati
·
Mengamati dan
membaca sajak serta membicarakan isi sajak atau
bertanya jawab
untuk membangun konteks
·
Membaca teks model teks eksposisi
dengan cermat utuk melihat strukturnya
·
Membaca teks
model untuk memahami
ciri kebahasaan dalam teks eksposisi.
Menanya
·
Menanya tentang fungsi teks eksposisi
·
Menanya tentang
struktur
teks eksposisi.
·
Menanya
tentang ciri kebahasaan teks eksposisi.
Mengumpulkan informasi
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian teks eksposisi.
·
Berdiskusi
tentang struktur teks eksposisi
·
Berdiskusi
tentang ciri kebahasaan teks eksposisi
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan
isi teks eksposisi berdasarkan
struktur teks untuk mempertajam
pemahaman tentang teks eksposisi
·
Menggunakan unsur kebahasaanuntuk kemahiran berbahasa dalam mendukung pemahaman teks eksposisi secara lisan dan tulisan
·
Menulis
ulang teks eksposisi
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil pemahaman tentang
bentuk teks eksposisi secara lisan dan tulisan
·
Menyampaikan
hasil penulisan ulang teks eksposisi
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks eksposisi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks eksposisi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman struktur dan ciri
kebahasaan teks eksposisi
·
Menulis
ulang teks eksposisi
|
8JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2
Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik
secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Menganalisis isi
teks eksposisi baik melalui lisan
maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks eksposisi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi eksposisi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks pro
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks eksposisi
*Memproduksi teks eksposisi yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi
teks eksposisi
*Mengabstraksi teks
eksposisi
|
·
Struktur
teks eksposisi
·
Langkah Menyusun teks eksposisi
·
Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Menyusun teks
eksposisi
|
B.
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·
Membaca kembali teks eksposisi untuk memahami kembali
struktur teks.
·
Membaca
teks eksposisi yang lain dari berbagai sumber
·
Membaca teks untuk
memahami ciri kebahasaan dalam
teks eksposisi.
Menanya:
·
Menanya
tentang cara meringkas teks eksposisi.
·
Menanya
tentang cara menata dan menanggapi teks eksposisi.
Mengumpulkan
informasi
·
Bertanya
jawab tentang struktur teks eksposisi.
·
Berdiskusi tentang
kekurangan teks eksposisi yang dibaca berdasarkan struktur
dan ciri kebahasaan teks.
·
Berdiskusi
tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks eksposisi
·
Berdiskusi
tentang cara meringkas teks teks eksposisi
·
Meringkas
teks eksposisi.
·
Menata
dan menanggapi teks eksposisi
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan kembali
teks eksposisi untuk
mempertajam pemahaman
·
Menguraikan struktur
teks eksposisi (yang lain)
untuk mempertajam pemahaman
·
Menyusun hal-hal penting yang akan dituliskan
dalam teks eksposisi sesuai dengan struktur teks eksposisi.
·
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam
teks eksposisi untuk mendukung
tulisan.
·
Mengembangkan tulisan teks eksposisi berdasarkan struktur teks
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan struktur
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan ciri kebahasaan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil tulisan teks eksposisi secara lisan
·
Menyampaikan
hasil telaah dan revisi teks eksposisi
yang disusun kelompok lain
berdasarkan isi dan struktur
teks eksposisi
·
Menyampaikan ringkasan
teks eksposisi
·
Menyampaikan
hasil penataan teks eksposisi
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks eksposisi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks eksposisi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman tentang struktur dan ciri kebahasaan teks eksposisi
·
Kemampuan
menata teks eksposisi
|
8
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.5 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Menganalisis isi
teks eksposisi baik melalui lisan
maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks eksposisi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks
eksposisi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks eksposisi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks eksposisi
*Memproduksi teks eksposisi yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks eksposisi
· Langkah
Menyusun teks eksposisi
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Membuat pidato
|
C. Penyusunan Teks
secara Mandiri
Mengamati
·
Membaca kembali atau mencari contoh lain teks
eksposisi
·
Mengamati
gaya berpidato Bung Sukarno dan Tomo
Menanya
·
Menanya
tentang penyusunan teks eksposisi untuk mempertajam pemahaman
·
Menanya
tentang gaya berpidato Bung Sukarno dan Bung Tomo
Mengumpulkan
informasi
·
Mencari
informasi tentang struktur teks eksposisi dari berbagai sumber
·
Menyusun teks eksposisi beradasarkan
data/informasi yang diperoleh
·
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks eksposisi untuk mempertajam pemahaman
·
Mendiskusikan
gaya berbipato Bung Sukarno dan Bung Tomo
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi data/informasi untuk
menyusun teks eksposisi
·
Membandingkan data
yang diperoleh dengan
data dari sumber
lain (mis : buku referensi,
internet, dll)
·
Menelaah
kembali teks yang telah ditulis dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·
Merevisi teks
berdasarkan hasil telaahan
·
Membuat
teks eksposisi
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan
teks eksposisi secara lisan
·
Menanggapi saran
dari teman/guru untuk
perbaikan teks eksposisi
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami struktur teks eksposisi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan teks
eksposisi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menyusun teks eksposisi
·
Kemapuan
berpidato
|
6
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
4.
|
5.
TEKS ANEKDOT
|
||||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
*Menganalisis isi
teks anekdot baik melalui lisan
maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks anekdot baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks anekdot baik secara lisan
maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks anekdot
· Langkah
Menyusun teks anekdot
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Menceritakan ulang
teks anekdot
|
D. Pemodelan
Teks
Mengamati
·
Mengamati dan
membaca kritik
dan humordalam layanan publikserta membicarakannya atau
bertanya jawab
untuk membangun konteks
·
Membaca teks model teks anekdot
dengan cermat utuk melihat strukturnya
·
Membaca teks
model untuk memahami
ciri kebahasaan dalam teks anekdot (konjungsi, sindiran dan
pengandaian).
Menanya
·
Menanya tentang fungsi teks anekdot
·
Menanya tentang
struktur
teks anekdot.
·
Menanya
tentang ciri kebahasaan teks anekdot.
·
Menanya
tentang cara menceritakan ulang teks anekdot
Mengumpulkan informasi
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian teks anekdot.
·
Berdiskusi
tentang struktur teks anekdot
·
Berdiskusi
tentang ciri kebahasaan teks anekdot
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan
isi teks anekdot berdasarkan struktur
teks untuk mempertajam pemahaman tentang
teks anekdot
·
Menggunakan unsur kebahasaanuntuk kemahiran berbahasa dalam mendukung pemahaman teks anekdot secara lisan dan tulisan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil pemahaman tentang
struktur teks
anekdot secara lisan dan tulisan
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks anekdot
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks anekdot dan menceritakan ulang
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman struktur dan ciri
kebahasaan teks anekdot
·
Kemampuan
menceritakan ulang teks anekdot
|
8JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
*Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
*Menganalisis isi
teks anekdot baik melalui lisan
maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks anekdot baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi anekdot
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks anekdot
*Memproduksi teks anekdot yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks anekdot baik secara lisan
maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi
teks anekdot
*Mengabstraksi teks
anekdot
|
·
Struktur
teks anekdot
·
Langkah Menyusun teks anekdot
·
Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Membuat teks anekdot
|
B.
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·
Membaca kembali teks anekdot untuk memahami kembali
struktur teks.
·
Membaca
teks anekdot yang lain dari berbagai sumber
·
Membaca teks untuk
memahami ciri kebahasaan dalam
teks anekdot (kalimat defenisi dan kalimat deskripsi).
Menanya:
·
Menanya
tentang cara meringkas teks anekdot.
·
Menanya
tentang cara menata dan menanggapi teks anekdot.
Mengumpulkan
informasi
·
Bertanya
jawab tentang struktur teks prosedur kompleks.
·
Berdiskusi tentang
kekurangan teks anekdot yang dibaca berdasarkan struktur
dan ciri kebahasaan teks.
·
Berdiskusi
tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks anekdot
·
Berdiskusi
tentang cara meringkas teks teks anekdot
·
Meringkas
teks anekdot.
·
Menata
dan menanggapi teks anekdot
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan kembali
teks anekdot untuk mempertajam
pemahaman
·
Menguraikan struktur
teks anekdot (yang lain)
untuk mempertajam pemahaman
·
Menyusun hal-hal penting yang akan dituliskan
dalam teks anekdot sesuai dengan struktur teks anekdot.
·
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam
teks anekdot untuk mendukung
tulisan.
·
Mengembangkan tulisan teks anekdot berdasarkan struktur teks
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan struktur
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan ciri kebahasaan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil tulisan teks anekdot secara lisan
·
Menyampaikan
hasil telaah dan revisi teks anekdot
yang disusun kelompok lain
berdasarkan isi dan struktur
teks anekdot
·
Menyampaikan ringkasan
teks anekdot
·
Menyampaikan
hasil penataan teks anekdot
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks anekdot
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks anekdot
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman tentang struktur dan ciri kebahasaan teks anekdot
·
Kemampuan
menata teks anekdot
·
Kemampuan
membuat teks anekdot
|
8
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.5 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun
tulisan
*Menganalisis isi
teks anekdot baik melalui lisan
maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks anekdot baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi
teks anekdot
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks anekdot
*Memproduksi teks anekdot yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks anekdot baik secara lisan
maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks anekdot
· Langkah
Menyusun teks anekdot
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Membuat teks anekdot
|
C. Penyusunan Teks
secara Mandiri
Mengamati
·
Membaca kembali atau mencari contoh lain teks
anekdot
Menanya
·
Menanya
tentang penyusunan teks anekdot untuk mempertajam pemahaman
Mengumpulkan
informasi
·
Mencari
informasi tentang struktur teks anekdot dari berbagai sumber
·
Menyusun teks
anekdot beradasarkan data/informasi
yang diperoleh
·
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks anekdot untuk mempertajam pemahaman
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi data/informasi untuk
menyusun teks anekdot
·
Membandingkan data
yang diperoleh dengan
data dari sumber
lain (mis : buku referensi,
internet, dll)
·
Menelaah
kembali teks yang telah ditulis dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·
Merevisi teks
berdasarkan hasil telaahan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan
teks anekdot secara lisan
·
Menanggapi saran
dari teman/guru untuk
perbaikan
·
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami struktur teks anekdot
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan teks anekdot
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menyusun teks anekdot
|
6
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
5.
|
6.
TEKS NEGOISASI
|
||||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Menganalisis isi
teks negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks negosiasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks negoisasi
· Langkah
Menyusun teks negoisasi
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Membuat teks
negoisasi
|
E. Pemodelan
Teks
Mengamati
·
Mengamati dan
membaca kritik
dan humordalam layanan publikserta membicarakannya atau
bertanya jawab
untuk membangun konteks
·
Membaca teks model teks negoisasi
dengan cermat utuk melihat strukturnya
·
Membaca teks
model untuk memahami
ciri kebahasaan dalam teks negoisasi.
Menanya
·
Menanya tentang fungsi teks negoisasi
·
Menanya tentang
struktur
teks negoisasi.
·
Menanya
tentang ciri kebahasaan teks negoisasi.
·
Menanya
tentang cara membuat teks negoisasi
Mengumpulkan informasi
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian teks negoisasi.
·
Berdiskusi
tentang struktur teks negoisasi
·
Berdiskusi
tentang ciri kebahasaan teks negoisasi
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan
isi teks negoisasi berdasarkan
struktur teks untuk mempertajam
pemahaman tentang teks negoisasi
·
Menggunakan unsur kebahasaanuntuk kemahiran berbahasa dalam mendukung pemahaman teks negoisasi secara lisan dan
tulisan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil pemahaman dan hasil penyusunan tentang teks negoisasi secara lisan dan tulisan
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks negoisasi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks negoisasi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman struktur dan ciri
kebahasaan teks negoisasi
·
Kemampuan
membuat teks negoisasi
|
8JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.6 Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Menganalisis isi
teks negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks negosiasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi negosiasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks negosiasi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks negosiasi
*Memproduksi teks negosiasi yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi
teks negosiasi
*Mengabstraksi teks
negosiasi
|
·
Struktur
teks negoisasi
·
Langkah Menyusun teks negoisasi
·
Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Membuat teks
negoisasi
|
B.
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·
Membaca kembali teks negoisasi untuk memahami kembali
struktur teks.
·
Membaca
teks negoisasi yang lain dari berbagai sumber
·
Membaca teks untuk
memahami ciri kebahasaan dalam
teks negoisasi.
Menanya:
·
Menanya
tentang cara meringkas teks negoisasi.
·
Menanya
tentang cara menata dan menanggapi teks negoisasi.
Mengumpulkan
informasi
·
Bertanya
jawab tentang struktur teks prosedur kompleks.
·
Berdiskusi tentang
kekurangan teks negoisasi yang dibaca berdasarkan struktur
dan ciri kebahasaan teks.
·
Berdiskusi
tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks negoisasi
·
Berdiskusi
tentang cara meringkas teks teks negoisasi
·
Meringkas
teks negoisasi.
·
Menata
dan menanggapi teks negoisasi
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengurutkan kembali
teks negoisasi untuk
mempertajam pemahaman
·
Menguraikan struktur
teks negoisasi (yang lain)
untuk mempertajam pemahaman
·
Menyusun hal-hal penting yang akan dituliskan
dalam teks negoisasi sesuai dengan struktur teks negoisasi.
·
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam
teks negoisasi untuk mendukung
tulisan.
·
Mengembangkan tulisan teks negoisasi berdasarkan struktur teks
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan struktur
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan ciri kebahasaan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil tulisan teks negoisasi secara lisan
·
Menyampaikan
hasil telaah dan revisi teks negoisasi
yang disusun kelompok lain
berdasarkan isi dan struktur
teks negoisasi
·
Menyampaikan
hasil penataan teks negoisasi
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks negoisasi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks negoisasi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman tentang struktur dan ciri kebahasaan teks negoisasi
·
Kemampuan
menata teks negoisasi
·
Kemampuan
membuat teks negoisasi
|
8
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan
*Menganalisis isi
teks negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks negosiasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi
teks negosiasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks negosiasi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks negosiasi
*Memproduksi teks negosiasi yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
·
Struktur
teks negoisasi
· Langkah
Menyusun teks negoisasi
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Membuat teks
negoisasi
|
C. Penyusunan Teks
secara Mandiri
Mengamati
·
Membaca kembali atau mencari contoh lain teks
negoisasi
Menanya
·
Menanya
tentang penyusunan teks negoisasi untuk mempertajam pemahaman
Mengumpulkan
informasi
·
Mencari
informasi tentang struktur teks negoisasi dari berbagai sumber
·
Menyusun teks negoisasi beradasarkan
data/informasi yang diperoleh
·
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks negoisasi untuk mempertajam pemahaman
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi data/informasi untuk
menyusun teks negoisasi
·
Membandingkan data
yang diperoleh dengan
data dari sumber
lain (mis : buku referensi,
internet, dll)
·
Menelaah
kembali teks yang telah ditulis dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·
Merevisi teks
berdasarkan hasil telaahan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan
teks negoisasi secara lisan
·
Menanggapi saran
dari teman/guru untuk
perbaikan
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami struktur teks negoisasi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan teks
negoisasi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menyusun teks negoisasi
|
6
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
6.
|
7.
BERBAGAI
TEKS (PENGAYAAN)
|
||||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpre-tasi makna
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.5 Mengonversi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupu
*Membandingkan teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
*Menganalisis isi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi i, baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,dan
negosiasi
*Menulis ulang (mengonversi) teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi dalam bentuk uraian monolog
|
·
Struktur
teks negoisasi
· Langkah
Menyusun berbagai
teks
· Penelaahan
dan revisi berbagai
teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Membandingkan
berbagai teks
|
F. Pemodelan
Teks
Mengamati
·
Mengamati dan
membaca berbagai
teks (teks laporan hasil observasi, teks deskripsi, teks prosedur kompleks,
teks eksplanasi) serta membicarakannya atau
bertanya jawab
untuk membangun konteks
·
Membaca teks model teks negoisasi
dengan cermat utuk melihat strukturnya
·
Membaca teks
model untuk memahami
ciri kebahasaan berbagai teks.
Menanya
·
Menanya tentang fungsi berbagai teks negoisasi
·
Menanya tentang
struktur
berbagai teks.
·
Menanya
tentang ciri kebahasaan berbagai teks.
·
Menanya
tentang cara membuat berbagai teks.
Mengumpulkan informasi
·
Mengidentifikasi
bagian-bagian berbagai teks.
·
Berdiskusi
tentang struktur berbagai
teks.
·
Berdiskusi
tentang ciri kebahasaan berbagai teks.
Menalar/Mengasosiasi
·
Membandingkan
isi berbagai teks berdasarkan struktur
teks untuk mempertajam pemahaman tentang
teks negoisasi
·
Menggunakan unsur kebahasaanuntuk kemahiran berbahasa dalam mendukung pemahaman berbagai teks secara lisan dan
tulisan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil pemahaman dan hasil penyusunan tentang berbagai teks secara lisan dan tulisan
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur berbagai teks
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
berbagai teks
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman struktur dan ciri
kebahasaan berbagai tek
·
Kemampuan
membuat berbagai teks
|
8Jp
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,
dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.5 Mengonversi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupu
*Membandingkan teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
*Menganalisis isi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi i baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi dengan
cermat.
*Menjelaskan makna teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengabstraksi teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks,dan
negosiasi
*Menulis ulang (mengonversi) teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi dalam bentuk uraian monolog
|
·
Struktur
teks eksposisi dan teks diskudi
·
Langkah menyusun teks eksposisi
·
Penelaahan dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Membuat teks
eksposisi
|
B.
Kerja Sama Membangun Teks
Mengamati
·
Membaca
teks eksposisi dan teks diskusi untuk memahami kembali
strukturnya.
·
Membaca teks untuk
memahami ciri kebahasaan dalam
teks ekasposisi.
Menanya:
·
Menanya
tentang perbedaan teks eksposisi
dengan teks diskusi.
·
Menanya
tentang cara membuat teks ekasposisi.
Mengumpulkan
informasi
·
Bertanya
jawab tentang struktur teks eksposisi
dan teks diskusi.
·
Berdiskusi tentang
penyusunan teks eksposisi.
·
Berdiskusi
tentang sumber –sumber yang akan dijadikan bahan tulisan teks eksposisi
·
Menata
dan menanggapi teks eksposisi
Menalar/Mengasosiasi
·
Menguraikan struktur
teks eksposisi untuk mempertajam pemahaman
·
Menyusun hal-hal penting yang akan dituliskan
dalam teks eksposisi sesuai dengan struktur teks eksposisi.
·
Mengidentifikasi
ciri kebahasaan yang akan digunakan dalam
teks eksposisi untuk mendukung
tulisan.
·
Mengembangkan tulisan teks eksposisi berdasarkan struktur teks
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan struktur
·
Menelaah
dan merevisi teks berdasarkan ciri kebahasaan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan hasil tulisan teks eksposisi secara lisan
·
Menyampaikan
hasil telaah dan revisi teks eksposisi
yang disusun kelompok lain
berdasarkan isi dan struktur
teks negoisasi
·
Menyampaikan
hasil penyusunan teks negoisasi
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan memahami
struktur teks eksposisi
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan
teks eksposisi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menggunakan dan menyampaikan
hasil pemahaman tentang struktur dan ciri kebahasaan teks eksposisi
·
Kemampuan
menata teks eksposisi
·
Kemampuan
membuat teks eksposisi
|
8
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.2 Membandingkan
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan
3.3 Menganalisis
teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
3.4 Mengevaluasi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
4.1
Menginterpretasi makna teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks anekdot, eksposisi, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
4.3 Menyunting
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
4.5 Mengonversi
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
* Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi, baik melalui lisan maupun
tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupu
*Membandingkan teks
anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun
tulisan.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks anekdot, eksposisi, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
*Menganalisis isi teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
melalui lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Menganalisis bahasa
teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi baik lisan maupun tulisan dengan cermat.
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot,
eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
dengan cermat.
*Menjelaskan makna teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi
*Memproduksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi yang koheren
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menyunting teks anekdot, eksposisi,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi
*Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
*Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi anekdot
*Menulis ulang (mengonversi) teks anekdot dalam
bentuk uraian monolog
|
·
Struktur
berbagai teks
· Langkah
Menyusun berbagai
teks
· Penelaahan
dan revisi teks (struktur dan ciri
kebahasaan)
· Mengonversi berbagai
teks ke dalam teks eksposisi
|
C. Penyusunan Teks
secara Mandiri
Mengamati
·
Membaca kembali atau mencari contoh lain teks
laporan hasil observasi, teks eksposisi, teks prosedur komplek dan tek
anekdot
Menanya
·
Menanya
tentang perbedaan teks laporan hasil
observasi, teks eksposisi, teks prosedur komplek dan tek anekdot
mempertajam pemahaman
Mengumpulkan
informasi
·
Mencari
informasi tentang struktur berbagai teks
dari berbagai sumber
·
Menyusun teks eksposisi beradasarkan keempat teks
lainnya
·
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan dalam teks eksposisiuntuk mempertajam pemahaman
Menalar/Mengasosiasi
·
Mengidentifikasi data/informasi untuk
menyusun berbagai teks
·
Membandingkan data
yang diperoleh dengan
data dari sumber
lain (mis : buku referensi,
internet, dll)
·
Menelaah
kembali berbagai teks yang telah ditulis dari aspek struktur dan ciri kebahasaan
·
Merevisi teks
berdasarkan hasil telaahan
Mengomunikasikan
·
Menyampaikan
teks perbedaan berbagai teks secara
lisan
·
Menanggapi saran
dari teman/guru untuk
perbaikan
|
Sikap :
Observasi
·
Perilaku
bersyukur, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan peduli
·
Santun
dalam menyampaikan pendapat dalam diskusi
Pengetahuan:
Tes tertulis
·
Kemampuan membandingkan struktur berbagai teks
·
Kemampuan
memahami ciri kebahasaan teks
negoisasi
Keterampilan:
Unjuk kerja
·
Kemampuan
menyusun berbagai teks
·
Kemampuan
mengonversi berbagai teks ke dalam teks eksposisi
|
6
JP
|
·
Buku
Siswa “Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik”, Kelas X untuk SMA/MA, Kemdikbud
·
Lingkungan
·
Media
cetak
·
Media
elektronik
|
|
No comments:
Post a Comment