RPP KURIKULUM TERBARU SMA/ SMK (BAB 1 KD 3.5 DAN 4.5 KELAS XI)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                             (RPP)


Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : XI/1
Materi Pokok               : Teks cerpen
Tema/ topik                 : Menemukan solusi atas masalah kewirausahaan
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan 
Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit    
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
Indikator
1.3.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
Indikator
2.4.1.Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
3.5. Mengevaluasi teks cerpen  baik melalui lisan maupun tulisan
     Indikator
3.5.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi cerpen
3.5.2.Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks cerpen  dengan cermat.
3.5.3.Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks cerpen  dengan cermat.
4.5. Mengonversi teks cerpen  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
     Indikator
4.5.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi cerpen
4.5.2.Menulis ulang (mengonversi) teks  cerpen  dalam bentuk uraian monolog

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menemukan solusi atas masalah kewirausahaan dengan materi pokok teks cerpen  ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.                           Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks cerpen
3.    Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks cerpen  
4.    Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks cerpen  
5.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks cerpen
6.    Menulis ulang teks cerpen  dalam bentuk uraian monolog

D.        Materi Pembelajaran   
1.       Contoh teks cerpen :
a.     Bebas sesuai
2.       Langkah-langkah mengevaluasi teks cerpen
Membaca/ mengamati cerpen  secara saksama
Memahami struktur dan isi cerpen  
Mengenali bahasa yang digunakan dalam cerpen
Menentukan kelebihan dan kekurangan cerpen

3.       Langkah-langkah mengonversi teks cerpen
Membaca/ mengamati cerpen  secara saksama
Memahami bentuk dan isi cerpen
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan Video cerpen  (lisan, tulis)

G.    Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,  
ü KBBI offline,
ü Internet




H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  
 





































Kegiatan Penutup:

1.         Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.         Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi teks cerpen  yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks cerpen
2.      Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks cerpen  secara bebas
3.      Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
4.      Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks cerpen  yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik evaluasi dan konversi teks cerpen  yang disampaikan guru.
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
6.      Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks cerpen .
7.      Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama kelompoknya.
8.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
9.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks cerpen  dan pemecahannya.
10.  Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah cerpen  ke dalam bentuk lain.
11.  Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi  teks cerpen .
12.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
13.  Peserta didik dipersilakan untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks cerpen  dan hasil konversi teks cerpen  sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
1.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
2.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








130 menit







































30 menit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.   Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

Kisi-kisi penilaian sikap
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

4
1.
Spiritual (Religius)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;




Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis)  (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah evaluasi  cerpen  
Tes tertulis (kuis)
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks cerpen !
2.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi cerpen  
Tes tertulis (kuis)
Isian
3.    Ungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks cerpen !
Jawaban
a.                                                                                                             Langkah-langkah mengevaluasi cerpen :
Membaca/ mengamati cerpen  secara saksama
Memahami struktur dan isi cerpen  
Mengenali bahasa yang digunakan dalam cerpen
Menentukan kelebihan dan kekurangan cerpen
b.                                                                                                             Langkah-langkah mengonversi cerpen :
Membaca/ mengamati cerpen  secara saksama
Memahami bentuk dan isi cerpen
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
   Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
50
Peserta didik menjawab tidak lengkap
30
Peserta didik menjawab salah
  5
Peserta didik tidak menjawab
  0
2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks cerpen  terlampir (tayangan guru) kemudian tulis ulanglah cerpen  tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik Penilaian Keterampilan Konversi Teks cerpen
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa cerpen
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa cerpen ?


2.
Ketepatan pengubahan bentuk teks cerpen
Sudah tepatkah pengubahan (pengonversian) bentuk teks cerpen  tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi cerpen  sesuai kaidah dan EYD?


                  
                  Mengetahui,                                                                                    Wonogiri, 14 Juli 2014
                Kepala sekolah                                  WKS 1                     Guru Mapel Bahasa Indonesia


                Ir. Drs. Dikin, M.Pd.                            Drs. Bob Prabantoro                      Fitri Itut R, S.Pd.
             NIP 195503041981031011       NIP 196309131989031016            NIP 198209292010012016


Lampiran 1 Lembar Pengamatan

PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
TP
K
SR
SL
1.





2.





3.





4.





5.






















































No comments:

Post a Comment