RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok :
Teks cerpen
Tema/ topik :
Menemukan solusi atas masalah kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.3.Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
Indikator
1.3.1.Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.4.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
Indikator
2.4.1.Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam
pembelajaran
3.5. Mengevaluasi
teks cerpen baik melalui lisan maupun
tulisan
Indikator
3.5.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi cerpen
3.5.2.Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks cerpen dengan cermat.
3.5.3.Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks cerpen dengan cermat.
4.5. Mengonversi
teks cerpen ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.5.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi cerpen
4.5.2.Menulis ulang (mengonversi)
teks cerpen dalam
bentuk uraian monolog
C.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menemukan solusi atas masalah
kewirausahaan dengan materi pokok teks cerpen ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi
kelebihan dan kekurangan teks cerpen
3. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks cerpen
4. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks cerpen
5. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks cerpen
6. Menulis
ulang teks cerpen dalam bentuk uraian
monolog
D.
Materi Pembelajaran
1.
Contoh teks cerpen :
a.
Bebas sesuai
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks cerpen
Membaca/
mengamati cerpen secara saksama
Memahami
struktur dan isi cerpen
Mengenali
bahasa yang digunakan dalam cerpen
Menentukan
kelebihan dan kekurangan cerpen
3.
Langkah-langkah mengonversi teks cerpen
Membaca/
mengamati cerpen secara saksama
Memahami
bentuk dan isi cerpen
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
Video cerpen (lisan, tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1. Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi teks cerpen yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan
pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks cerpen
2. Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar)
dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks
cerpen secara bebas
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks cerpen yang telah
diamati yang disesuaikan dengan topik evaluasi dan konversi teks cerpen yang disampaikan guru.
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
6.
Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri)
dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber
untuk memperjelas yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks cerpen .
7.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge
(pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai
topik bersama kelompoknya.
8.
Masing-masing kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok
lain merespon/ menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks cerpen dan pemecahannya.
10. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah cerpen ke dalam bentuk lain.
11. Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi teks cerpen .
12. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
13. Peserta didik dipersilakan untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks cerpen dan hasil konversi teks cerpen sesuai dengan hasil presentasi dan
pembahasan bersama.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah evaluasi cerpen
|
Tes
tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks cerpen !
|
2.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi cerpen
|
Tes
tertulis (kuis)
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks cerpen !
|
Jawaban
a.
Langkah-langkah mengevaluasi cerpen :
Membaca/ mengamati cerpen secara saksama
Memahami struktur dan isi cerpen
Mengenali bahasa yang digunakan
dalam cerpen
Menentukan kelebihan dan kekurangan
cerpen
b.
Langkah-langkah mengonversi cerpen :
Membaca/ mengamati cerpen secara
saksama
Memahami bentuk dan isi cerpen
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks cerpen terlampir
(tayangan guru) kemudian tulis ulanglah cerpen tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks cerpen
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa cerpen
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa cerpen ?
|
|
|
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks cerpen
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks cerpen tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
cerpen sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, 14 Juli 2014
Kepala
sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs.
Bob Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP
196309131989031016 NIP 198209292010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
|||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment