RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok :
Teks Cerpen
Tema/ topik :
Menemukan solusi atas Masalah Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam
mengolah, menalar, dan menyajikan
informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
Indikator
1.3.1.Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.3.
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal
(terorisme)
Indikator
2.3.1.Menunjukkan sikap disiplin dalam melaksanakan pembelajaran
3.3.
Menganalisis teks cerpen baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.3.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks cerpen
3.3.2.Menganalisis
isi teks
cerpen dengan cermat.
3.3.3.Menganalisis bahasa teks cerpen dengan cermat.
4.3. Menyunting teks cerpen sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.3.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks cerpen
4.3.2.Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks cerpen
4.3.3.Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menemukan solusi atas masalah
kewirausahaan dengan materi pokok teks
cerpen ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan santun
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.
Menunjukkan perilaku disiplin
dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menganalisis teks cerpen
4. Menganalisis isi teks cerpen
5. Menganalisis bahasa teks
cerpen
6. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menyunting teks cerpen
7. Menyunting
isi sesuai dengan struktur teks cerpen
8. Menyunting
bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks cerpen
Sulaiman Pergi ke Tanjung
Cina
Hanna Fransisca
Kemilau emas memancar saat
Zhu membentangkan benang emas di sudut
kain pelepai. Sinar perak
jarum di tangannya menyulam satu kehidupan tajam
yang menusuk. Udara Danau
Menjukut berbau bunga kopi, bertiup perlahan
memasuki rongga hati, dan
menghempas dada Zhu pada barisan awan di langit
menuju ke arah laut, ke
arah pantai, ke arah teluk Tanjung Cina. Di sanalah
Sulaiman, lelaki yang telah
menebas separuh umurnya, telah terkubur dan pergi.
“Sulaiman. Sulaiman. Itulah
Zhu, dan aku bicara padamu!”
Bukit Barisan Selatan yang
memanjang bergelombang seperti hidup, karangkarang
yang menjorok runcing dan
tegak menuju ke arah perih laut Hindia, dari
Krui hingga Pulau Betuah.
Dan bunga-bunga kopi, dan pucuk-pucuk damar,
dan awan awan biru—semua
jelmaan tanah Tuhan ini, semata tercipta untuk
kesetiaan cinta pada
Sulaiman.
Kegembiraan separuh umur,
dan kesedihan pada ujung hidupnya, menciptakan
runcing jari-jari Zhu
pandai menari. Menari dan bernyanyi di atas hamparan kain
sulaman. Menyerut seluruh
jiwa yang sedih, yang gembira, yang mabuk, dan putus
asa. Lautan asmara,
nyanyian cinta, kerinduan perih, dan pujian kepada tanah
tempat lelakinya terkubur.
Ia menyeru di atas sehelai kain pelepai, menggambar
pola-pola yang rumit, dan
membayangkan seluruh dirinya masuk. Menjadi naga
yang menggerakkan seluruh
gelombang tanah, bukit, gunung-gunung, menjadi
liukan benang-benang emas
dan rajutan benang-benang perak yang berkelit dan berkelindan dalam gulungan
warna aroma ombak, hijau daun, putih awan… .
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X
SMA/SMK/MA/MAK (Diadaptasi dari http://politik.kompasiana.com/2009/11/30/cerpen-peradilan-20551.html)
2.
Langkah-langkah
menganalisis teks cerpen
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
3.
Langkah-langkah
menyunting teks cerpen
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks cerpen (tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1. Pengetahuan
dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks cerpen
yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks
cerpen
2. Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar)
dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks
cerpen pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 28
“Sulaiman pergi ke Tanjung
Cina” yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks cerpen yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik
analisis dan penyuntingan teks cerpen yang disampaikan guru dikaitkan dengan
materi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas XI SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
6.
Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri)
dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber
untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks cerpen.
7.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge
(pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai
topik bersama kelompoknya.
8.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks cerpen dan pemecahannya.
10. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk menyunting sebuah cerpen dengan tema tertentu.
11. Peserta didik bersama guru membahas hasil penyuntingan teks cerpen.
12. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
13. Peserta didik dipersilakan untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai analisis teks cerpen dan hasil penyuntingan teks cerpen sesuai dengan hasil
presentasi dan pembahasan bersama.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Disiplin
|
Kisi-kisi
penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
||||
2.
|
Disiplin
|
Menunjukkan perilaku disiplin
dalam pembelajaran
a. Datang tepat waktu
b.
Patuh pada tata
tertib atau aturan bersama/ sekolah
c.
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan
d.
Mengikuti kaidah
berbahasa tulis yang baik dan benar
e.
Memakai
seragam sesuai ketentuan
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (Kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks cerpen
|
Tes
tertulis (Kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam menganalisis teks cerpen!
|
|
Tes
tertulis (Kuis)
|
Isian
|
2.Ungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks cerpen
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
menganalisis teks cerpen
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
- Langkah-langkah menyunting teks cerpen:
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks cerpen terlampir
kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menyunting Teks cerpen
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks cerpen
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks cerpen?
|
||
2.
|
Ketepatan penyuntingan bahasa dan
isi teks cerpen
|
Sudah tepatkah penyuntingan bahasa dan isi teks cerpen tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting
teks cerpen sesuai
kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, 14 Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel
Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Disiplin
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
No comments:
Post a Comment