RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XI/2
Materi Pokok : Teks Eksplanasi
Tema/ topik : Menjelaskan
Sebab dan Akibat Peristiwa Alam dan Sosial
Jumlah Pertemuan : 1 X pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan film/drama
Indikator
1.2.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan
proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
Indikator
2.2.1.
Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
|
3.2. Membandingkan teks eksplanasi baik
melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks
eksplanasi
3.2.2.
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks eksplanasi dengan cermat.
4.2. Memproduksi
teks eksplanasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks eksplanasi
4.2.2.
Memproduksi teks eksplanasi yang
koheren
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menjelaskan sebab akibat peristiwa
alam dan sosial dengan materi pokok teks eksplanasi
ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku peduli dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks eksplanasi
4.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks eksplanasi
5.
Mengungkapkan langkah-langkah memproduksi teks
eksplanasi
6.
Memproduksi teks eksplanasi yang
koheren
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks eksplanasi
- Tulis
Gempa Bumi
1
Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi karena pergerakan lapisan
batu bumi yang berasal dari dasar atau bawah permukaan bumi. Peristiwa alam itu
sering terjadi di daerah yang berada dekat dengan gunung berapi dan juga di
daerah yang dikelilingi lautan luas.
2
Gempa bumi terjadi karena pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang
dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu
hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran
gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan
bangunan dan menimbulkan korban jiwa.
3
Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkan menjadi dua,
yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik tejadi karena lapisan
kerak bumi menjadi genting atau lunak sehingga mengalami pergerakan. Teori
“Tektonik Plate” berisi penjelasan bahwa bumi kita ini terdiri atas beberapa
lapisan batuan. Sebagian besar daerah lapisan kerak ini akan hanyut dan
mengapung di lapisan, seperti halnya salju. Lapisan ini bergerak sangat
perlahan sehingga terpecah-pecah dan bertabrakan satu dengan yang lainnya.
Itulah sebabnya mengapa gempa bumi terjadi. Sementara itu, gempa bumi vulkanik
terjadi karena adanya letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Gempa vulkanik
ini lebih jarang terjadi jika dibandingkan dengan gempa tektonik.
4
Gempa dapat terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meskipun demikian,
konsentrasi gempa cenderung terjadi di tempat-tempat tertentu saja, seperti
pada batas Plat Pasifik. Tempat ini dikenal dengan lingkaran api karena
banyaknya gunung berapi.
Diolah dari sumber Ilmu
Pengetahuan Populer Untuk Anak (2007), karya Hotimah dan M. Hariwijaya
Buku pegangan siswa
bahasa Indonesia kelas VII SMP/
b. Lisan
Eksplanasi https://www.youtube.com/watch?v=np87BS7pC5I
2.
Langkah-langkah
membandingkan teks eksplanasi
Membaca/
mengamati dua teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah
memproduksi teks eksplanasi
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks eksplanasi (lisan maupun tulis)
G.
Sumber
Belajar
ΓΌ
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ΓΌ
KBBI offline,
ΓΌ
Internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama (
bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks eksplanasi yang
beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksplanasi
2.
Peserta didik diberikan
basic
concept (konsep dasar) dengan cara mengamati
serta membaca referensi contoh teks eksplanasi “Gempa bumi” dan
teks eksplanasi lisan https://www.youtube.com/watch?v=np87BS7pC5I
yang sesuai dengan
fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan
teks eksplanasi yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan
dan produksi teks eksplanasi yang disampaikan guru.
5.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan
ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
6.
Peserta didik
dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri)
dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber
untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks eksplanasi.
7.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
8.
Perwakilan dari kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi
kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi
dengan santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik
pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan
perbandingan dan produksi teks eksplanasi dan pemecahannya.
10.
Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek
keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah eksplanasi
dengan tema tertentu.
11.
Peserta didik bersama guru membahas hasil
produksi teks eksplanasi.
12.
Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat
sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
13.
Peserta didik
diarahkan untuk
menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks
eksplanasi dan hasil produksi teks eksplanasi sesuai dengan hasil
presentasi dan pembahasan bersama.
1.
Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
3.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Peduli
|
Kisi-kisi
penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
||||
2.
|
Peduli
|
Menunjukkan sikap peduli dalam mengerjakan tugas
secara kelompok
a. Membantu bila ada teman yang kesulitan
b.
Membantu
bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.
Membuang
sampah yang ada di kelas
d.
Memperhatikan
presentasi teman dengan saksama
e.
Menjenguk
teman yang sakit
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks
eksplanasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam membandingkan teks eksplanasi!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
2.Ungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks eksplanasi!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks eksplanasi:
Membaca/ mengamati dua teks secara
saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks eksplanasi
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
dan 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks eksplanasi yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks eksplanasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks eksplanasi
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks eksplanasi?
|
||
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks eksplanasi
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks eksplanasi?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks eksplanasi sesuai
kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri, 14
Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Disiplin
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
No comments:
Post a Comment