RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok :
Teks Pantun
Tema/ topik : Menambah Cita Rasa Bahasa
melalui Seni Berpantun
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
Indikator
1.1.1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.1
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri,
imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
Indikator
2.1.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
|
3.1. Memahami
struktur dan kaidah teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.1.1.Mengungkapkan kembali struktur teks pantun
3.1.2.Mengungkapkan kembali kaidah teks pantun
4.1. Menginterpretasi makna teks pantun baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.1.1.Menginterpretasi makna teks pantun
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menambah cita rasa bahasa melalui
seni berpantun dengan materi pokok teks pantun ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan aktif dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali struktur teks pantun
4.
Mengungkapkan kembali kaidah teks
pantun
5.
Menginterpretasi makna teks pantun
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks pantun
a. Tulis
Rasa Sayange
Rasa sayange rasa sayang
sayange,
eeee lihat Ambon dari
jauh rasa sayang sayange.
Rasa sayange rasa sayang
sayange,
eeee lihat Ambon dari
jauh rasa sayang sayange.
Ayam hitam telurnya putih,
mencari makan di pinggir
kali.
Orang hitam giginya putih,
Kalau tertawa manis sekali.
Pulau Pandan jauh di
tengah,
di balik pulau si angsa
dua.
Hancur badan di kandung
tanah,
budi baik dikenang jua.
Kalau ada sumur di ladang,
boleh kita menumpang mandi.
Kalau ada umur yang
panjang,
boleh kita berjumpa lagi.
Buku pegangan siswa
bahasa Indonesia kelas XI SMA/SMK/MA/MAK hal. 67
b. Lisan
Pantun (you tube)
https://www.youtube.com/watch?v=3hQg8_yxjjQ
2. Struktur dan kaidah teks pantun
Struktur:
dua baris pertama disebut sampiran
dan dua baris terakhir disebut isi. Sampiran,
yang biasanya berupa sketsa
alam/suasana (mencirikan mayarakat pendukungnya),
berfungsi sebagai pengantar
(paling tidak menyiapkan rima/sajak dan irama dua baris
terakhir)
untuk mempermudah pemahaman isi pantun.
Kaidah:
Menggunakan
kata yang indah
Terkadang
bermakna konotatif
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks pantun (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks pantun yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks pantun
2.
Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan
cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks pantun “Rasa sayange” Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 dan
pantun lisan Pantun (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=3hQg8_yxjjQ
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar pantun yang
dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
5.
Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) dengan
cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks pantun serta interpretasi makna
teks pantun untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh pantunlain sebagai bahan
untuk dieksplorasi.
7.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
struktur dan kaidah teks pantun serta interpretasi makna teks pantun.
8.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks pantunyang
ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan
data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu
kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
9.
Masing-masing kelompok secara bergiliran
mempresentasikan
rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan
cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
10. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai struktur dan kaidah teks pantun, serta interpretasi makna
teks pantun
11.
Peserta didik
dipersilakan untuk
menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai struktur dan kaidah teks pantun
serta hasil interpretasi makna teks pantun.
1.
Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
3.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.Pengamatan (sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Kisi-kisi penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
||||
2.
|
Tanggung
jawab
|
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan
diskusi
a. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.
Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
c.
tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.
Mengakui dan meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
e.
Tidak menyalahkan
orang lain utk kesalahan tindakan kita
sendiri
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan
kembali struktur isi teks pantun
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
Ungkapkan kembali struktur isi teks
pantun!
|
2.Mengungkapkan
kembali kaidah bahasa teks pantun
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
Ungkapkan kembali kaidah bahasa teks pantun!
|
Jawaban
1.
Struktur:
dua baris pertama disebut sampiran
dan dua baris terakhir disebut isi. Sampiran,
yang biasanya berupa sketsa
alam/suasana (mencirikan mayarakat pendukungnya),
berfungsi sebagai pengantar
(paling tidak menyiapkan rima/sajak dan irama dua baris
terakhir) untuk mempermudah
pemahaman isi pantun.
2. Kaidah:
Menggunakan kata yang indah
Terkadang bermakna
konotatif
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
20
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks pantun terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks pantun
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
pantun
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks pantun?
|
||
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks pantun sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, 14 Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Tanggung jawab
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
No comments:
Post a Comment