RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK .......................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok :
Teks cerpen
Tema/ topik : menemukan solusi atas masalah kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
4 X pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
3.5. Mengevaluasi
teks cerpen baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengevaluasi cerpen
·
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks cerpen
dengan cermat.
·
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
cerpen dengan cermat.
4.5.
Mengonversi teks cerpen ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengonversi cerpen
·
Menulis
ulang (mengonversi) teks cerpen dalam bentuk uraian monolog
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menemukan solusi atas masalah kewirausahaan dengan materi pokok teks cerpen ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks cerpen
2. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks cerpen
3. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks cerpen
4. Memahami
langkah-langkah mengonversi teks cerpen
5. Menulis
ulang teks cerpen dalam bentuk uraian monolog
D.
Materi Pembelajaran
1.
Contoh teks cerpen:
a.
Lisan
b.
Tulisan
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks cerpen
3.
Langkah-langkah mengonversi teks cerpen
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
Video cerpen (lisan), cerpen (tulisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang cerpen yang beredar di masyarakat dipancing oleh
guru dengan memperlihatkan contoh cerpen
2.
Peserta didik mengamati contoh cerpen yang ditayangkan guru serta
membaca contoh cerpen pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri
dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi cerpen
dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar cerpen mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali cerpen
yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan cerpen-cerpen tersebut untuk
mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai evaluasi cerpen yang berisi permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan evaluasi cerpen,
siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai evaluasi teks
cerpen mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai evaluasi teks
cerpen mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan
ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam mengevaluasi teks cerpen
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang cerpen yang beredar di masyarakat dipancing oleh
guru dengan memperlihatkan contoh cerpen
2.
Peserta didik mengamati contoh cerpen yang ditayangkan guru serta
membaca contoh cerpen pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri
dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi cerpen
dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar cerpen mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali cerpen
yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan santun
peserta didik mendiskusikan cerpen-cerpen tersebut
untuk mengonversi ke dalam bentuk lain.
10.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengonversi teks cerpen sebelum
mempresentasikan hasil konversi pada pertemuan berikutnya kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi dan langkah-langkahnya
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan konversi cerpen,
siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai evaluasi teks
cerpen mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks
cerpen mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan
ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik memajang
hasil konversi teks cerpen yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati hasil konversi milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang konversi cerpen kelompok
lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar konversi cerpen mengenai permasalahan sosial,
lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai hasil konversi cerpen
kelompok lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
konversi cerpen kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7. Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8. Seluruh kelompok
mendiskusikan hasil konversi terbaik di kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi cerpen yang berisi permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan konversi cerpen,
siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai konversi teks
cerpen mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks
cerpen mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan
ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik mengamati
teks cerpen yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar evaluasi dan konversi cerpen mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
3.
Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar evaluasi dan konversi
teks cerpen
4.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai evaluasi dan konversi teks cerpen mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
5.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks
cerpen mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan
kebijakan publik.
1.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
2.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Imajinatif
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
6.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
a.
Memahami
langkah-langkah evaluasi cerpen
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks cerpen!
|
b.
Memahami langkah-langkah mengonversi cerpen
|
Tes tertulis
|
Isian
|
2. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah mengonversi teks cerpen!
|
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks cerpen terlampir kemudian tulis ulanglah cerpen tersebut ke
dalam bentuk teks monolog!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks cerpen
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa cerpen
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa cerpen?
|
||
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks cerpen
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks cerpen tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
cerpen sesuai kaidah dan EYD?
|