RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: SMA/ SMK.............
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok
: Teks Cerpen
Tema/ topik : menemukan solusi atas masalah kewirausahaan
Jumlah Pertemuan
: 4 X pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
3.4. Mengidentifikasi teks cerpen baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengidentifikasi teks
cerpen
·
Mengidentifikasi
karakteristik teks cerpen dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks cerpen baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengabstraksi teks cerpen
·
Mengabstraksi teks
cerpen
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menemukan solusi atas masalah kewirausahaan dengan materi pokok teks cerpen ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
mengidentifikasi teks cerpen
2. Mengidentifikasi karakteristik teks cerpen
3.
Memahami langkah-langkah mengabstraksi teks
cerpen
4.
Mengabstraksi teks cerpen
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks cerpen
2.
Langkah-langkah mengidentifikasi teks cerpen
3. Langkah-langkah
mengabstraksi teks cerpen
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks cerpen (lisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang
beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks cerpen
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks cerpen pada buku pegangan siswa bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi
identifikasi teks cerpen dari sumber belajar lain yang
relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks cerpen
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerpen yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks cerpen tersebut untuk
mengidentifikasi karakteristik teks cerpen.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai identifikasi teks cerpen
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan identifikasi
teks cerpen,
siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai identifikasi teks cerpen.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai identifikasi teks cerpen
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam mengidentifikasi teks cerpen
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks cerpen yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks cerpen
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
cerpen yang ditayangkan guru serta membaca
contoh lain pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi abstraksi
teks cerpen dari sumber belajar lain yang
relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks cerpen
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerpen yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks cerpen tersebut untuk
mengabstraksi.
10.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengabstraksi teks cerpen sebelum
mempresentasikan hasil abstraksi pada pertemuan berikutnya kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai abstraksi dan langkah-langkahnya
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan abstraksi teks cerpen, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai abstraksi teks cerpen.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai abstraksi teks cerpen.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik memajang hasil abstraksi
teks cerpen yang
telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati hasil abstraksi milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang abstraksi teks cerpen kelompok lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar abstraksi teks cerpen yang dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai hasil abstraksi teks
cerpen kelompok
lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
abstraksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil abstraksi terbaik di
kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai abstraksi teks cerpen
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan abstraksi teks cerpen, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai abstraksi teks cerpen
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai abstraksi teks cerpen
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks cerpen yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar identifikasi dan abstraksi teks cerpen
3.
Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar teks cerpen
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai identifikasi dan abstraksi teks cerpen
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai abstraksi teks cerpen
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4. Guru mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
21
enit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Imajinatif
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami langkah-langkah identifikasi teks cerpen
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam mengidentifikasi teks cerpen!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah mengabstraksi teks cerpen!
|
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks cerpen terlampir
kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks cerpen
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks cerpen
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks cerpen?
|
||
2.
|
Ketepatan abstraksi teks cerpen
|
Sudah tepatkah abstraksi teks cerpen tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks cerpen
sesuai kaidah dan EYD?
|