RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Prosedur Kompleks
Tema/ topik :
Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan : 4 X pertemuan :
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 3.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi..
2.
3. Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.2.
Membandingkan teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah membandingkan teks
prosedur kompleks
·
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan
cermat.
4.2. Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
·
Memahami langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
·
Memproduksi teks prosedur kompleks yang
koheren
C.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan
materi pokok teks prosedur kompleks ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
membandingkan teks prosedur kompleks
2. Membandingkan struktur isi dan
bahasa teks prosedur
kompleks
3. Memahami
langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
4.
Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks prosedur kompleks
2.
Langkah-langkah membandingkan teks prosedur kompleks
3. Langkah-langkah memproduksi
teks prosedur kompleks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks prosedur kompleks (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks prosedur kompleks yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks prosedur kompleks
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks prosedur
kompleks pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi membandingkan
teks prosedur kompleks dari sumber
belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar membandingkan teks prosedur kompleks
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks prosedur kompleks yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan dua buah teks prosedur kompleks tersebut untuk membandingkan isi dan bahasa
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai perbandingan teks prosedur kompleks
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan perbandingan
teks prosedur
kompleks, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai perbandingan teks prosedur
kompleks.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks prosedur
kompleks
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam membandingkan teks prosedur
kompleks
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks prosedur
kompleks
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
4.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
5.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks prosedur kompleks yang ditayangkan guru
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks prosedur kompleks tersebut untuk kemudian memproduksi teks baru
7.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks sebelum mempresentasikan hasil produksi pada pertemuan
berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks dan langkah-langkahnya
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks prosedur kompleks, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai produksi teks prosedur
kompleks.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks prosedur
kompleks.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik memajang hasil produksi teks prosedur kompleks
yang telah
dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati teks hasil produksi milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang hasil produksi teks prosedur kompleks kelompok lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar memproduksi teks prosedur kompleks yang
dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai hasil produksi teks
prosedur
kompleks kelompok lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
produksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil produksi teks terbaik
di kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks prosedur kompleks.
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks prosedur kompleks, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai memproduksi teks prosedur kompleks.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks prosedur
kompleks.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks prosedur
kompleks yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar membandingkan dan memproduksi teks prosedur kompleks.
3.
Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar membandingkan dan
memproduksi teks prosedur kompleks
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai membandingkan dan memproduksi teks prosedur kompleks.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks
prosedur
kompleks.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
Guru mengakhiri
kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami langkah-langkah membandingkan teks prosedur kompleks
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam membandingkan teks prosedur kompleks!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks prosedur
kompleks:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks:
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
langkah kerja secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks prosedur kompleks yang koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks prosedur kompleks
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks prosedur kompleks
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks prosedur
kompleks?
|
||
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks prosedur
kompleks sesuai kaidah dan EYD?
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung
jawab, jujur, dan disiplin
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
|||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||