RPP BAHASA INDONESIA SMA/ SMK KURIKULUM 2013 BAB PROSES MENJADI WARGA YANG BAIK (KD 3.2. dan 4.2. )

                                   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                        (RPP)

Satuan Pendidikan        : 
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : X/2
Materi Pokok               : Teks Prosedur Kompleks
Tema/ topik                 : Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                       :
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi..
2.             3. Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
3.2. Membandingkan teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
·      Memahami langkah-langkah membandingkan teks prosedur kompleks
·      Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.
4.2. Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan
·      Memahami langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
·      Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan materi pokok teks prosedur kompleks ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Memahami  langkah-langkah membandingkan teks prosedur kompleks
2.    Membandingkan struktur  isi dan bahasa teks prosedur kompleks
3.    Memahami langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
4.                            Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks prosedur kompleks
2.      Langkah-langkah membandingkan teks prosedur kompleks
3.      Langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks prosedur kompleks (lisan maupun tulis)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  








































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks prosedur kompleks yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks prosedur kompleks
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks prosedur kompleks pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi membandingkan teks prosedur kompleks dari sumber belajar lain yang relevan

4.      Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar membandingkan teks prosedur kompleks
5.      Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.      Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.      Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks prosedur kompleks yang ditayangkan guru
9.      Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan dua buah teks prosedur kompleks tersebut untuk membandingkan isi dan bahasa
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.                                      Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai perbandingan teks prosedur kompleks
13.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  perbandingan teks prosedur kompleks, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.     Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai perbandingan teks prosedur kompleks.
2.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan teks prosedur kompleks
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit








































20 menit




Pertemuan ke-2:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan









Kegiatan Inti  :
  
































Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar kesulitan dalam membandingkan teks prosedur kompleks
4.             Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.


1.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar teks prosedur kompleks
2.             Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.             Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
4.             Siswa dibagi menjadi empat kelompok
5.             Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks prosedur kompleks yang ditayangkan guru
6.             Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks prosedur kompleks tersebut untuk kemudian memproduksi teks baru
7.             Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks sebelum mempresentasikan hasil produksi pada pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.             Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
9.             Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks dan langkah-langkahnya
10.         Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  memproduksi teks prosedur kompleks, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.         Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai produksi teks prosedur kompleks.
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai memproduksi teks prosedur kompleks.
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit









60 menit

































20 menit
Pertemuan ke-3:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  
























Kegiatan Penutup:

1.         Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.         Peserta didik memajang hasil produksi teks prosedur kompleks yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.         Peserta didik mengamati teks hasil produksi milik kelompok lain.
3.         Peserta didik mencatat hasil amatan tentang hasil produksi teks prosedur kompleks kelompok lain
4.         Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar memproduksi teks prosedur kompleks yang dibuat kelompok lain
5.         Peserta didik saling menilai hasil produksi teks prosedur kompleks kelompok lain
6.         Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil produksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8.         Seluruh kelompok mendiskusikan hasil produksi teks terbaik di kelas tersebut
9.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks prosedur kompleks.
10.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  memproduksi teks prosedur kompleks, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai memproduksi teks prosedur kompleks.
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai memproduksi teks prosedur kompleks.
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit

























20 menit
Pertemuan ke-4:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan






Kegiatan Inti  :
  







Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Peserta didik mengamati teks prosedur kompleks yang  ditayangkan guru.
2.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar membandingkan dan memproduksi  teks prosedur kompleks.
3.             Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar membandingkan dan memproduksi teks prosedur kompleks

1.             Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai membandingkan dan memproduksi teks prosedur kompleks.
2.             Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai memproduksi  teks prosedur kompleks.
3.             Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit






60 menit










I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung Jawab
3.
Jujur
4.
Disiplin
2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Memahami langkah-langkah membandingkan teks prosedur kompleks
Tes tertulis
Isian
1.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam membandingkan teks prosedur kompleks!
  1. Memahami langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
Tes tertulis
Isian
3.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks!
Jawaban
1.    Langkah-langkah membandingkan teks prosedur kompleks:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis perbedaan struktur isi dan bahasa
    1. Langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks:
Menetapkan tema teks
Menetapkan tujuan teks
Menuliskan langkah kerja secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5

Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah teks prosedur kompleks yang koheren!
Rubrik Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks prosedur kompleks
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemilihan tema (topik) sesuai struktur isi teks prosedur kompleks
Sudah tepatkah pemilihan tema (topik)  teks sesuai struktur  isi teks prosedur kompleks?


2.
Ketepatan penulisan sesuai struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
Sudah tepatkah penulisan teks sesuai struktur  isi dan bahasa teks prosedur kompleks?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menulis teks prosedur kompleks sesuai kaidah dan EYD?




     
    





Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, jujur, dan disiplin
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
Jujur
Disiplin

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.