RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Tema/ topik : Budaya Berpendapat dalam
Forum Ekonomi dan Politik
Jumlah Pertemuan : 4 X pertemuan :
Alokasi Waktu
: 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.5. Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan
bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan
kebijakan publik.
3.2. Membandingkan teks eksposisi baik
melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah membandingkan teks
eksposisi
·
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
4.2. Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
·
Memahami langkah-langkah memproduksi teks eksposisi
·
Memproduksi teks eksposisi yang koheren
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Budaya Berpendapat dalam Forum
Ekonomi dan Politik dengan materi pokok teks
eksposisi ini siswa terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
membandingkan teks eksposisi
2.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks eksposisi
3.
Memahami langkah-langkah memproduksi teks
eksposisi
4.
Memproduksi teks eksposisi yang
koheren
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks eksposisi
2. Langkah-langkah membandingkan
teks eksposisi
3. Langkah-langkah memproduksi
teks eksposisi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks negosiasi (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks eksposisi yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksposisi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks eksposisi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri
dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi membandingkan
teks eksposisi dari sumber belajar lain yang
relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar membandingkan teks eksposisi
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks eksposisi yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan dua buah teks eksposisi tersebut untuk membandingkan
isi dan bahasa
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai perbandingan teks eksposisi
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan perbandingan
teks negosiasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai perbandingan teks eksposisi.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks eksposisi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam membandingkan teks eksposisi
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks eksposisi
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
4.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
5.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks eksposisi yang ditayangkan guru
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks eksposisi tersebut untuk kemudian memproduksi teks baru
7.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah memproduksi teks eksposisi sebelum mempresentasikan hasil produksi pada
pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks dan langkah-langkahnya
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks eksposisi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai produksi teks eksposisi
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks eksposisi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik memajang hasil produksi teks eksposisi
yang telah
dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati teks hasil produksi milik kelompok lain.
4.
Peserta
didik mencatat hasil amatan tentang hasil produksi teks eksposisi kelompok lain
5.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar memproduksi teks eksposisi yang dibuat kelompok lain
6.
Peserta didik saling menilai hasil produksi teks
eksposisi kelompok
lain
7.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
produksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
9.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil produksi teks terbaik
di kelas tersebut
10.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks eksposisi
11.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan memproduksi teks eksposisi, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai memproduksi teks eksposisi
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks eksposisi.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks eksposisi
yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas
seputar membandingkan dan memproduksi teks eksposisi
Peserta didik mengikuti
ulangan harian seputar membandingkan dan memproduksi teks eksposisi
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai membandingkan dan memproduksi teks eksposisi
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai memproduksi teks
eksposisi
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
21
e
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Santun
|
||||
5.
|
Tanggung
jawab
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami langkah-langkah membandingkan teks eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam membandingkan teks eksposisi!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah memproduksi teks eksposisi
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks eksposisi:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks eksposisi:
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
paparan informasi secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks eksposisi yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks eksposisi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks eksposisi
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks eksposisi?
|
||
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks eksposisi
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks eksposisi?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks eksposisi sesuai
kaidah dan EYD?
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Peduli
|
Santun
|
Tanggung jawab
|
||||||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||||||
1.
|
||||||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||||||