RPP BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/ SMK KURIKULUM 2013 BAB SENI BERNEGOSIASI DALAM KEWIRAUSAHAAN KD 3.5. DAN 4.5.)

                              RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                                             (RPP)

Satuan Pendidikan         :
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/2
Materi Pokok               : Teks Negosiasi
Tema/ topik                 : Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                       :
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi..
2.             4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
  3.5. Mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengevaluasi teks negosiasi
·      Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan cermat.
·      Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan cermat.
4.5.   Mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengonversi teks negosiasi
·   Menulis ulang (mengonversi) teks negosiasi dalam bentuk lain




C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan dengan materi pokok teks negosiasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Memahami  langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks negosiasi  
2.    Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks negosiasi
3.    Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks negosiasi
4.    Memahami langkah-langkah mengonversi teks negosiasi
5.                            Menulis ulang teks negosiasi dalam bentuk lain

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks negosiasi
2.      Langkah-langkah mengevaluasi teks negosiasi
3.      Langkah-langkah mengonversi teks negosiasi

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks negosiasi (lisan)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  






































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks negosiasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi teks negosiasi dari sumber belajar lain yang relevan

4.      Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar teks negosiasi
5.      Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.      Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.      Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks negosiasi yang ditayangkan guru
9.      Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks negosiasi tersebut untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
11.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai evaluasi teks negosiasi
12.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  evaluasi teks negosiasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
13.     Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks negosiasi.
2.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks negosiasi
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit






































20 menit
Pertemuan ke-2:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  










































Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar kesulitan dalam mengevaluasi teks negosiasi
4.             Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.             Peserta didik mengamati contoh teks negosiasi yang ditayangkan guru serta membaca contoh lain pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.           Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi teks negosiasi dari sumber belajar lain yang relevan
4.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar teks negosiasi
5.             Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.             Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.                       Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.             Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks negosiasi yang ditayangkan guru
9.             Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks negosiasi tersebut untuk mengonversi ke dalam bentuk lain.
10.         Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengonversi teks negosiasi sebelum mempresentasikan hasil konversi pada pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi teks dan langkah-langkahnya
13.         Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi teks negosiasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.         Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks negosiasi.
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks negosiasi.
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.         Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit











































20 menit
Pertemuan ke-3:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  



























Kegiatan Penutup:

1.         Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.         Peserta didik memajang hasil konversi teks negosiasi yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.         Peserta didik mengamati hasil konversi milik kelompok lain.
3.         Peserta didik mencatat hasil amatan tentang konversi teks negosiasi kelompok lain
4.         Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar konversi teks negosiasi yang dibuat kelompok lain
5.          Peserta didik saling menilai hasil konversi teks negosiasi kelompok lain
6.         Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil konversi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8.         Seluruh kelompok mendiskusikan hasil konversi terbaik di kelas tersebut
9.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi teks negosiasi
10.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi teks negosiasi, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.     Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai konversi teks negosiasi.
1.         Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks negosiasi.
2.         Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
12.     Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit







60 menit




























20 menit
Pertemuan ke-4:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan






Kegiatan Inti  :
  











Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Peserta didik mengamati teks negosiasi yang  ditayangkan guru.
2.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar evaluasi dan konversi teks negosiasi
3.             Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar evaluasi dan konversi teks negosiasi
4.             Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi dan konversi teks negosiasi.
5.             Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks negosiasi.
1.             Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit






60 menit












20 menit


21     
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Peduli
5.
Santun




2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Memahami langkah-langkah evaluasi  teks negosiasi
Tes tertulis
Isian
1.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks negosiasi!
  1. Memahami langkah-langkah mengonversi teks negosiasi
Tes tertulis
Isian
3.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah mengonversi teks negosiasi!
Jawaban
1.    Langkah-langkah mengevaluasi teks negosiasi:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks
    1. Langkah-langkah mengonversi teks negosiasi:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan




Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5
Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5


2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami dua buah teks negosiasi terlampir kemudian tulis ulanglah negosiasi tersebut!
Rubrik Penilaian Keterampilan Konversi Teks negosiasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa dua teks negosiasi
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks negosiasi?


2.
Ketepatan pengubahan bentuk teks negosiasi
Sudah tepatkah pengubahan (pengonversian) bentuk teks negosiasi tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi teks prosedur negosiasi sesuai kaidah dan EYD?




     
     
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran                           : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur, disiplin, peduli, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Peduli
Santun



BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK

1.






















2.






















3.






















4.






















5.