Sistematika Laporan Secara Umum

Sistematika Laporan Secara Umum


Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, bahwa pada dasarnya setiap sistematika
laporan itu memiliki 3 bagian utama dan di antara 3 bagian utama itu ada bagian-bagian lagi
yang dinamakan subbagian. Berikut adalah sub-sub bagian yang pasti ada di setiap jenis
laporan.
Judul
Dalam lembar judul, didalamnya mencakup judul laporan, yang telah menulis/membuat
laporan, dan tanggal saat laporan tersebut ditulis/disampaikan.
Kata Pengantar
Dalam lembar kata pengantar, didalamnya berisi ucapan terima kasih kepada orangorang
atau organisasi yang telah membantu pelaksanaan kegiatan yang sedang dilaporkan.
Daftar Isi
Seperti dalam sebuah buku, dalam laporan juga harus menyertakan daftar isi. Hal ini
dimaksudkan adalah agar mempermudah pengguna dalam mencari hal-hal yang dibutuhkan.
Abstrak/ringkasan
Abstrak adalah bagian yang paling penting dari laporan dan juga (mungkin) satu-satunya
bagian yang dibaca secara rinci oleh pengguna laporan. Karenanya, abstrak harus hati-hati
ditulis dan harus berisi gambaran lengkap dari pesan dalam laporan tersebut, dengan
ringkasan yang jelas tentang rekomendasi yang akan diberikan.Ruang Lingkup dan Tujuan
Bagian ini harus mendefinisikan ruang lingkup dan keterbatasan penyelidikan dan
tujuan-tujuan khusus yang ingin dicapai.
Metodologi
Bagian ini menjelaskan bagaimana menyelidiki daerah tersebut. Bagaimana
mengumpulkan informasi, dari mana dan berapa banyak (misalnya jika menggunakan survei,
bagaimana survei dilakukan, bagaimana memutuskan pada kelompok sasaran, berapa banyak
yang disurvei, bagaimana mereka disurvei -? Oleh wawancara atau kuesioner)
Pendahuluan/Latar Belakang
Hal ini akan membantu untuk menyempurnakan pembaca ke dalam latar belakang
laporan Anda. Berisi secara detail mengenai latar belakang laporan-tapi ingat untuk tetap
relevan, faktual dan singkat.
Analisa/Pembahasan
Ini adalah tubuh utama laporan, di mana ide-ide dikembangkan. Pastikan bahwa yang
dikembangkan terstruktur, judul yang jelas, dan bahwa pembaca/pengguna dapat
menemukan informasi dengan mudah. Sifat bagian ini akan tergantung pada ruang lingkup
laporan. Bagian harus berurusan dengan topik utama yang dibahas - harus ada urutan logis,
bergerak dari deskriptif ke analitis. Selain itu, harus berisi informasi yang cukup untuk
membenarkan kesimpulan dan rekomendasi yang mengikuti. Pemilihan informasi yang tepat
sangat penting di sini: jika informasi penting untuk membantu memahami, maka harus
dimasukkan; informasi yang tidak relevan harus dihilangkan.
Kesimpulan
Kesimpulan diambil dari analisis di bagian sebelumnya dan harus jelas dan ringkas.
Mereka juga harus berkaitan dengan kajian teoritis yang menjadi acuan. Pada tahap ini, tidak
ada informasi baru dapat dimasukkan.
Rekomendasi
Pastikan bahwa yang disoroti adalah apa yang pembaca/pengguna ingin tahu dan apa
yang harus mereka lakukan sebagai hasil dari membaca laporan, karena tujuan mereka
membaca laporan BUKAN untuk menggali informasi. Jadi usahakan, jangan menggunakan kata
“disarankan”. Seperti Kesimpulan, rekomendasi-rekomendasi harus jelas berasal dari tubuh
utama laporan dan informasi baru juga harus disertakan.
Daftar Pustaka
Daftar Pustaka berisi materi tambahan yang tidak secara khusus disebut, namun yang
pembaca mungkin ingin untuk menindaklanjuti.
Apendiks
Gunakan ini untuk memberikan informasi lebih rinci yang pembaca/pengguna mungkin
perlu untuk referensi. Lampiran harus relevan dan harus diberi nomor sehingga mereka bisa
disebut dalam tubuh utama.
Glossari
Glossari dibutuhkan jika di dalam laporan ada kata-kata baru yang sekiranya belum
dimengerti oleh pembaca/pengguna.




No comments:

Post a Comment