Tugas 4 Memahami Pendidikan Karakter melalui Puisi


Tahukah kamu bahwa sastra selain berisi keindahan terdapat juga berbagai nilai yang dapat diterapkan dalam perilaku sehari-hari? Untuk mengetahui nilai itu, kamu bahas bersama-sama puisi yang berjudul “Dengan Puisi Aku” karya Taufiq Ismail. Agar kamu dapat memahami puisi itu dengan baik, kerjakan beberapa tugas berikut ini!
Dengan Puisi Aku
Dengan puisi aku bernyanyi
Sampai senja umurku nanti
Dengan puisi aku bercinta
Berbaur Cakrawala
Dengan puisi aku mengenang
Keabadian yang akan datang
Dengan puisi aku menangis
Jarum waktu bila kejam mengiris
Dengan puisi aku mengutuk
Napas zaman yang busuk
Dengan puisi aku berdoa
Perkenankanlah kiranya
Karya Taufiq Ismail
1) Mintalah salah seorang temanmu membaca puisi tersebut dengan suara keras dan perhatikan intonasinya! Sementara itu, anggota kelompok yang lain menyimaknya agar paham isinya.
2) Setelah itu, bahaslah gambaran apa yang kamu peroleh! Kemudian, kamu tuliskan gambaran itu dalam sehelai kertas!
3) Nilai-nilai apa yang kamu peroleh dari puisi itu?
4) Bagaimana seseorang harus berperilaku?
5) Untuk memperluas pengetahuanmu tentang sastra, bacalah puisi karya Chairil Anwar yang berjudul "Doa" dan "Senja di Pelabuhan Kecil"!
6) Cari dan bacalah cerpen "Hujan Kepagian" karya Nugroho Notosusanto atau cerpen lain yang menggambarkan tokoh-tokoh yang bertanggung jawab!


sumber: BSE buku pegangan siswa kelas X

No comments:

Post a Comment