Tugas 2 Mengenali Teks Eksplanasi

Tugas 2 Mengenali Teks Eksplanasi
Berikut ini disajikan teks eksplanasi “Tsunami” yang menjadi model dalam pembelajaran ini. Bacalah dan pahami teks tersebut dengan teliti!
Tsunami
1 Kata “tsunami” berasal dari bahasa Jepang “tsu” yang berarti ‘pelabuhan’ dan “nami” yang berarti ‘gelombang’. Namun, para ilmuwan mengartikan tsunami dengan ‘gelombang pasang’ (tidal wave) atau dikenal juga dengan sebutan gelombang laut karena gempa (seismic sea waves). Tsunami adalah serangkaian gelombang yang terbentuk karena gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai. Gelombangnya yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai.
2 Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun di sepanjang patahan selama gempa terjadi. Patahannya menyebabkan keseimbangan air menjadi terganggu. Makin besar daerah patahan yang terjadi, makin besar pula tenaga gelombang yang dihasilkan. Selain itu, tsunami juga tercipta karena meletusnya gunung berapi yang menyebabkan pergerakan air di laut atau perairan sekitarnya sangat tinggi. Gelombang yang besar menyebabkan banjir dan kerusakan saat menghantam pantai.
3 Gelombang tsunami yang terjadi di laut melaju lebih cepat daripada gelombang normal. Gelombang tersebut menyebar ke segala arah dengan ketinggian 30 sampai dengan 50 meter dan kecepatan sekitar 800 km/jam. Ketika gelombang tsunami memasuki air dangkal, kecepatannya akan menurun dan ketinggiannya akan bertambah. Ketinggian gelombang itu juga bergantung pada bentuk pantai dan kedalamannya. Gempa bumi yang tejadi di dasar laut sangat berpotensi menimbulkan tsunami dan sangat berbahaya bagi manusia.
4 Kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua gempa dan letusan gunung berapi menyebabkan tsunami dan tidak semua tsunami menimbulkan gelombang besar.Tsunami selalu menyebabkan kerusakan besar bagi manusia. Kerusakan yang paling besar terjadi ketika gelombang besar tsunami itu mengenai permukiman manusia sehingga menyeret apa saja yang dilaluinya.
Diolah dari sumber http://www.crayonpedia.org/mw/Peristiwa_Alam_di_Indonesia_6.2
Setelah kamu membaca teks eksplanasi “Tsunami” itu, dapatkah kamu memahaminya? Sekarang, coba kamu jawab pertanyaan berikut!
1) Menurut kamu, apakah makna kata tsunami secara etimologis?
2) Apakah yang dimaksud dengan peristiwa alam tsunami?
3) Apakah yang terjadi ketika gelombang yang disebabkan oleh tsunami itu menghantam pantai?
4) Dapatkah kamu menambahkan ciri-ciri terjadinya tsunami?
5) Berapakah tinggi dan kecepatan gelombang ketika tsunami terjadi?
6) Mengapa tsunami dikatakan sebagai peristiwa alam?
7) Dapatkah kamu menyebutkan kerugian yang diderita manusia akibat tsunami ?
8) Pada paragraf ke berapa ditemukan informasi singkat tentang tsunami?
9) Pada paragraf ke berapa ditemukan penjelasan tentang proses terjadinya tsunami?
10) Pada paragraf ke berapa ditemukan informasi tentang akibat yang ditanggung manusia ketika tsunami datang?



sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP


No comments:

Post a Comment