Bab V Peristiwa Alam

Pemandangan
Memandang alam dari atas bukit
sejauh pandang kulepaskan
sungai tampak berliku sawah ladang terbentang
bagai permadani di kaki langit
gunung menjulang berpayung awan
oh indah pemandangan
Lirik lagu A.T. Mahmud
Dapatkah kamu memahami pesan dalam lirik lagu “Pemandangan” itu? Ternyata, alam yang kita tempati ini sangat indah, bukan? Sungai tampak berliku, sawah ladang terbentang bagai permadani, dan gunung menjulang berpayung awan. Tegakah kamu jika alam yang menawan itu rusak dan menimbulkan bencana bagi manusia? Kita wajib menjaga dan memeliharanya.
Tuhan itu mahakuasa. Segala sesuatu, termasuk peristiwa alam, yang terjadi di muka bumi ini merupakan kuasa dan kehendak Tuhan Yang Maha Esa. Peristiwa alam dahsyat pernah terjadi di Indonesia, seperti gempa bumi dan tsunami. Kedua peristiwa alam tersebut menewaskan ratusan ribu manusia dan memorakporandakan segala sesuatu yang dilewatinya. Karena dampak peristiwa alam tersebut begitu besar, manusia berusaha mempelajari dan mengetahui ciri pergerakan dan proses terjadinya sehingga dapat diperkirakan kapan peristiwa alam itu terjadi lagi. Mari kita belajar pada alam! Kita jadikan alam sebagai guru untuk meraih pengetahuan.
Pada Bab V ini kamu diajak untuk memahami berbagai teks eksplanasi tentang fenomena yang terjadi di sekitarmu, khususnya yang terkait dengan peristiwa alam. Kamu akan dilatih bagaimana memahami isi dan struktur teks eksplanasi serta unsur kebahasaan yang ada di dalam teks tersebut. Bab ini dibagi menjadi dua subtema. Subtema 1 berhubungan dengan teks eksplanasi tentang peristiwa alam tsunami. Sementara itu, Subtema 2 berkaitan dengan teks eksplanasi tentang peristiwa alam gempa bumi.


sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment