I.
PENDAHULUAN
Sekolah
merupakan tempat/wahana pembentukan kepribadian siswa secara utuh. Di samping
transfer ilmu pengetahuan dari guru kepada siswa, diperlukan juga pembentukan
mental kepribadian yang baik seperti disiratkan dalam tujuan pendidikan
nasional yaitu terbentuknya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dari
hal tersebut dapat disimpulkan, kemampuan yang dimiliki siswa di luar akademik
sedapat mungkin diwadahi dan dikembangkan oleh sekolah melalui kegiatan OSIS
beserta ekstra kurikulernya.
Di dalam pelaksanaannya, kegiatan ekstra
kurikuler memerlukan pengorganisasian dan pembinaan secara khusus, sebagai
wujud pengembangan kepribadian serta kemampuan siswa.
II. TUJUAN
1) Memberikan wadah
bagi pengembangan potensi diri peserta didik
2) Sebagai bagian integral dalam satu
kesatuan proses belajar mengajar
|
3) Menyalurkan berbagai potensi atau kemampuan
peserta didik khusus-
nya di bidang bahasa dan
sastra Indonesia.
4) Wadah pengembangan kepribadian dan
kepercayaan diri siswa.
|
|
|
Secara ringkas tujuan
sanggar bahasa Indonesia (bahasa Indonesia Club
|
sebagai
sarana untuk menumbuhkan kreativitas, jiwa mandiri, dan kritis
siswa, khususnya di bidang
bahasa dan sastra Indonesia.
|
|
|
|
III. WAKTU DAN TEMPAT
Waktu
pelaksanaan: setiap hari Rabu, pukul 15.15 WIB – pukul 16.45 WIB
Tempat
pelaksanaan: SMK... .
IV. KEGIATAN
Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam
ekstrakurikuler bahasa Indonesia club selama satu tahun ke depan adalah :
1. Mengadakan penerimaan anggota baru.
Kegiatan Penerimaan Anggota Baru
dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru 20.../20....
2. Mengadakan
pertemuan dan pembinaan 1 kali dalam 1 minggu, misalnya dalam bidang sastra
(puisi, cerpen, dll.) dan ilmiah
(pidato, diskusi, debat, dll).
3. Mengikuti
event-event perlombaan yang berkaitan dengan bidang bahasa Indonesia.
4. Melaksanakan peningkatan motivasi, baik secara
organisasi maupun personal.
V. SASARAN
Yang menjadi anggota bahasa Indonesia
club adalah siswa kelas X dan XI
yang memiliki minat ataupun bakat di
bidang kebahasaan, utamanya bahasa
Indonesia.
VI.
PEMBINA
Pembina ekstrakurikuler bahasa
Indonesia club adalah guru bahasa Indone-
sia SMK....
VII. PENUTUP
Berbagai
macam kegiatan ekstrakurikuler yang bervariasi memerlukan pemikiran dan ide
kreatif serta kesungguhan yang didasarkan kepada program atau rencana yang
matang. Semoga program ekstrakurikuler bahasa Indonesia yang telah disusun ini
akan menjadi acuan atau pegangan dalam meningkatkan prestasi dan motivasi siswa
khususnya di bidang bahasa Indonesia , sehingga akan terbentuk siswa yang
cerdas dan terampil, dilandasi dengan budi pekerti luhur serta iman dan taqwa
kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Guru pengampu
|
No comments:
Post a Comment