SKL UN BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS) TAHUN PELAJARAN 2012/2013


1. Membaca 
Memahami isi dan bagian-bagian 
paragraf suatu artikel teks nonsastra, 
tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, 
teks pidato, biografi tokoh, serta 
berbagai bentuk dan jenis paragraf 
nonteks; memahami teks sastra 
berbentuk puisi lama, puisi baru, 
hikayat/sastra Melayu klasik, cerpen, 
novel, dan drama. 



Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat
utama, kalimat penjelas.
Menentukan isi paragraf: fakta, opini,
pernyataan/jawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan
penulis, arti kata/istilah, isi biografi.
Menentukan opini penulis dan pihak yang dituju
dalam tajuk rencana/editorial.
Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram atau
tabel.
Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik
sastra Melayu klasik/hikayat.
Menentukan unsur-unsur intrinsik/ekstrinsik
novel/cerpen/drama.
Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi.
Menentukan isi puisi lama, pantun, gurindam.





2. Menulis 
Mengungkapkan pikiran, gagasan, 
pendapat, perasaan, dan informasi 
dalam berbagai jenis dan bentuk 
paragraf, teks pidato, surat resmi, dan 
karya ilmiah dengan 
mempertimbangkan kesesuaian isi 
dengan konteks, kepadanan, 
kepaduan, ketepatan kalimat, 
penggunaan bahasa, diksi, struktur 
kalimat, dan ejaan; mengungkapkan 
pikiran dan gagasan dalam bentuk 
puisi, cerpen, novel, drama, kritik, 
esai, dan resensi.




Menulis paragraf padu.
Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf
dengan kalimat yang padu.
Melengkapi teks pidato.
Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan,
kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa.
Menyunting penggunaan kalimat/frasa/ kata
penghubung/istilah dalam paragraf.
Menulis surat resmi.
Menyunting kalimat dalam surat resmi.
Menulis judul sesuai EYD.
Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan
masalah).
Melengkapi larik puisi lama/baru (dengan kata
kias/berlambang/berima/bermajas).
Melengkapi dialog drama.
Menentukan kalimat resensi.
Menentukan kalimat kritik.
Menentukan kalimat esai.



No comments:

Post a Comment