SOAL LATIHAN UN BAHASA INDONESIA SMK


1.      Betapa kaya ragam busana busana daerah di Indonesia. Hampir semua etnis nusantara memiliki busana adat tersendiri. Bila selama ini kita lebih akrab dengan kebaya sebagai identitas busana tradisional,maka sebelum diklaim sebagai karya bangsa,sudah saatnya kita mengenal ragam busana nusantara yang juga merupakan salah satu ikon busana nasional,yakni baju bodo.Percaya atau tidak,baju bodo yang berasal dari Bugis, Sulawesi Selatan,teryata salah satu busana tertua di dunia.

Gagasan pokok paragraf di atas adalah... .
a.Ragam busana daerah di Indonesia
b.Busana bodo salah satu busana tertua di dunia
c.Busana nusantara ikon busana nasional
d.Bugis daerah asal baju bodo
e.Mengenal ragam busana nusantara

2.      Ketika sampah mulai diposisikan sebagai salah satu problem utama, beragam solusi mulai ditawarkan. (2) Ketika proses seleksi didahulukan, solusi yang dilirik adalah proses recyling dengan system composting.(3) “Composting, sebagai salah satu cara pengelolaan sampah telah dilakukan di Kanada, Jepang, Australia, dan negara-negara  berkembang lainnya. (4) Manfaat riil yang diperoleh adalah kemudahan melakukan recycling dan keuntungan ekonomi,“ jelas Totok Noerdianto, Direktur Eksklusif Yayasan Mitra Alam Indonesia. (5) Jadi, pengelolaan sampah seperti ini dapat menjadi pilihan solusi.
                                                                                                                                                                                    Ide pokok paragraf pada paragraf tersebut adalah . . . .
          a. Problem utama di negeri ini
          b. Mengatasi masalah sampah
          c. Penawaran solusi masalah sampah
          d. Proses recycling dengan system composting
          e. Metode pengelolaan sampah

3.      Cermatilah kutipan penelitian berikut!
Studi oleh para peneliti Jerman menyimpulkan, menambahkan susu ke dalam secangkir teh bisa menghancurkan kemampuan teh tersebut untuk melindungi peminumnya dari penyakit jantung. Hasil riset yang dipublikasikan oleh European Heart Journal ini juga membuktikan, minuman teh hitam secara signifikan mampu memperbaiki kemampuan pembuluh darah untuk mengendur dan mengembang secara optimal guna menjaga tekanan darah.
Simpulan kutipan penelitian tersebut yang tepat adalah . . .
a. Orang Jerman senang melakukan penelitian.
b. Menambahkan susu ke dalam secangkir teh baik untuk penyakit jantung.
c. Minumlah teh yang dicampur degan susu agar terhindar dari penyakit jantung.
d. Minuman teh yang dicampur dengan susu kurang baik.
e. Minuman susu dicampur teh dapat memperbaki pembuluh darah.

4.      (1) Nilai tukar rupiah yang berada di posisi aman jelas berpengaruh baik bagi industri pembiayaan. (2) Kalau rupiah tidak bisa dikendalikan, bahaya. (3) Rupiah ini menyangkut kepada import. (4) Kalau toh sebagian industri otomotif menggunakan komponen lokal tetap saja raw material-nya masih import dan ini berarti komponen dolarnya masih cukup tinggi. (5) Buntutnya harga (jual) produk otomotif menjadi tinggi dan akan berdampak pada menurunnya daya beli sehingga secara otomatis volume (produksi) akan turun.
Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor . . .
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

          Inti paragraf di atas adalah . . . .
a.     Adat Badui menekankan kemurnian tradisi lama sehingga sedapat mungkin mereka menolak berkontak dengan dunia luar
b.     Adat Badui berkembang dengan inovasi unsur-unsur adat dan membuka diri terhadap campur tangan dari dunia luar
c.     Adat Badui mempertahankan dan mengembangkan tradisi dengan pelbagai percobaan atas variasi unsur-unsur adat
d.    Adat Badui telah mengubah tradisi lama dengan tradisi baru sehingga menjadi lebih maju dan modern
e.     Adat Badui mengikuti batas-batas yang ditetapkan oleh tetua adat yang menekankan kesederhanaan.

6.      Orang Indonesia yang gemar melancong ke luar negeri lebih kenal Singapura atau Eropa daripada budaya negeri sendiri. Penelitian Departemen Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2004 mengungkapkan bahwa mereka yang bepergian ke mancanegara rata-rata baru pernah mengunjungi tiga dari 33 provinsi di tanah air.Selain wisatawan asing, turis local sebetulnya dapat menjadi pasar pariwisata. Akan tetapi, faktor yang menarik mereka untuk berwisata di negeri sendiri sangat lemah. Objek wisata di luar Bali misalnya, rata-rata kurang terawatt karena keterbatasannya dana. Menjangkau lokasinya pun tidak mudah karena keterbatasan sarana transportasi. Berbagai retribusi memberatkan pengusaha wisata untuk meningkatkan mutu pelayanan. Dukungan pemerintah daerah pada usaha kepariwisataan pun masih kurang. Pada tahun 2000, melalui 13 pintu keberangkatan tercatat 2,2 juta orang Indonesia berkunjung ke negara asing. Empat tahun kemudian melonjak menjadi 3,9 juta dan hingga November 2005 sudah 3,7 juta orang melancong ke negara lain.

Menurut Sekjen Asosiasi Biro Perjalanan danm Wisata (ASITA), objek wisata di negeri lain menyajikan atraksi menarik pada saat pergantian tahun. Bulan Juni dan Juli masa libur sekolah, juga waktu favorit warga Indonesia untuk berlibur ke luar negeri. Kelompok pelancong ke luar negeri terbesar adalah penduduk berumur 25-34 tahun, kelompok yang berada di puncak produktivitas. Mereka umumnya pasangan muda, pengantin baru, keluarga dengan anak usia di bawah lima tahun, dan dari kelas ekonomi menengah ke atas. Beban finansial yang belum begitu berat memungkinkan mereka dapat menyisihkan biaya berlibur.
           Topik yang dibicarakan dalam teks tersebut . . . .
a.  Kecenderungan orang berlibur ke luar negeri
b.  Tujuan orang berlibur ke luar negeri
c.  Daya tarik wisata ke mancanegara
d. Berkunjung ke negara tetangga
e.  Melancong ke mancanegara

7.    (1) Sarana penghubung juga dibangun, jalan-jalan, dan jembatan-jembatan diperbaiki. (2) Salah  satu jembatan yang diperbaiki adalah jembatan di atas Sungai Dengkiong. (3) Jembatan yang dibangun secara gotong royong itu hanya memerlukan biaya delapan setengah juta rupaiah. (4) Padahal menurut taksiran pemerintah, sewaktu be berapa pejabat pemerintah meninjau daerah itu, sebesar lima belas juta rupiah. (5) Ternyata gotong royong memang sudah menjadi tolak ukur keberhasilan daerah ini.
             Kalimat utama paragraf di atas ditunjukkan kalimat nomor . . . .
a.  (5)                b. (4)                c. (3)                d. (2)               e. (1)


8.      Menurut data Depkes RI, dalam kurun waktu 30 tahun (1970-2000), tingkat konsumsi susu segar di Indonesia naik dari 4,68 liter menjadi 6,5 liter per kapita per tahun. Namun, tingkat konsumsi ini masih sangat rendah jika dibandingkan dengan Malaysia yang mencapai 20 liter per kapita tiap tahun. Data internal Tetra Pak Indonesia 2007 juga menyebutkan bahwa konsumsi susu di Indonesia berkisar 9 liter per kapita per tahun. Angka tersebut merupakan yang terendah dibanding Malaysia (25,4 liter per kapita per tahun) dan Vietnam (10,7 liter per kapita per tahun). Sementara itu, Frisian Flag Indonesia (FFI) mengungkapkan bahwa 80% susu dikonsumsi oleh anak Indonesia hanya sampai usia 10 tahun yang jumlahnya hanya 20% dari total populasi.
           Laporan tersebut termasuk jenis laporan... .
a.    Pengamatan
b.    Percobaan
c.    Kegiatan
d.   Peristiwa
e.    Wawancara

9.      Laporan yang pada umumnya menggunalkan format 5 W 1 H termasuk jenis laporan...
a.       Pengamatan
b.      Penelitian
c.       Peristiwa
d.      Percobaan
e.       Kegiatan

10.  Membayar rekening listrik dan telepon bisa dilakukan kapan saja , tidak harus pada jam kerja. syaratnya, anda membayar lewat ATM. Caranya sebagai berikut:
(1)   masukkan kartu ATM ke mesin ATM
(2)   masukkan nomor PIN anda
(3)   kalau sudah benar, tekan ENTER
(4)   pilihlah menu PEMBAYARAN
(5)   pilihlah apa yang akan anda bayar, listrik atau telepon
(6)   masukkan nomor rekening listrik atau nomor telepon yang akan anda bayar
(7)   kalau sudah benar, tekan ENTER, maka layar ATM akan menampilkan nama pelanggan
(8)   pastikan nama/identitas pelanggan sesuai dengan yang ditampilkan pada layar ATM. Kalau tidak sesuai, batalkan dengan menekan tombol CANCEL, dan mulailah lagi dari awal. Kalau sesuai tekan tombol ENTER. Selesai dan mesin ATM akan memberikan bukti pembayaran kepada anda.
(9)   Jangan lupa kartu ATM diambil lagi.
Kalimat yang sesuai dengan langkah kerja di atas adalah... .
a.    Periksalah identitas yang muncul di layar ATM sebelum anda menekan tombol ENTER
b.    Nama pelanggan dan besarnya tagihan akan muncul begitu nomor PIN dimasukkan
c.    Begitu muncul identitas pelanggan dan besarnya tagihan, tekan tombol ENTER
d.   Jumlah pembayaran harus diinput setelah anda memilih menu PEMBAYARAN
e.    Akses ke menu PEMBAYARAN dilakukan pertama kali dengan menekan tombol ENTER

11.  Cermatilah kutipan teks biografi berikut.
Chairil Anwar adalah nama yang sangat populer dalam dunia perpuisian di Indonesia. Puisi-puisi Chairil Anwar jauh berbeda dengan puisi-puisi beraliran impresionis pada zaman pujangga baru. Puisi Chairil adalah puisi yang beraliran ekspresionis sehingga lebih vulgar dan apa adanya. Namun sayang, usia Chairil tidak panjang. Pada usia 27 tahun, ia meninggal karena sakit. Namun, ia akan tetap selalu dikenang karena karya-karyanya yang cukup banyak dan  legendaris, seperti semboyannya “aku mau hidup seribu tahun lagi”
Pernyataan yang tidak sesuai dengan biografi di atas adalah... .
a.       Chairil Anwar meninggal pada usia 27 tahun karena sakit
b.      Chairil Anwar adalah penyair yang mengedepankan ekspresi dalam berkarya
c.       Chairil Anwar tidak pernah menciptakan puisi beraliran impresionisme
d.      Chairil Anwar terkenal sebagai penyair yang beraliran ekspresionisme
e.       Chairil Anwar tidak termasuk golongan penyair yang produktif pada zamannya

12.  Panglima besar Sudirman bersama TNI dengan semangat heroisme pantang menyerah kepada Belanda yang menduduki kembali Indonesia pada bulan Desember 1948. Siapakah Sudirman? Beliau lahir di Purbalingga, Jawa Tengah tahun 1916. Diambil sebagai anak angkat oleh saudara ibunya yang menjadi pejabat tinggi di kantor kehakiman Cilacap. Ia sejak kecil hidup dalam suasana religius. Sudirman kecil sering tirakat yakni mengurangi makan dan tidur untuk meningkatkan mutu kejiwaan. Malam-malam ia sering dilihat ayahnya sedang sholat tahajud.

Pernyataan yang sesuai dengan isi biografi di atas adalah... .
a.       Sudirman sejak kecil hidup dalam suasana agama
b.      Sudirman diasuh oleh ibu kandungnya
c.       Ayah Sudirman sering melakukan sholat tahajud
d.      Sudirman mengurangi makan dan tidur untuk beribadah
e.       Ibu Sudirman pejabat tinggi di kantor kehakiman Cilacap





13.    Cermati grafik di bawah ini dengan saksama!

b

Bagaimana penilaian responden terhadap buku terbitan kampus?
Jawaban yang tepat sesuai data grafik adalah ........
a. Menjawab tidak tahu, seperempat dari peserta responden.
b.Yang menilai baik, hampir sama untuk responden di Lombok dan Kalimantan.
c. Yang menilai buruk hampir separuh responden.
d.                        Masih sedikit responden yang menilai baik.
e. Responden berpendapat hampir baik di setiap pulau di Indonesia















14.         
                   Angka Kelahiran di Pondok Ranggon Tahun 2010
     Perbedaan angka kelahiran yang mencolok antara laki-laki dan perempuan terjadi pada bulan ….
a. Maret     
b. September          
c. Oktober          
d. Agustus 
e. Desember

15.                Setelah sempat bertahan selama dua hari, warga korban penggusuran di Rawasari akhirnya menyerah. Mereka lebih memilih mengambil uang ganti rugi antara 7,5 juta rupiah sampai 10 juta rupiah. Menurutnya pemerintah sudah tidak mau mendengarkan suara rakyatnya lagi. “Mereka sudah tidak mau memberi ganti rugi lagi karena bangunan kami sudah rata dengan tanah. Jadi, lebih baik kami mengambil uang ganti rugi sesuai ketentuan pemerintah yang sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang menjadi harapan warga Rawasari.” begitu kata Seno Budiarto, humas warga Rawasari.
  Tanggapan positif terhadap penggalan teks di atas adalah... .
a.          Warga Rawasari tidak perlu menerima uang ganti rugi yang diberikan   pemerintah
b.         Pemerintah sebaiknya memindahkan warga Rawasari secara paksa karena sudah diberi peringatan sebelumnya
c.          Ganti rugi yang diberikan pemerintah kepada warga Rawasari tidak sesuai  dengan kondisi bangunan yang ada
d.         Uang ganti rugi yang tidak diambil warga Rawasari dalam jangka waktu tertentu dinyatakan hangus
e.          Warga rawasari seyogianya sadar bahwa penggusuran yang dilakukan pemerintah merupakan upaya untuk menertibkan tempat-tempat penjualan liar

16.                       Ancaman pemanasan global baru-baru ini telah menjadi isu internasional, tetapi di Indonesia penghancuran terhadap lingkungan masih saja terus terjadi. Perambahan hutan dan perusakan ekosistem pasir terus berlanjut. Sementara itu reboisasi berjalan sangat lambat.
 Tanggapan negatif terhadap penggalan karangan di atas adalah... .
a.              Penghancuran terhadap lingkungan harus dihentikan karena dampaknya dirasakan oleh masyarakat setempat
b.             Berilah sanksi hukum yang tegas bagi perambah hutan dan perusak lingkungan
c.              Reboisasi harus dipercepat untuk mengurangi laju dampak perubahan iklim
d.             Menjadikan peduli terhadap lingkungan tidak hanya slogan tapi juga kenyataan
e.              Ancaman pemanasan global adalah urusan pemerintah

17.                       Pemerintah provinsi DKI Jakarta menarik biaya penebangan pohon jika penebangan tersebut didasarkan atas permintaan warga. Biaya dibebankan kepada warga apabila pohon tersebut masih sehat. Aturan itu tercantum dalam Peraturan Daerah nomor 1 tahun 2006
Tanggapan logis terhadap isi paragraf tersebut adalah... .
a.         Pohon yang rindang tidak boleh ditebang karena akan mengakibatkan efek rumah kaca dan pemanasan global
b.         Mungkin maksud pemerintah DKI Jakarta agar warga tidak menebang pohon semaunya mengingat Jakarta rawan macet
c.         Pohon memiliki arti penting sebagai penyejuk, penyuplai, oksigen, dan penyerap karbon
d.        Pohon itu sehat atau tidak bukan urusan pemerintah karena pohon yang ditebang itu pasti mengganggu kehidupan warga
e.       Masyarakat menganggap itu pemerasan, sudah pohonnya ditebang, harus ditarik biaya juga

18.              Hampir semua harga komoditi primer pertanian di pasar dunia turun. Begitu juga indeks pertanian, dari 208 (tahun 1960) menjadi 87 (tahun 2000). Artinya pendapatan petani menurun dan hidupnya kian susah. Ini merupakan tanggung jawab pemerintah. Kalau petani dibiarkan berhadapan sendiri dengan kartel-kartel perusahaan multinasional, tentu tidak berdaya.
Jenis kata yang tercetak miring pada teks di atas adalah... .
a.       Kata benda, kata depan, kata kerja, dan kata sifat
b.      Kata  kerja, kata depan, kata sifat, dan kata benda
c.       Kata sifat, kata depan, kata benda, dan kata kerja
d.      Kata bilangan, kata depan, kata sifat, dan kata benda
e.       Kata bilangan, kata depan, kata kerja, dan kata benda

19.              Pada musim penghujan nyamuk dapat berkembang biak dengan sangat cepat banyak sekali penyakit yang dapat ditularkan oleh hewan kecil yang satu ini. Salah satunya adalah penyakit kaki gajah (filariasis). Penyakit ini disebabkan 0leh cacing filaria (Wuchereria bancrofti). Cacing ini dapat ditularkan melalui berbagai gigitan nyamuk, kecuali nyamuk mansoni. Penyakit ini bersifat menahun (kronis) dan bila tidak mendapat pengobatan dapat menjmbulkan cacat menetap berupa pembengkakan kaki, lengan dan alat kelamin, baik pada pria maupun wanita. Akibatnya penderita penyakit kaki gajah tidak dapat bekerja dengan optimal, bahkan hidupnya harus selalu bergantung pada orang lain.
 Pertanyaan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ...
a.Siapakah yang dapat terjangkit filariasis?
b.Apakah pengaruh gigitan nyamuk bagi penderita kaki gajah?
c.Mengapa Indonesia terserang penyakit kaki gajah?
d.Apakah penyebab penyakit kaki gajah ?
e.Bagaimana cara mengatasi wabah penyakit kaki gajah?

20.              Di dunia ini ada bermacam-macam penyakit yang menyerang manusia. Di antara penyebabnya ialah kuman penyakit. Kuman penyakit ada yang berupa bakteri, virus, parasit dan amuba. Kuman adalah organisme pembawa penyakit yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Tetapi, hal ini tidak berarti bahwa para ahli belum berhasil mempelajari virus. Sekarang telah ditemukan alat bantu yang digunakan untuk melihat sang kuman. Alat itu adalah mikroskop.
Selain disebabkan kuman, penyakit dapat disebabkan oleh kondisi yang buruk. Kondisi tempat tinggal yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Radiasi nuklir di atmosfer dapat menyebabkan kanker. Polusi udara terutama oleh bahan kimia seperti timah dapat mempengaruhi kesehatan, khususnya pada anak-anak. Berenang di air yang tercemar limbah dapat menyebabkan infeksi serius seperti hepatitis, tipus, dan kolera.

Kalimat pertanyaan yang sesuai dengan isi teks di atas adalah . . . .
a. Alat apa saja yang dapat digunakan untuk melihat kuman?
b. Apa penyebab orang terkena penyakit?
c. Bagaimana para ahli mempelajari virus?
d. Mengapa radiasi nuklir dapat menyebabkan kanker?
e. Bagaimana cara menghindari agar tidak terkena kuman?

21.              Putra mahkota kerajaan Inggris, Pangeran Charles, dikenal amat mencintai lingkungan hidup. Ke mana pun ia pergi, pemandangan hijau dan suasana teduh pasti membuatnya senang. Itu pula yang terjadi ketika ia berziarah ke makam militer Kerajaan Inggris di Menteng Pulo, Jakarta Selatan, di sela kunjungan ke Indonesia pekan lalu. Di pekuburan ini dimakamkan ratusan prajurit Inggris, termasuk Brigadir Jenderal Mallaby. Jenderal ini tewas saat pertempuran Oktober – November 1945 di Surabaya.
Kalimat yang menggunakan perluasan makna terdapat pada kalimat…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5




22.         Perubahan makna sinestesia terdapat pada kalimat berikut, kecuali... .
a.    Saya terkesan dengan suaranya yang lembut
b.    Kritiknya yang sangat pedas tidak membuat saya marah
c.    Senyum manismu membekas dalam lubuk hatiku
d.   Kegagalannya dalam menjalin kasih menjadi pengalaman pahit dalam hidupnya.
e.    Tekstur kulit pria memang cenderung lebih kasar dibanding kulit wanita

23.           Zahara : (dengan wajah memerah) Reza apa maksudmu dengan semua ini? Kau mempermalukan Uni dihadapan Bapak! Aku nggak mau kau memfitnah Uni seperti ini! Kurang apa aku? Sebagai kakak ipar aku sudah banyak berkorban untukmu untuk keluarga
Reza : Ga! Aku cuma mengatakan bahwa Uni tidak mau menolong adik kandung Uni sendiri ”
Zahara : ”Siapa bilang! Kurang apalagi sih pertolongan yang sudah aku berikan ? Mulai dari kamu mengawini adikku sampai sekarang kamu selalu merongrongku.Puluhan juta bahkan mungkin ratusan juta uangku sudah habis untuk menolong menopang biaya keluargamu! Kamu benar-benar suami yang tidak bertanggung jawab terhadap keluarga! Kurang ajar ! tidak tahu berterima kasih ! Apalagi balas budi!”
Reza : Itukan sudah menjadi kewajiban seorang kakak kepada adiknya.
Zahara:..............
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi dialog yang rumpang pada teks drama tersebut adalah.....
a. Bagai kerakap tumbuh di batu
b. Air susu dibalas dengan air tuba
c. Seperti kacang lupa kulit
d. Seperti menolong anjing terjepit
e. Seperti anjing dengan kucing

24.              Dibandingkan dengan teman-temannya Hadi dikenal kurang pandai. Menyadari hal ini, Hadi berusaha keras. la lebih rajin bertanya pada guru bila ada hal-hal yang belum dipahaminya. la pun lebih banyak meluangkan waktu untuk belajar daripada bermain. Buah hasil dari semua usaha ini telah mengantarkan Hadi menjadi anak yang pandai.
Peribahasa yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
a. Harimau mati menunjukkan belangnya.
b. Laksana garam dengan susu.
c. Kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak.
d. Belakang parang pun, bila diasah niscaya tajam.
e. Kalau tak ada api, masakan ada asap.


25.    Dony, Siswa SMK Cempaka itu, juara main catur di kampungnya. Semua orang di kampung itu dikalahkannya. Ia menjadi sombong dan menganggap dirinya sebagai juara sejati. Ia pun tertawa terbahak-bahak ketika Rody, anak pak Anwar yang masih kelas 6 SD mengajaknya bermain catur.
       “Anak ingusan saja menantangku. Mana mungkin bisa mengalahkan jagoan seperti aku,”katanya dalam hati.
        Baru lima langkah, “SKAK” teriak Rody. Dony tak mampu menyelamatkan rajanya.
Ungkapan yang sesuai untuk ilustrasi di atas adalah... .
a.    Dony kena batunya
b.    Rody itu anak kemarin sore
c.    Dony dan Rody itu jago kandang
d.   Dony tampil sebagai kuda hitam
e.     Rody sebagai kuda tunggangan Dony


26.         DENDAM
Berdiri tersendak
dari mimpi aku bengis dielak
Aku tegak
Bulan bersinar sedikit tak nampak
(kerikil tajam dan yang terempas dan yang terputus, Chairil Anwar)
Unsur intrinsik yang dominan dari penggalan puisi di atas adalah... .
a.     Rima/persajakan
b.    Ritma/irama
c.     Metrum
d.    Tema
e.     Amanat



27.            KOTAK SUARA
Di sebuah kerajaan dilangsungkan pemilihan
Di sebuah pemilihan dilangsungkan penghitungan
Di sebuah penghitungan berlangsung keajaiban
Di sebuah keajaiban semua mata ditutupkan
Majas yang terdapat dalam penggalan puisi di atas adalah... .
a.       Ironi
b.      Anafora
c.       Repetisi
d.      Litotes
e.       Metafora

28.            Sara bukan orang yang picik. Kalau gerak-gerik Monang terhadap ‘cewek itu’ malam sebelumnya memang merupakan gerak-gerik seorang saudara, tentu Sara takkan bingung seperti ini.
Rupanya Monang menunjukkan perhatian yang melebihi perhatian yang biasanya diharapkan dari seorang saudara. Menunjukkan kemesraan yang terlalu hangat untuk dipancarkan semata-mata dari kalbu yang  sedarah.
Dan . . .bukankah orang Batak dianjurkan kawin dengan saudaranya ? suatu hal yang amat pantang di tanah Minahasa, tetapi malah dianjurkan di tanah Batak. Lain ladang, lain belalang.
                                                                       (Raumanen, Mariane Katoppo)
Salah satu nilai yang terdapat dalam penggalan novel di atas adalah nilai . . . .
a. Moral
b. Budaya
c. Pendidikan
d. Religius
e. Sosial

29.        (1) Beberapa puluh menit ia duduk di teras, ibunya belum muncul juga. (2) Ia diajar tidak tergantung siapa pun. (3) Apalagi kebanyakan rumah tetangganya sudah kosong ditinggal penghuninya yang pulang Lebaran ke kampung. (4) Hari itu hari terakhir menjelang libur dan ibunya tidak punya rencana pergi ke mana-mana. (5) “Kita simpan saja uang Lebaran untuk sekolah kamu,” katanya kepada Maria. (6) “Untuk apa pulang kampung?” (7) Maria segera membayangkan suasana sepi sehabis mendengar keputusan ibunya itu. (8) Ia tidak akan bertemu sepupu-sepupunya di kampung. (9) Juga paman dan bibinya yang suka membagi hadiah. (10) Juga kakek dan neneknya
    Suasana hati tokoh Maria adalah . . . .
                                                                               (Bingkisan Lebaran”, Sapardi Djoko Darmono)

a.          Kecewa karena ibunya pulang kampung lebih dahulu
b.         Tidak sabar bertemu sepupu-sepupunya di kampung
c.          Tidak sabar menunggu ibunya untuk pulang kampung
d.         Bingung menunggu ibunya yang belum pulang ke rumah
e.          Sedih karena tidak pulang kampung

30.                       “Salahkah menurut pendapatmu kalau kami menyembah Tuhan di dunia ?” tanya Haji  Saleh.
                 Tidak. Kesalahan engkau, karena engkau terlalu mementingkan dirimu sendiri. Kau takut masuk neraka karena itu kau taat bersembahyang. Tetapi, engkau melupakan kehidupan kaummu sendiri, melupakan kehidupan anak istrimu sendiri, sehingga mereka itu kocar-kacir selamanya. Inilah kesalahanmu yang terbesar, terlalu egoistis. Padahal engkau di dunia berkaum, bersaudara semuanya, tetapi engkau tidak mempedulikan sedikitpun.”
                                                                                    (“Robohnya Surau Kami”, A,A Navis)
   Nilai moral dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .
a.          Menyembah Tuhan hanya ketika kita ada di dunia saja
b.         Menyembah Tuhan itu sewaktu kita di dunia dan juga di akhirat
c.          Kalau ingin masuk surga, rajin-rajinlah bersembahyang setiap saat
d.        Jangan terlalu mementingkan diri sendiri sehingga tidak mempedulikan orang lain
e.         Jangan membuat keluarga kocar-kacir karena hanya bergaul dengan masyarakat yang tertentu saja

Petikan drama di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 31 dan 32

Fikri         :         Bu . . . Ibu hari ini bisa makan enak. (Fikri berteriak kegirangan sambil berlari mencari ibunya)
Bu Hasna :         (Bu Hasna berlari kecil menemui anaknya) Ada apa to, Fik? Bikin kaget saja.
Fikri         :         Lihat, Bu! Fikri Menemukan dompet di jalan. Uangnya banyak sekali! Pokoknya hari ini kita makan besar.
Bu Hasna :         (mendekati Fikri lalu mengelus rambutnya dengan penuh kasih sayang) Fikri, kita memang orang miskin. Tapi, uang itu bukan milik kita. Kamu harus mengembalikannya. Orang yang kehilangan dompet itu pasti merasa sangat sedih. Coba lihat, ada KTP-nya apa tidak.
Fikri         :         Tapi Bu, kita bisa makan enak dengan uang ini. Kita kan tidak pernah makan enak.
Bu Hasna :         Fikri, ini bukan uang kita. Kamu harus mengembalikan kepada pemiliknya
Fikri         :         Baiklah, Bu.

     31 .    Konflik yang terdapat dalam kutipan drama adalah . . . .
      a. Fikri tidak mau mengembalikan dompet kepada pemiliknya
      b. Ibu memarahi Fikri karena tidak mau mengembalikan dompet
      c. Fikri setengah hati untuk mengembalikan dompet
      d. Fikri kehilangan uang yang ada dalam dompet
      e. Fikri tidak bisa makan enak karena uangnya hilang

32.       Pesan yang terkandung dalam penggalan drama tersebut adalah . . . .
      a.  Orang tua harus dapat menjadi teladan bagi anak-anaknya
      b. Watak jujur harus ditanamkan pada diri anak sejak dini
      c. Kejujuran tidak selamanya membawa kemujuran
      d. Meskipun menjadi orang miskin, kejujuran harus dijunjung tinggi
      e. Tidak selamanya kita harus berlaku jujur, kita perlu melihat situasi dan kondisi

33.        Don merasa rikuh, malu, campur keheranan tak menentu. Ia sama sekali tidak mengira Hidayat akan menolaknya. Ia pindahkan pandangannya kepada Las. Las tersenyum. Lalu ia melihat kepada suaminya yang juga terus senyum dan menatap Don. Kemudian Las pun menggelengkan kepalanya. Ia pun bisa mengikuti jalan pikiran suaminya : tak bisa menerima barang semahal itu. Bukan ia tidak merasa tergoda. Bukan hatinya tidak tergiur. Tetapi, ia merasa mesti patuh mengikuti kehendak baik suaminya. Tak baik menerima barang itu, pikirnya. Suamiku mesti berpikir begitu. “Tidak, Don. Ini tidak . . .,” kata Hidayat lalu menarik senyum ramah, meyakinkan bahwa persahabatan mereka tidak akan renggang, tidak akan jadi putus karenanya.
                                                                 (Ladang Perminus, Ramadhan K.H)
     Konflik yang dapat disimpulkan dari kutipan tersebut adalah . . . .
a.     Don minta maaf kepada Hidayat karena telah menyakitinya
b.    Hidayat tidak merasa tergoda melihat pemberian Don
c.     Don tidak tahan melihat senyum ejekan Hidayat kepadanya
d.    Hidayat kecewa ketika Las mau menerima hadiah Don
e.     Rasa malu Don sewaktu pemberiannya ditolak Hidayat



34.                                 Bacalah penggalan novel berikut !
          Seorang anak muda bergelar Pendekar Sutan, kemenakan Datuk Mantari Labih, adalah Pendekar Sutan kepala waris yang tunggal dari harta peninggalan ibunya, karena dia tidak bersaudara perempuan. Menurut adat Minangkabau, amatlah malangnya seorang laki-laki jika tidak mempunyai saudara perempuan, yang akan menjagai harta benda, sawah yang berjenjang, bandar buatan, lumbung berpereng, rumah nan gadang. Setelah meninggal dunia ibunya, maka yang akan mengurus harta benda hanya tinggal ia dengan mamaknya, Datuk Mantari Labih. Mamaknya itu hanya pandai menghabiskan saja. Harta benda, beberapa tumpak sawah, dan sebuah gong pusaka telah tergadai ke tangan orang lain.
                                                            (Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk, HAMKA)

  Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam penggalan novel tersebut adalah . . . .
a.     Agama
b.    Budaya
c.     Ekonomi
d.    Sosial
e.     Pendidikan

35.                       Kita tidak.....beratnya sanksi bagi pelanggar....lalu lintas karena hal itu.....bukan merupakan sumber masalah.
Kata yang tepat untuk melengakapi kalimat rumpang
tersebut adalah.......
a. dipersoalkan, pengaturan, pembenarannya.
b. mempersoalkan, pengaturan, kebenarannya.
c. memepersoali, peraturan, dibenarkannya.
d. dipersoalkan, peraturan, sebenar-benarnya.
e. mempersoalkan, peraturan, sebenarnya.

36.                       Judul KaryaTulis : Pelestarian Budaya Keraton Surakarta
Latar belakang : Budaya keraton mulai terancam disebabkan oleh masuknya budaya lain yang berkembang dengan cepat
Kalimat efektif untuk perbaikan kalimat latar belakang tersebut adalah....
a. Budaya keraton baru terancam disebabkan masuknya budaya lain
b. Budaya keraton mulai terancam disebabkan berkembangnya budaya lain
c. Budaya keraton mulai terancam disebabkan budaya lain berkembang dengan
           cepat
d. Budaya keraton terancam budaya lain yang masuk dan berkembang secara cepat
e. Budaya keraton terancam masuknya budaya lain berkembang cepat

37.                       Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat penutup surat tersebut adalah ….
a. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan banyak terima kasih.
b. Atas perhatiannya, saya tak lupa mengucapkan terima kasih.
c. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
d. Atas perhatian Bapak, saya haturkan terima kasih.
e. Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih kepada Bapak.

38.         Masalah kependudukan merupakan masalah yang sangat serius sekali, tidak hanya bagi negara yang sedang berkembang, tetapi juga bagi semua negara-negara maju.
             Perbaikan kalimat tidak efektif di atas adalah . . . .
a.    Masalah kependudukan adalah masalah yang sangat serius, tidak hanya bagi negara yang sedang berkembang namun juga bagi setiap negara-negara maju
b.    Permasalahan kependudukan adalah masalah yang sangat serius, tidak hanya untuk negara yang sedang berkembang tetapi juga bagi setiap negara maju
c.    Masalah kependudukan merupakan masalah yang serius, tidak hanya bagi     negara yang sedang berkembang, tetapi juga bagi negara-negara maju
d.   Persoalan penduduk adalah merupakan persoalan yang sangat serius, bagi negara maju dan bagi negara berkembang
e.    Persoalan kependudukan adalah masalah yang sangat penting untuk negara yang sedang berkembang dan bagi negara-negara maju

39.                   Bacalah paragraf berikut dengan seksama
(1) Sulawesi Selatan merupakan wilayah yang kaya budaya dan etnis. Etnis Bugis,Makasar, Toraja dan Mandar merupakan empat suku mayoritas di wilayah Propinsi Sulawesi selatan. (2) Kesemuanya memiliki keragaman bahasa yang berbeda pada tiap etnis.(3) Kini Mandar secara administratif berada di wilayah propinsi Sulawesi Barat.(4)Keempat etnis itu mempunyai busana pengantin yang nyaris serupa.(5) Masyarakat suku Bugis,Makasar,Toraja dan Mandar menyebut busana itu dengan sebutan baju bodo
Kalimat yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat nomor...
a.Kalimat no 1
b.Kalimat no 2
c Kalimat no 3
d.Kalimat no 4
e.Kalimat no 5

40.              (1) setiap tahun jumlah penderita gizi diperkirakan belum berkurang
            (2) data Unicef menunjukkan, penderita gizi buruk pada anak balita meningkat dari 1,8 juta jiwa (tahun 2005) menjadi 2,3 juta jiwa tahun 2006
            (3) Sementara itu, Jaringan Solidaritas Penanggulangan Busung Lapar (2006) menyebutkan 2-4 dari 10 anak balita di 72 kabupaten menderita busung lapar
            (4) ... .
            (5) ini adalah potret jurang besar yang memisahkan antara orang kaya dan orang miskin
Kalimat yang padu untuk melengkapi paragraf di atas adalah... .
a.         Kasus gizi buruk itu diharapkan dapat ditekan dengan adanya gerakan posyandu di setiap desa
b.         Kasus gizi buruk itu diperkirakan meningkat akibat adanya krisis ekonomi global yang dipicu oleh krisis keuangan di Amerika Serikat
c.         Oleh karena itulah pemerintah membuat program BLT untuk membantu masyarakat miskin
d.        Namun, data statistik menunjukkan bahwa angka kemiskinan kita selama 2 tahun terakhir terus menurun
e.         Tragedi gizi buruk ironis dengan banyaknya impormobil built-up yang harganya milyaran yang dimiliki sejumlah orang kaya di Jakarta

41.              Adanya pendekatan baru terhadap konflik yang sudah ada atau munculnya pemimpin baru bagi munculnya visi dan inisiatif baru, acapkali memang diperlukan… diperoleh suasana segar atau bahkan terobosan. Urgensi penjelasan konflik-konflik lama kita pandang semakin mendesak… berbagai isu bermunculan,… halnya pemanasan global … penyakit flu burung.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada paragraf adalah..
a. Jika, begitupula, serta
b. Namun, dan, hingga, juga
c. Agar, ketika, seperti, dan
d. Hingga, agar, yang,dan
e. Agar , juga, dan, serta

42.              Setiap atlit profesional, pada saat bertanding pasti
menggunakan metoda bermain secara konsekwen,berbeda dengan amateran
Perbaikan kata bercetak miring dalam kalimat tersebut
yang tepat adalah....
a. atlet, propesional, methoda, konsekwen, amatiran
b. atlet, profesional, m
etode, konsekuen, amatiran.
c. atlet, profesionil, methode, konsekuen, amatiran.
d. atlit, profesi, mothodic, konsekwen, amatir.
e. atlit, profesional, metodologi, konsekwen, amatir


43.              Saudara-saudara, kita ingin membangun karakter bangsa yang memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu yang tinggi yang akhirnya melahirkan manusia yang kreatif dan monivatif. Marilah kita jadi manusia yang cerdas demi mambangun karakter bangsa.
Paragraf di atas termasuk jenis paragraph….
a.narasi
b.argumentasi
c.persuasif
d.eksposisi
e.deskripsi

44.                Produsen elektronik telah berinovasi sejak delapan tahun silam. Produk hemat energi kini terus jadi bahan bicara di mana-mana. Efisiensi konsumsi energi listrik menjadi daya tarik konsumen. Masyarakat lebih memilih produk yang hemat listrik. Hal itu akan berdampak pada pengurangan biaya konsumsi.
                     Menurut letak kalimat utama, paragraf di atas menggunakan pola pengembangan ... .
a.    Deduktif
b.   Induktif
c.    Deduktif-induktif
d.   Ineratif
e.    Deskriptif

45.              Kegiatan ini diharapkan diikuti oleh kelompok-kelompok band di sekolah-sekolah se-Kabupaten Wonogiri yang ingin mengembangkan minat dan hobinya di bidang seni musik.
                     Penggalan proposal di atas merupakan bagian dari... .
a.       Tema kegiatan
b.      Sasaran kegiatan
c.       Latar belakang kegiatan
d.      Tujuan kegiatan
e.       Penutup

46.              Cermati kutipan surat lamaran kerja berikut
Dengan hormat,
Setelah saya membaca iklan di harian Lombok Post tanggal 10 Juni 2010 tentang lowongan kerja di PT Widya Bhakti dengan ini saya:
… .
Penulisan jati diri yang tepat untuk melengkapi surat lamaran tersebut adalah...
a. nama
                                   : Mira Maria
   alamat                                   : Jalan Saturnus 8 Mataram
   tempat,tanggal lahir                         : 5 – 8 – 1980
   pendidikan                           : S-1

b. nama
                                    : Mira Maria
    tempat/tanggal lahir            : Sumbawa, 05-08-1980
    alamat                                 : JL. Saturnus NO. 8 Mataram
    pendidikan                         : S-1

c. Nama
                                   : Mira Maria
    Alamat                               : Jln. Saturnus 8 Mataram.
    Tempat,tanggal lahir           : 5 – 8 – 1980
    Pendidikan                          : S-1

d. nama
                                  : Mira Maria
    tempat,tanggal lahir            : Sumbawa, 5 Agustus 1980
    pendidikan                          : S-1
    alamat                                  : Jalan Saturnus 8, Mataram

e. Nama
                                   : Mira Maria
    Tempat, tanggal lahir          : Sumbawa, 5 Agustus 1980
    Alamat                                : Jalan Saturnus 8, Mataram
    Pendidikan                          : S-1

47.              Penulisan judul karya tulis yang tepat adalah......
a. Udara Bersih Dan Sehat Dambaan Masyarakat di Indonesia.
b. Udara bersih dan sehat dambaan masyarakat di Indonesia.
c. Udara Bersih dan Sehat Dambaan Masyarakat di Indonesia
d. Udara Bersih Dan Sehat Dambaan Masyarakat Di Indonesia.
e. Udara bersih dan Sehat Dambaan Masyarakat di Indonesia.

48.                                                         Catatan Hasil Rapat Pimpinan
                                                          BPR Bima Sakti
(1)               Jabatan manajer personalia hendaknya diisi dari dalam
(2)               Teler akan ditambah dengan model outsorcing
(3)               Kepala cabang akan segera ditraining untuk aplikasi sistem baru
(4)               Target cabang sudah saatnya dinaikkan
(5)               Perlu mendatangkan konsultan untuk meningkatkan kinerja.
             Kalimat hasil rapat (notula) yang berisi saran adalah... .
a.       (1), (2), (3).
b.      (1), (2), (4).
c.       (1), (4), (5)
d.      (2), (3), (4)
e.       (2), (4), (5)
                                               
49.              Secara konseptual penelitian ini hanya akan membahas mengenai perkembangan perekonomian Indonesia dari segi fluktuasi dolar terhadap rupian pada kurun waktu bulan Januari 2009 – bulan Juni 2009.
Kutipan laporan di atas merupakan bagian … dalam laporan penelitian.
a. Tujuan penelitian
b. Manfaat penulisan
c. Latar belakang masalah
d. Rumusan masalah
e. Batasan masalah




50.              Cermatilah ilustrasi berikut ini!
            Para penumpang bersiap-siap naik pesawat, tetapi ternyata sebagian penumpang masih ada yang menenteng tas dan barang bawaan, lalu petugas menyampaikan bahwa barang itu hendaknya dimasukkan ke bagasi.
            Kalimat pengumuman yang tepat adalah... .
a.       Bagi penumpang yang membawa barang harap dimasukkan bagasi
b.      Barang bawaan penumpang harap dimasukkan ke bagasi
c.       Para penumpang yang membawa barang dimasukkan bagasi
d.      Penumpang yang membawa barang harap dimasukkan bagasi
e.       Penumpang yang membawa barang harap dibawa dalam bagasi

51.              Cermati kalimat poster berikut ini!
           HARI GINI GA BAYAR PAJAK, APA KATA DUNIA?
           Maksud kalimat poster di atas adalah... .
a.       Tidak membayar pajak sudah bukan zamannya lagi
b.      Seluruh dunia tertawa kalau kita tidak membayar pajak
c.       Seluruh dunia mengecam orang yang tidak membayar pajak
d.      Hidup di dunia harus membayar pajak
e.       Tidak ada alasan bagi siapapun untuk tidak membayar pajak












No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.