Kisi-kisi Materi SKL UN BI SD

Di bawah ini terdapat sebagian kisi-kisi materi SKL UN BI SD disajikan terpisah per post.

Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan

Tanda baca pada kalimat surat:

 Koma (,): memisahkan perincian.
 Contoh: Surakarta, 21 Mei 2013
 Titik (.): menyelesaikan kalimat
 Contoh: Atas perhatian Saudara, saya ucapkan terimakasih.
 Titik dua (:): mengawali perincian
 contoh: ...yang akan dilaksanakan pada,
             hari, tanggal: Senin, 17 Mei 2010
           


Tips sukses UN SD mata pelajaran bahasa Indonesia

1. Sebelum pelaksanan UN
    Mempelajari materi UN dengan cara mengerjakan soal-soal UN tahun-tahun terdahulu
    Setelah mengerjakan, cocokkan dengan kunci jawaban, ingat-ingat soal tsb. beserta kunci jawab-
    an yang benar
    Selalu berdoa agar dimudahkan dalam mempelajari materi beserta soal UN
2. Saat pelaksanaan UN
    a. Berdoa
    b.Teliti soal UN dan LJUN, bila sudah lengkap, tidak ada kekurangan ataupun ketidakjelasan tu-
        lisan silakan diberi identitas
    c. Kerjakan soal dengan cermat, dimulai dari soal yang paling mudah, namun tetap harus melihat
        nomor soal agar tidak salah membulati jawaban yang benar
    d. Untuk soal wacana/ilustrasi jangan dibiasakan untuk membaca wacana terlebih dahulu, baca
        soal dulu baru wacana/ilustrasi
    e. Ketelitian, penalaran, dan perasaan sangat berpengaruh dalam mengerjakan soal secara benar
    f. Gunakan waktu UN secara optimal: untuk mengerjakan, meneliti pekerjaan, meneliti identitas
        serta kondisi LJUN
3.  Pasca pelaksanaan UN
     Tidak dianjurkan untuk membahas soal UN yang telah selesai ditempuh, gunakan waktu sebaik-
     baiknya untuk mempersiapkan diri mengerjakan UN hari berikutnya.




  Semoga sukses UN selalu menyertai anda....      

Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat

Melengkapi kalimat undangan yang tepat dengan kalimat efektif:
Misal:

                                            DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
                                    SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SATU
                                  Jalan Suka 110 Solo 70144 Tlp. (0271) 8247567, 8247578,
                                                    Fax (02711) 8567879 Solo 5678

Nomor : 600/SU/IV/2007
Hal : Pengarahan Panitia Ujian

Yth. Drs. Amran Faisal, M.Pd.
Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Satu Solo


Dengan hormat,
Kami mengharapkan kehadiran Saudara pada rapat pengarahan pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2007 yang akan diselenggarakan pada:
hari, tanggal : Selasa, 17 April 2007
pukul : 08.00 WIB s.d. selesai
tempat : Aula SMK Satu Solo
acara : Pengarahan pelaksanaan tugas Panitia Ujian Nasional
Mengingat pentingnya acara tersebut, diharapkan Saudara dapat hadir tepat pada waktunya.
Atas perhatian dan kehadiran Saudara, kami ucapkan terima kasih.
                                                                                                   
                                                                                                           Kepala Sekolah


                                                                                                   Drs. Iwan Tazmania, M.Pd.
                                                                                                    NIP...... .



Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat .

Melengkapi kalimat rumpang dengan kata hubung yang tepat.
Kata hubung harus disesuaikan dengan makna yang akan disajikan dalam kalimat
Misalnya:
kata hubung dan: untuk menggabungkan
kata hubung atau: untuk pemilihan
kata hubung bahkan: untuk penegasan
katab hubung sehingga, maka: untuk pengakibatan
kata hubung karena: untuk penyebaban
kata hubung jika, kalau, bila: untuk persyaratan/pengandaian

Soal:
melengkapi kalimat rumpang dengan kata hubung yang tepat

Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.

Menggabungkan dua kalimat tunggal harus menggunakan kata hubung yang tepat:
Kata hubung yang digunakan misalnya:
dan
atau
tetapi
bahkan
dll.

Soal:
menggabungkan dua kalimat menggunakan kata hubung yang tepat
menentukan kata hubung yang tepat untuk menggabungkan dua buah kalimat

Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.

Mengurutkan kalimat acak menjadi sebuah paragraf yang padu:
harus melihat makna tiap kalimat sehingga dapat mengurutkan sesuai koherensi/kepaduan kalimat dalam paragraf

Soal:
mengurutkan empat kalimat acak menjadi sebuah paragraf padu
melengkapi urutan empat kalimat yang masih rumpang untuk membentuk paragraf yang padu

Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut

 Cara mengurutkan petunjuk cara membuat sesuatu:
 urutkan sesuai penalaran yang masuk akal
 ketelitian dalam mengurutkan sangat berperan penting

 Soal: 
 mengurutkan petunjuk cara pembuatan sesuatu 
 melengkapi urutan petunjuk yang masih rumpang/kosong





Karangan Fiksi dan Nonfiksi


Karangan Fiksi dan Nonfiksi
1. Karangan Fiksi yaitu karangan yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk novel, dan cerita pendek (cerpen). Fiksi ilmiah fiksi ilmu pengetahuan adalah fiksi yang ditulis berdasarkan ilmu pengetahuan, teori, atau spekulasi ilmiah.
Karangan fiksi berusaha menghidupkan perasaan atau menggugah emosi pembacanya. Itulah sebabnya, tulisan ini lebih dipengaruhi oleh subjektifitas pengarangnya.
Bahasa tulisan fiksi selain bermakna denoktatif juga konotatif, dan asosiatif yaitu makna tidak sebenarnya. Selain itu juga bermakna ekspresif yaitu membanyangkan suasana pribadi pengarang. Bahasa tulisan fiksi juga sugestif yaitu bersifat mempengaruhi pembaca dan plastis yaitu bersifat indah untuk menggugah perasaan pembaca.
2. Karangan nonfiktif yaitu karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam keidupan kita sehari-hari. Tulisan nonfiktif biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya.
Karangan nonfiktif berusaha mencapai taraf objektifitas yang tinggi, berusaha menarik, dan menggugah nalar (pikiran) pembaca.
Bahasa karangan nonfiktif bersifat denotative dan menunjukan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda.




dikutip dr: http://indonesialanguage.blogspot.com/2008/03/materi-bahasa-indonesia_6471.html

menentukan makna kata pada puisi yang disajikan

Makna kata pada puisi terkadang berupa makna denotatif (makna sebenarnya) dan makna konotatif (bukan makna sebenarnya).
Contoh makna kata:
kembang: dapat berarti wanita cantik (bila makna konotatif)
Untuk menentukan makna harus melihat konteks keseluruhan puisi.

Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat: menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi

Menentukan pernyataan yang sesuai isi puisi, yang disoroti adalah makna pernyataan dalam puisi.
Bentuk kalimat dapat berbeda, namun mengandung isi yang sesuai.

menentukan pesan yang terkandung dalam paragraf

Pesan dalam paragraf: amanat yang akan disampaikan penulis paragraf.
Misalnya: himbauan reboisasi, himbauan wajib belajar, himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya

menentukan tema paragraf

Tema paragraf adalah topik/inti paragraf.
Tema bersifat umum dan menjadi landasan pengembangan paragraf.

Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:menentukan ringkasannya

Ringkasan adalah bentuk ringkas dari paragraf. Ringkasan hanya mengandung inti sari paragraf.

Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topik

Topik pembicaraan dapat dilihat dari inti pembicaraan, yang selalu dibicarakan, yang selalu diulang-ulang disampaikan.

memperbaiki kalimat laporan yang salah struktur

Kalimat terkadang kurang baku karena memiliki struktur yang salah.
Contoh:
Bagi peserta yang tidak sehat harus membawa surat izin dokter (salah)
Peserta yang sakit harus membawa surat izin dokter (benar)
Siswa yang membawa HP harap dimatikan (salah)
HP bawaan siswa harap dimatikan (benar)

Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat: menentukan isinya

Isi laporan tergantung dari jenis laporan:
Laporan kegiatan: berisi laporan jalannya suatu kegiatan.
Laporan peristiwa: berisi laporan proses kejadian
Laporan percobaan: berisi laporan jalannya percobaan, langkah kerja dan data

Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.

Isi cuplikan cerita anak dapat disimpulkan dengan membaca dan memahami isi cerita.
Isi cerita biasanya bersifat positif memberikan amanat kepada pembaca.

Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang terkandung di dalamnya.

Puisi mengandung kata-kata yang terkadang bermakna denotatif (sebenarnya), terkadang bermakna konotatif (bukan makna sebenarnya).
Untuk menentukan isinya harus cermat meneliti makna yang ada dalam puisi. Makna denotatif atau konotatif.

menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan

kendaraan dapat disesuaikan dengan tempat tujuan:
untuk tempat tujuan yang jauh, melewati air dan darat, serta butuh waktu singkat lebih tepat menggunakan pesawat terbang
untuk tempat tujuan yang relatif dekat, melewati darat, serta tidak harus cepat sampai dapat menggunakan mobil/bus.

Siswa dapat: membuat pernyataan sesuai dengan isi jadwal perjalanan

Ketelitian dan kecermatan adalah kunci dalam membuat pernyataan yang sesuai dengan jadwal perjalanan kendaraan.

Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya

Persamaan kedua teks misalnya: dalam hal isi (apa, siapa,di mana, kapan, mengapa, bagaimana) dalam hal letak kalimat utama (sama-sama di awal ataupun sama-sama di akhir paragraf)

Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.

Pantun: contoh berakit-rakit ke hulu
                       berenang-renang ke tepian
                        bersakit-sakit dahulu
                        bersenang-senang kemudian
Isi: hendaknya kita berusaha keras tanpa kenal lelah supaya mendapat hasil maksimal.

Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.

ungkapan: gabungan kata yang bermakna konotatif.
Contoh:
kepala batu: sulit dinasihati
panjang tangan: suka mencuri
besar mulut: suka membual (kata-kata besar tapi kecil kenyataan)
dll.
(dapat dilihat pada bindoX)

Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang disajikan

Peribahasa: kalimat nasihat yang terkadang bermakna konotatif.
Contoh:
Ada udang di balik batu: ada maksud tersembunyi
Sambil menyelam minum air: melakukan dua tiga pekerjaan dalam satu waktu
Peribahasa lain dapat dilihat pada bindoX ataupun kamus peribahasa

Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.

Antonim: kata-kata yang memiliki makna berlawanan
Contoh:
pandai><bodoh
stabil><labil
suka><duka

Mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.

Kata sulit dalam paragraf misalnya:
renovasi artinya penyempurnaan/pembaharuan (gedung bangunan)
alokasi: penentuan banyaknya barang/uang
dst.
kata sulit dapat dipelajari dari KBBI terbaru

Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat: menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf

Pernyataan yang sesuai isi paragraf: makna sama dengan pernyataan pada paragraf, bentuk kalimat tidak harus sama.

Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya

Simpulan percakapan: dapat dilihat pada pengulangan kata atau topik yang selalu diperbincangkan.

Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya

Kalimat utama biasanya terletak pada kalimat pertama, kalimat terakhir, ataupun keduanya.
Alternatif 1: Carilah kalimat pertama yang bersifat umum,
alternatif 2: Carilah kalimat terakhir yang bersifat umum

Menentukan amanat

Disajikan teks drama:
Soal yang diajukan:
Menentukan amanat drama:
Amanat adalah pesan yang akan disampaikan penulis drama.
Contoh: seorang wanita harus mandiri

Menentukan latar

Disajikan teks drama:
soal yang diajukan:
Menentukan latar drama:
Latar meliputi tempat, waktu, suasana yang ada pada drama.
Contoh: di suatu rumah, pada siang hari, suasana panas.

Disajikan teks drama, siswa dapat menentukan tokoh utama

Terdapat teks drama:
Soal yang diajukan: siswa dapat menentukan tokoh utama.
Tokoh utama: tokoh drama yang selalu dan sering diceritakan, nama tokoh selalu disebut.
Biasanya tokoh utama berwatak baik (protagonis).

Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.

Terdapat cuplikan pengumuman, soal yang diajukan: menentukan isi pengumuman.
Isi pengumuman: memberitahukan adanya..., mengumumkan adanya... .

Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.

Terdapat surat pembaca:
Soal yang diajukan:
Menentukan kalimat saran yang tepat.
Kalimat saran: tidak memaksa, berisi saran yang membangun, memakai kata hendaknya, sebaiknya, akan lebih baik, ... .

Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat

Terdapat urutan acak penggunaan sebuah produk:
Soal yang diajukan: mengurutkan secara tepat.
Urutan yang tepat sesuai penalaran yang logis.
Cermati petunjuk tsb. agar tidak salah mengurutkan.

Menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.

Terdapat penggunaan obat:
Soal yang diajukan:
Menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur: tingkatan umur anak-anak, dewasa akan berbeda penggunaan obatnya.
Bacalah dengan cermat penggunaan obat sesuai tingkatan umur. 

Menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.

Terdapat teks bacaan:
Soal yang diajukan:
Menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf:
kalimat yang sesuai bukan berarti harus sama persis, yang penting adalah kesamaan makna kalimatnya.

menentukan ide pokok salah satu paragraf

Terdapat paragraf:
Soal yang diajukan:
Menentukan ide pokok paragraf:
Ide pokok dapat dilihat pada kalimat pokok (kalimat utama)

Membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf

Terdapat paragraf:
Soal yang diajukan:
Membuat kalimat tanya sesuai isi salah satu paragraf.
Kalimat tanya yang dibuat hendaknya dapat dijawab oleh isi paragraf (jawaban pertanyaan ada pada paragraf)

menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)

Terdapat teks bacaan:
Soal yang diajukan:
Menjawab pertanyaan dengan kata tanya apa: 
Jawaban biasa berupa: benda, hal, peristiwa.
Menjawab pertanyaan dengan kata tanya siapa:
Jawaban biasa berupa: pihak, orang, ... .
Menjawab pertanyaan dengan kata tanya bagaimana:
Jawaban biasa berupa: proses, jalannya suatu kegiatan/peristiwa, ... .
Menjawab pertanyaan dengan kata tanya mengapa:
Jawaban biasa berupa: sebab terjadinya sesuatu, mengapa suatu peristiwa bisa terjadi

Trik mengerjakan soal UN bahasa Indonesia seputar mencari bagian-bagian teks

1. mencari kalimat utama: lihat awal paragraf ataupun akhir paragraf: pilihlah kalimat yang bersifat umum
2. mencari gagasan utama:
alternatif 1:lihat kalimat utama, ambil idenya saja
alternatif 2: lihat pengulangan kata (kata yang sering diulang pada   kalimat-kalimat dalam paragraf)
3. mencari simpulan paragraf:lihat awal paragraf ataupun akhir paragraf: pilihlah kalimat yang bersifat umum, ada unsur subjektivitas

TIPS cerdas mengerjakan UN bahasa Indonesia


1. Cermati soal sepaket LJUN, bila soal tidak ada yang rusak, sudah komplit dari nomor satu sampai terakhir, silakan soal diberi identitas anda. 
2. Pisahkan LJUN dan soal dengan hati-hati. Silakan beri identitas pada LJUN.
3. Bacalah dan pahami semua petunjuk pengerjaan soal dengan teliti!
     Perhatikan pula contoh pengerjaan soal yang tersaji pada soal dan petunjuk pengisian LJUN!
4. Bacalah soal yang tersedia dari yang paling mudah dulu (soal sulit lebih baik ditinggalkan dulu), sambil menandai alternatif jawaban yang paling tepat.
5. Kerjakan soal dengan cara memulai dari soal, bukan dari wacana atau ilustrasi soal!
6. Masukkan jawaban Anda ke dalam LJUN dengan cara hanya menandainya saja, tidak menghitamkan terlebih dulu (namun anda harus menyediakan waktu untuk menghitamkan bulatan jawaban)!
7. Setelah semua tertandai kemungkinan jawaban yang benar, baru menghitamkan LJK sambil kembali membaca soalnya.
8. Manfatkan waktu pengerjaan soal yang cukup panjang (120 menit)secara optimal
9. Tentu saja, Anda awali pekerjaan dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa!
10. Teliti kembali pekerjaan anda sebelum dikumpulkan, baik identitas, jawaban soal, dan kebersihan LJUN.
11. Setelah keluar dari ruang UN, usahakan untuk tidak membahas soal yang tadi telah anda selesaikan, persiapkan diri untuk menghadapi UN hari berikutnya.
 

Soal UN bahasa Indonesia SMP Tahun Pelajaran 2011/2012 dan pembahasan


1. Bacalah paragraf berikut!
Kembang bunga glabrata memang unik. Kantong ketakungnya terlihat berbeda dengan
nephentes yang lain karena memiliki dua sayap memanjang di bagian depannya. Keunikan
lain kantong glabrata adalah kelopaknya yang sangat tipis sehingga seperti transparan.
Dengan kantong itulah sang ketakung memerangkap mangsa dari golongan artropoda.
Gagasan utama paragraf tersebut adalah…
A. Keunikan bunga glabrata
B. Perbedaan bunga glabrata
C. Keunikan kembang bunga glabrata
D. Perbedaan kembang bunga glabrata
Jawaban: A
Pembahasan:
Gagasan utama dari paragraf di atas ada pada kalimat pertama.
Bacalah kedua kutipan teks berita berikut, kemudian kerjakan soal nomor 2 dan 3!
Teks berita 1 Teks berita 2
Selama ini areal parkir lebih sering
digunakan sebagai tempat belajar menyetir
mobil oleh sejumlah lembaga
penyelenggara kursus setir mobil.
“Sebaiknya, areal itu ditata karena tidak
lagi dipakai untuk lahan parkir. Daripada
nantinya menimbulkan permasalahan
dalam berbagai bentuk, seharusnya pihak
pengelola segera menanganinya,” terang
Lurah Sriwedari, Tribroto Wahyu Jati P,
S.H. saat ditemui di kantornya.
Lurah Selokajang bertutur saat ditemui di selasela
kesibukannya, Jumat lalu. Sejumlah lahan
parkir dipakai untuk berlatih nyetir mobil.
Mestinya pihak pengelola segera
menanganinya. Memang ada juga yang masih
berfungsi sebagai tempat parkir, lanjutnya.
Namun, sejumlah oknum petugas ada yang
menarik parkir untuk kendaraan roda dua.
Dalam praktiknya banyak yang menarik
Rp2.000,00 dan Rp 4.000,00 untuk mobil.

2. Persamaan isi kedua kutipan berita tersebut adalah…
A. Pelaku yang menjadi narasumber
B. Waktu terjadinya peristiwa tersebut
C. Keberadaan tempat narasumber
D. Areal parkir yang berubah kegunaan
Jawaban: D
Pembahasan:
Persamaan isi kedua kutipan berita tersebut adalah sama-sama membahas areal parker
yang berubah kegunaannya.
3. Perbedaan cara penyajian kedua berita tersebut adalah…
A. Teks 1 diawali dengan apa; teks 2 diawali dengan siapa
B. Teks 1 diawali dengan siapa; teks 2 diawali dengan bagaimana
C. Teks 1 diawali dengan bagaimana; teks 2 diawali dengan kapan
D. Teks 1 diawali dengan kapan; teks 2 diawali dengan mengapa
Jawaban: A
Pembahasan:
Dapat dilihat dari kalimat pertama kedua berita di atas. Kalimat pertama pada beritapertama diawali dengan apa, sedangkan pada kalimat pertama berita kedua diawali
dengan siapa.
Bacalah teks berikut kemudian kerjakan soal nomor 4 dan 5!
Wage Rudolf Supratman lahir di Sumongari, 9 Maret 1903. W.R. Supratman sangat
pandai bersandiwara dan mahir bermain alat musik. Setiap waktu luang, ia manfaatkan
untuk bermain musik termasuk biola.
Keberaniannya mengutarakan pendapat membuat ia diangkat menjadi pembantu surat
kabar Kaom Muda di Bandung. Meskipun gajinya kecil, ia puas karena ia dapat bebas
mengutarakan pendapat serta pikiran dalam tulisan-tulisannya. W.R. Supratman menulis dan
menggubah lagu-lagu perjuangan untuk mengobarkan semangat nasionalisme dan rasa cinta
tanah air. Ia dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya

4. Keistimewaan tokoh tersebut adalah…
A. Pembantu surat kabar Kaom Muda
B. Pemain sandiwara yang hebat
C. Pencipta lagu Indonesia Raya
D. Penulis berita di surat kabar
Jawaban: C
Pembahasan:
Tokoh Wage Rudolf Supratman mempunyai keistimewaan sebagai pencipta lagu
Indonesia Raya.
5. Sifat yang baik untuk diteladani dari W.R. Supratman adalah…
A. Suka menolong orang yang tidak mampu
B. Memanfaatkan waktu luang dengan hal positif
C. Suka memberi daripada menerima
D. Mudah memaafkan kesalahan orang lain
Jawaban: B
Pembahasan:
Lihat pada paragraf pertama kalimat ketiga, Wage Rudolf Supratman selalu
memanfaatkan waktu luangnya dengan hal yang positif yaitu bermain musik terutama
biola.6. Perhatikan iklan berikut!
(1) Belajar lebih atraktif dan menyenangkan
(2) Telah hadir VCD pembelajaran
(3) Harga sesuai kualitas
(4) Tersedia di PT Sinar Terang telepon 021 -
464646
Kalimat fakta pada iklan tersebut ditandai nomor…
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: B
Pembahasan:
Kalimat kedua dan kalimat keempat merupakan kalimat fakta karena nyata terjadi dan
bukan merupakan opini.
7. Bacalah teks iklan berikut!
(1) Radio akan tetap jaya meskiteknologinya dianggap lama. (2) Musik, pendidikan,
politik, bahkan curhat bisa anda dapatkan melalui radio. (3) Meski selalu muncul
teknologi baru, radio tetap bikin keluarga semakin seru. (4) Jika terganggu
penglihatan anda, radio adalah solusinya.
Maksud isi kalimat (4) tersebut adalah…
A. Radio khusus diperuntukkan bagi orang buta saja
B. Radio sangat cocok bagi orang yang terganggu pendengarannya
C. Orang yang terganggu penglihatan tetap mendapat informasi melalui radio
D. Informasi penting tentang musik, pendidikan dapat diperoleh melalui radio
Jawaban: C
Pembahasan:
Maksud yang paling tepat dari paragraf di atas adalah orang yang terganggu
penglihatannya tetap dapat mendapat informasi melalui radio.8. Bacalah paragraf berikut!
Ada beberapa cara yang dilakukan untuk menghemat pengeluaran. Pertama, kita beralih dari
kendaraan mobil ke sepeda motor. Kedua, memangkas keperluan berdasarkan prioritas.
Ketiga, belanja sesuai dengan daftar rencana. Keempat, harus pandai mengendalikan
keinginan berbelanja.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah…
A. Kita harus berusaha memiliki uang
B. Kita harus pandai mengatur pengeluaran
C. Kita membeli perabotan rumah tangga
D. Kita membeli alat-alat canggih dan mahal
Jawaban: B
Pembahasan:
Untuk dapat menghemat, kita harus pandai mengatur pengeluaran sehingga jawaban yang
paling tepat adalah yang B.

9. Perhatikan grafik berikut!..... .
Pernyataan yang sesuai dengan isi grafik adalah…
A. Wisatawan mancanegara senang berkunjung ke Gunung Tandikek
B. Kunjungan wisatawan mancanegara selalu meningkat setiap tahun
C. Peningkatan jumlah kunjungan tahun 2010 lebih banyak daripada tahun 2009
D. Kunjungan wisatawan mancanegara ke Gunung Tandikek paling tinggi pada tahun 2010
Jawaban: D
Pembahasan:
Dapatdilihat pada kurva di atas bahwa pada tahun 2010 kunjungan wisatawan
mancanegara ke Gunung Tandikek paling tinggi.

10. Perhatikan tabel berikut!
Tabel: Pengunjung Danau Kembar..... .
Simpulan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah…
A. Jumlah kunjungan wisatawan paling banyak terjadi pada tahun 2008
B. Wisatawan yang berkunjung ke Danau Kembar berasal dari berbagai daerah
C. Wisatawan yang berkunjung ke Danau Kembar dapat menikmati pemandangan
D. Jumlah pengunjung Danau Kembar sejak tahun 2007 s.d. 2010 naik
Jawaban: D
Pembahasan:
Dapat dilihat pada tabel di atas dari tahun 2007 sampai tahun 2010 jumah pengunjung
Danau Kembar selalu meningkat.
11. Perhatikan bagan berikut!
..... .

Pernyataan yang sesuai isi bagan tersebut adalah…
A. Wakasek Ur. Kurikulum dan Wakasek Ur. Kesiswaan (Humas) saling berkoordinasi
B. Kepala sekolah hanya membawahi Tata Usaha, Wakasek Ur. Kurikulum dan Wakasek
Ur. Kesiswaan
C. Dalam melaksanakan tugas, antardewan tidak perlu berkoordinasi
D. Dalam melaksanakan kegiatan, dewan guru berkoordinasi dengan Tata Usaha
Jawaban: A
Pembahasan:
Dapat dilihat dari bagan di atas terdapat garis putus-putus antara Wakasek Ur. Kurikulum
dengan Wakasek Ur. Kesiswaan (Humas) yang dalam keterangan di atas berarti keduanya
saling berkoordinasi.
12. Perhatikan denah berikut!
..... .

Perjalanan paling dekat dari A ke B adalah…
A. Jalan Mawar, Jalan Kecubung, Jalan Matahari
B. Jalan Asoka, Jalan Melati, Jalan Sedap Malam
C. Jalan Asoka, Jalan Mawar, Jalan Kecubung
D. Jalan Mawar, Jalan Kecubung, Jalan Lili
Jawaban: B
Pembahasan:
Dapat dilihat dari denah di atas bahwa perjalanan yang paling dekat dari A ke B adalah
melalui jalan Asoka, Jalan Melati, dan Jalan Sedap Malam

Bacalah puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 13 dan 14!
Kupu-kupu
(1) Alangkah elok rupamu
(2) Terbang kian kemari
(3) Di antara bunga-bunga
(4) Mencari madu
(5) Kadang kulihat engkau tertegun
(6) Di tangkai dan daun-daun
(7) Atau berkejaran bersama kawanmu
13. Tema puisi tersebut adalah…
A. Kekaguman terhadap kupu-kupu
B. Keindahan bunga-bunga
C. Ketulusan pengejar kupu-kupu
D. Kegembiraan anak desa
Jawaban: A

Pembahasan:
Setiap kalimat di atas ditujukan untuk kupu-kupu.
14. Larik bermajas pada puisi tersebut ditandai nomor…
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (4) dan (6)
D. (5) dan (7)
Jawaban: D
Pembahasan:
Majas terdapat pada nomor 5 dan 7.

15. Bacalah kedua kutipan puisi berikut!
Puisi I Puisi II
Hutan ….
Hijau subur
Menyelimuti gunung dan
bukit
Sumber kehidupan
Hutanku tak hijau lagi
Gundul, gersang kerontang
Tangan-tangan tuan
menebang
Meski dilarang
Perbedaan pesan kedua puisi tersebut adalah…
Puisi I Puisi II
A. Tebang hutan! Jangan menghijaukan hutan!
B. Gunduli hutan! Cegah penghijauan hutan!
C. Telantarkan hutan! Cegah pelestarian hutan!
D. Peliharalah hutan! Jangan rusak hutan!
Jawaban: D
Pembahasan:
Puisi I menjelaskan tentang manfaat hutan sehingga memiliki pesan untuk memelihara hutan sedangkan pada puisi kedua menjelaskan tentang hutan yang telah dirusak oleh
manusia sehingga memiliki pesan untuk melarang manusia merusak hutan.
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 16 s.d.
18!
Suatu sore pernah saya kedatangan tamu yang tak diundang. Waktu itu saya sedang duduk rileks di
beranda rumah, sambil makan roti tawar. Tiba-tiba seorang pengemis lelaki menyodorkan telapak
tangannya pada saya. Orangnya kurus kering. Pakaian dekil dan bertambal sana sini. “Sedekah Tuan.
Kasihanilah saya orang tak punya.” Demikian sang pengemis melontarkan permintaan pada saya
Mungkin karena saya masih diam dan bermuka tak damai, kembali si pengemis dengan mimik
yang meyakinkan menadahkan tangan.
“Tolonglah beri makan sedikit saja Tuan. Dari kemarin saya belum makan, lapar Tuan …”
Terdorong oleh perasaan kemanusiaan yang sama-sama punya hak atas hasil bumi nusantara ini,
saya berdiri. Lalu sepotong roti tawar saya comot dari piring. Lantas roti itu saya lemparkan padanya.
Pas jatuh di lantai dekat kakinya. Saya kira ia akan cepat-cepat menerkam roti itu dan dengan rakusnya
melumatnya habis. Sebab, ia lapar bukan? Eh, tau-taunya si pengemis ini tertegun. Matanya yang tadi
sayu, kini menatap saya tajam. Sambil menyeka keringat kelaparan yang meleleh di keningnya,
pengemis itu berkata dengan sopan kepada saya.
“Maaf Tuan, saya memang lapar … Tetapi cara Tuan memberi saya tadi mengakibatkan saya
kenyang. Terima kasih, Tuan!” Kemudian ia berlalu.

16. Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah…
A. Pagi siang hari di rumah
B. Siang hari di depan rumah
C. Sore hari di beranda rumah
D. Sore hari di dalam rumah
Jawaban: C
Pembahasan:
Lihat pada paragraf pertama kalimat pertama.
17. Bukti yang menunjukkan watak tokoh saya angkuh terdapat pada…
A. Paragraf pertama kalimat kedua
B. Paragraf pertama kalimat ketiga
C. Paragraf keempat kalimat pertama
D. Paragraf keempat kalimat ketiga
Jawaban: D
Pembahasan:
Jawaban D merupakan jawaban yang paling tepat karena terdapat kalimat yang
menjelaskan tokoh saya melempar roti kepada pengemis 18. Cara pengarang menggambarkan watak tokoh saya dalam kutipan cerpen tersebut
adalah…
A. Pelukisan tindakan
B. Diceritakan tokoh lain
C. Dialog antartokoh
D. Diceritakan pengarang
Jawaban: A
Pembahasan:
Si pengarang pada kutipan cerpen di atas berperan sebagai tokoh saya sehingga ia pun
menggambarkan watak tokoh saya dengan pelukisan tindakan yang tokoh saya lakukan.

19. Bacalah kutipan cerita tersebut!
Amanat kutipan cerita tersebut adalah…
A. Sebagai anak sekolah hendaklah bersabar
B. Berani berbuat berani bertanggung jawab
C. Kalau bermain di lapangan harus sportif
D. Guru harus ditakuti dan disayangi
Jawaban: D
Pembahasan:
Pada paragraf di atas mengandung pesan bahwa seorang guru harus ditakuti dan
disayang.

20. Bacalah kutipan cerita berikut!
Konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah…
A. Isi tas Rahma dikeluarkan oleh teman akrabnya.
B. Perbedaan pendapat antara Rahma dan temannya.
C. Buku-buku yang ada dalam tas Rahma diambil oleh teman akrabnya.
D. Perbedaan antara profesi dukun, sastrawan, dan budayawan.
Jawaban: B
Pembahasan:
Pada kutipan cerita di atas terdapat konflik yang terjadi karena adanya perbedaan
pendapat antara Rahma dengan temannya.
“Cuma buku?” Tanya teman akrab Rahma sambil mengeluarkan semua isi tas Rahma. Bukubuku
ini diperiksa satu per satu.
“Rahma kamu sudah beralih profesi ya?” tanyanya pada Rahma.
“Sebenarnya profesimu paranormal, budayawan, satrawan, atau apa sih?” lanjutnya.
“Memangnya bangsa kita hanya memerlukan perawat? Dukun dan satrawan pun diperlukan
asal mempunyai kemampuan dan keterampilan andal,” kata Rahma. “Jangan idealis Rahma.
Kita ini diangkat untuk menjadi perawat dan menangani kesehatan,” kata temannya. “Kalau
tidak ada yang sakit dan tidak ada pasien yang datang ke puskesmas, apakah kita harus
berpegang teguh pada profesi itu?” Tanya Rahma. Bermula dari gurauan, akhirnya
pembicaraan itu berkembang menjadi serius. Percakapan yang setengah bertengkar itu
berhenti dengan sendirinya setelah orang-orang di sekitarnya memusatkan perhatian kepada
mereka.

21. Bacalah kedua kutipan novel berikut!
Novel I Novel II
“Bu, saya termasuk yang kena PHK.”
“Saya sudah merasa.”
“Kok tahu?”
“Tidak tahu juga, Cuma merasa.”
“Feeling to.”
“Entah. Rasanya sore ini kamu lain
saja.”
Di tengah jalan tergeletak bangkai
burung. Kupacu lagi kudaku. Di tempat
lain tampak bangkai burung lagi. Pada
setiap jarak tertentu selalu ada bangkaibangkai
burung sahabatku. Aku tahu.
Semua ini adalah perbuatan jahat
Matropik.
Perbedaan karakteristik kedua novel tersebut ialah…
Novel I Novel II
A.
B.
C.
D.
Tokoh-tokohnya tidak jelas.
Alurnya runtut.
Watak disajikan melalui dialog tokoh.
Latarnya tampak.
Ada tokoh protagonis dan antagonis.
Alurnya tidak runtut.
Watak dijelaskan langsung oleh penulis.
Latarnya tidak tampak.
Jawaban: A
Pembahasan:
Pada novel I tokoh-tokoh nya tidak jelas karena tidak diberitahu atau dijelaskan siapa tokoh-tokoh tersebut, sedangkan pada novel II jelas bahwa terdapat tokoh protagonis
yaitu tokoh aku dan tokoh antagonis yaitu Matropik karena dijelaskan bahwa dia telah
berbuat jahat.
Bacalah kutipan naskah drama berikut kemudian kerjakan soal nomor 22 dan 23!
Hari telah menunjukkan pukul 18.30. Kakek dan nenek berada di dalam rumah.
Nenek : (bicara sendiri) Ah, dasar kayak nggak pernah ingat, sudah pikun!
Pekerjaannya tak ada lain cuma bersolek. Dikiranya masih ada gadis-gadis yang suka
memandang. Hem… (mengambil cangkir lalu minum)
Kakek : (masuk) Bagaimana kalau aku pakai pakaian ini, Bu? (tetap bercermin membiarkan nenek
masuk ke kamar)
nenek : Astaga! Tuan rumah mau pesiar ke mana menjelang malam begini?
Kakek : Tidak ke mana-mana. Cuma duduk-duduk saja sambil membaca Koran.
Nenek : Mengapa membaca Koran pakai kopiah segala?
Kakek : Agar komplit, Bu.
Nenek : Ya … waktu dulu kau jadi juru tulis, empat puluh tahun lampau … hebat sekali memang.
Tapi sekarang, kopiah hanya bernilai tambah penghambat belaka. (mendekati dan berdiri di sebelah
kakek hingga berdiri sejajar)

22. Suasana yang tergambar pada kutipan naskah drama tersebut adalah…
A. Tenang
B. Akrab
C. Haru
D. Risau
Jawaban: D
Pembahasan:
Suasana yang tergambar dari kutipan naskah drama tersebut adalah risau karena tokoh
nenek merasa risau dengan tingkah laku suaminya.
23. Latar pada kutipan naskah drama tersebut adalah…
A. Pagi hari di kamar
B. Siang hari di rumah
C. Sore hari di dapur
D. Malam hari di kamar
Jawaban: D
Pembahasan:Pada kutipan naskah tersebut telah dijelaskan bahwa hari telah menunjukkan pukul 18.30
sehingga latar pada kutipan naskah drama tersebut adalah pada malam hari di kamar

24. Perhatikan ilustrasi berikut!
Penulisan catatan harian nadya sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
A. Hari ini, aku senang sekali karena nilai ulangan bahasa Indonesiaku bagus. Lusi
sahabatku mendapat nilai buruk. Aku berusaha menghiburnya. Untungnya dia mau
mendengarku.
B. Aku mendapat nilai ulangan yang bagus sekali hari ini. Aku telah belajar habis-habisan
malam sebelumnya. Pak Rino dan Lusi, temanku sangat bangga karenanya.
C. Pak Rino, guru bahasa Indonesiaku sangat bangga, karena aku mendapat nilai yang
sempurna. Aku sangat senang. Lusi, sahabatku langsung memberiku ucapan selamat dan
memberi semangat kepadaku.
D. Lusi, sahabatku, langsung marah-marah kepadaku saat aku menerima hasil ulanganku
hari ini. Ia kesal karena nilainya tidak berbeda jauh dariku. Ia kurang puas dengan
penilaian dari Pak Rino, guru kami.
Jawaban: A
Pembahasan:
Jawaban yang tepat adalah jawaban yang A karena dijelaskan bahwa Nadya mendapat
nilai ulangan yang bagus dan telah berhasil menghibur temannya yang mendapat nilai
jelek.
Jumat pagi, Pak Rino baru saja membagikan hasil ulangan harian pelajaran bahasa Indonesia.
Nadya yang sudah belajar sungguh-sungguh mendapat nilai yang sempurna. Akan tetap, Lusi
sahabatnya mendapat nilai sebaliknya. Lusi kelihatannya sangat kecewa. Melihat hal itu,
Nadya berusaha menghibur dan kelihatannya berhasil.25. Bacalah ilustrasi berikut!
Berdasarkan program kerja tanggal 1 Agustus ini, Kepala SMP Budi Mulia memimpin
rapat dengan dewan guru untuk membicarakan program semester. Tiba-tiba tanggal 31
Juli ia menerima surat supaya mengikuti rapat MKKS dengan Kepala Dinas Pendidikan.
Ia menulis pesan singkat untuk Pak Wiro, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
supaya menggantinya memimpin rapat di sekolah.
Pesan singkat yang tepat ditulis Kepala Sekolah kepada Pak Wiro…
A. Pak Wiro, tolong gantikan saya memimpin rapat program semester di sekolah.
Saya mengikuti rapat MKKS dengan Kepala Dinas Pendidikan.
B. Pak Wiro, Bapak harus mengganti saya memimpin rapat di sekolah. Hari ini saya
rapat dengan Kepala Dinas Pendidikan.
C. Saya tidak dapat datang ke sekolah hari ini karena harus mengikuti rapat dengan
Kepala Dinas Pendidikan.
D. Maaf ya Pak Wiro, saya tidak dapat datang memimpin rapat di sekolah hari ini.
Saya ada keperluan penting. Bapak menggantikan saya, ya?
Jawaban: A
Pembahasan:
Pesan singkat yang memuat semua informasi, tujuan, dan berisi kata-kata yang cukup
sopan adalah jawaban yang A.
26. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!
(1) Kompleks Istana Kepresidenan terdiri atas Istana Merdeka dan Istana Negara.
(2) Selanjutnya, kami mulai menjelajahi seisi kompleks Istana Kepresidenan.
(3) Istana Negara menghadap ke Jalan Veteran.
(4) Pukul 09.00 WIB rombongan kami tiba di Istana Kepresidenan.
(5) Istana Merdeka menghadap ke Taman Monumen Nasional (Monas).
Kalimat-kalimat tersebut akan menjadi laporan yang baik dengan susunan….
A. (5), (2), (1), (3), (4)
B. (4), (2), (1), (5), (3)
C. (3), (1), (2), (5), (4)
D. (2), (4), (3), (1), (5)
Jawaban: B
Pembahasan:
Jawaban yang paling tepata adalah yang B karena merupakan urutan yang benar

27. Bacalah ilustrasi berikut!
Pada Hari Kemerdekaan akan diadakan upacara bendera di sekolah. Setelah selesai
melaksanakan upacara bendera, berbagai macam perlombaan akan dilaksanakan, di
antaranya: peragaan busana daerah, atraksi masing-masing ekstrakulikuler, dan
perlombaan menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Seluruh siswa diharapkan hadir di
sekolah. Siswa yang akan mengikuti perlombaan diminta segera mendaftar di ruang OSIS
tanggal 3 sampai dengan tanggal 15 Agustus 2011.
Isi pengumuman sesuai ilustrasi tersebut adalah…
A. Pelaksanaan lomba peragaan busana daerah, menyanyikan lagu-lagu perjuangan pada
tanggal 3 sampai dengan tanggal 15 Agustus 2011. Daftarkan segera.
B. Pelaksanaan lomba peragaan busana daerah, atraksi-atraksi masing-masing
ekstrakulikuler dilaksanakan setelah selesai upacara bendera. Pendaftaran peserta
tanggal 3 – 15 Agustus 2011 di ruang OSIS.
C. Berbagai macam lomba setelah upcara bendera yaitu peragaan busana daerah, atraksiatraksi
masing-masing ekstrakulikuler dan perlombaan menyanyikan lagu-lagu
perjuangan. Peminat segera mendaftarkan.
D. Peragaan busana daerah, atraksi-atraksi ekstrakulikuler, dan perlombaan
menyanyikan lagu-lagu perjuangan, setelah selesai upacara bendera pendaftaran di
ruang OSIS tanggal 3 sampai dengan tanggal 15 Agustus 2011. Ramaikanlah.
Jawaban: B
Pembahasan:Pembahasan:
Jawaban yang berisi kalimat efektif dan informatif yang paling tepat menjadi isi
pengumuman sesuai dengan ilustrasi di atas adalah jawaban yang B

28. Perhatikan data buku berikut!
Judul buku : Mengungkap Misteri Otak Tengah.
Penulis : dr. Arman Yuri Saldi S.
Volume : 100 halaman 15 bab
Keunggulan : Isi buku sangat bagus. Membahas tentang otak manusia dari sisi anatomi
sampai membentuk generasi yang cerdas. Pembahasan juga sangat mudah
dipahami karena ditunjang dengan gambar.
Kelemahan : Tidak dilengkapi dengan glosarium.
Paragraf resensi yang tepat adalah…
A. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yuri Saldi S.
dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi
memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang
dikandungnya. Di mulai dari penjelasan anatomi otak secara menyeluruh sampai
pembahasan cara membentuk generasi cerdas dan kreatif.
B. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini sangat tepat sebagaimana isi yang
dikandungnya dimulai dari penjelasan anatomi otak secara menyeluruh sampai
pembahasan cara membentuk generasi cerdas dan kreatif. Buku karya dr. Arman Yuri
Saldi S. dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat
berfungsi memperjelas pembahasan yang sudah bagus walau tidak dilengkapi
glosarium.
C. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yuri Saldi S.
dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yang sangat berfungsi
memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang
dikandungnya.
D. Mengungkap Misteri Otak Tengah, judul buku ini karya dr. Arman Yuri Saldi S.
dengan volume 100 halaman dilengkapi dengan gambar yangs sangat berfungsi
memperjelas pembahasan yang sudah bagus sangat tepat sebagaimana isi yang
dikandungnya. Akan tetapi buku ini tidak dilengkapi glosarium.
Jawaban: D
Pembahasan:
Jawaban D merupakan jawaban yang paling singkat dan jelas.

29. Cermatilah ilustrasi berikut!
Shinta yang hebat,
[…]. Aku dan adik-adik serta keluarga juga sehat selalu. Setelah dua bulan lalu
aku pindah ke Jakarta kamu tidak berkabar sama sekali. Sibuk dengan tugas di sekolah
ya? Aku ingin kamu berbagi cerita seperti dulu mau kan?
Kalimat pembuka yang tepat untuk mengawali surat tersebut adalah…
A. Kuharap kamu dan keluarga saat ini baik-baik saja.
B. Kuingin kamu dan teman-teman tidak akan melupakanku.
C. Kuyakin teman-teman kita masih sering berkomunikasi.
D. Kukira kabar-kabar kesehatan teman perlu kita sampaikan juga.
Jawaban: A
Pembahasan:
Kalimat pembuka yang paling tepat untuk melengkapi surat di atas adalah kalimat pada
jawaban A.

30. Bacalah kutipan surat dinas berikut!
Yth. Kepala SMP Jaya Wiyata
Jalan Kemerdekaan 21
Boyolali
Dengan hormat,
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional panitia peringatan Hardiknas akan
mengadakan “Malam Amal Pendidikan”. Sehubungan dengan hal tersebut kami
memohon kehadiran Bapak pada
hari, tanggal : Rabu, 4 Mei 2011
waktu : pukul 19.00 sampai dengan 22.00
tempat : Aula SMP Jaya Wiyata
[…]
Penutup surat yang paling tepat untuk mengisi bagian rumpang tersebut adalah…
A. Atas kebijaksanaannya menghadiri acara tersebut, terima kasih kami ucapkan.
B. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, panitia mengucapkan banyak terima kasih.
C. Atas kesediaan menghadiri acara tersebut, tak lupa diucapkan terima kasih.
D. Atas kehadiran Bapak, kami mengucapkan terima kasih.

Jawaban: B
Pembahasan:
Apabila menggunakan kata-kata atas kehadiran berarti jawaban tersebut salah karena
pada surat tersebut kepala sekolah belum menghadiri acara tersebut

31. Bacalah kutipan surat pembaca berikut!
Minggu, 21 Juni 2011 saya melihat sampah menumpuk di salah satu terminal bus.
Baunya sangat mengganggu calon penumpang bus di lokasi itu. […] Terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi surat pembaca tersebut adalah…
A. Harap calon penumpang tidak usah menghiraukannya.
B. Petugas organda dimohon melupakannya.
C. Awak bus dimohon membersihkannya.
D. Mohon yang berwenang membereskannya.
Jawaban: D
Pembahasan:
Apabila terdapat tumpukkan sampah di terminal maka yang harus membereskan sampah
tersebut adalah pihak yang berwenang di terminal tersebut.
32. Bacalah kutipan bacaan berikut!
Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional pada
namanya wajib melepaskan embel-embel tersebut. Peraturan yang mewajibkan hal itu
mulai berlaku mulai Agustus 2010.
Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan
pasien. Padahal kelangsungan hidup mereka bergantung pada rumah sakit.
Rangkuman bacaan tersebut yang tepat adalah…
A. Kewajiban melepaskan kata internasional pada nama rumah sakit dimaksudkan untuk
menghindari kesesatan interpretasi oleh pasien.
B. Sejumlah rumah sakit yang menggunakan kata tambahan internasional wajib
melepaskan embel-embel tersebut.
C. Persoalan nama itu penting untuk menghindari kesesatan interpretasi di kalangan
pasien rumah sakit berlabel internasional.
D. Pelepasan kata internasional pada sejumlah rumah sakit penting karena kelangsungan
hidup pasien ada pada rumah sakit.
Jawaban: A
Pembahasan:
Rangkuman yang paling tepat adalah rangkuman pada jawaban A.

33. Perhatikan ilustrasi berikut!
Denilson Tomy Toja meninggal dunia saat usia 2 tahun. Ia menderita rabies dan
meninggal di RSUD TC Hillers, Maumere, pada hari Sabtu tanggal 13 Agustus 2011.
Kondisi Denilson sangat kritis sehingga tidak tertolong. Bahkan otot tenggorokannya
sudah kaku.
Teks berita berdasarkan ilustrasi tersebut adalah…
A. Denilson Tomy Toja (2) pasien penderita rabies akhirnya meninggal dunia. Ia sempat
dirawat di RSUD TC Hillers, Maumere, Sabtu (13/8). Kondisinya sudah kritis.
Bahkan, sudah sulit minum karena tenggorokannya kaku.
B. Pasien penderita rabies yang sempat dirawat di RSUD akhirnya meninggal dunia.
Dokter menyatakan tidak sanggup lagi. Pasien itu bernama Denilson Tomy Toja yang
berumur dua tahun.
C. RSUD TC Hillers, Maumere menerima pasien bernama Denilson Tomy Toja (2).
Namun akhirnya meninggal dunia karena pasien penderita rabies yang sudah kritis.
D. Akhirnya, Denilson meninggal dunia setelah berjuang melawan rabies. Padahal ia
sudah dirawat di RSUD TC Hillers, Maumere. Memang kondisinya sudah kritis,
bahkan otot tenggorokannya sudah kaku.
Jawaban: A
Pembahasan:
Teks berita yang paling tepat dan komunikatif adalah teks pada jawaban A.
34. Bacalah ilustrasi berikut!
Untuk membudayakan gemar membaca, sekolah mengadakan lomba membuat sinopsis
buku fiksi dan membuat rangkuman buku nonfiksi. Agar memacu motivasi peserta,
panitia membuat slogan.
Slogan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah…
A. Membaca untuk mengisi waktu.
B. Membaca itu sangat penting.
C. Pengetahuan diperoleh dari membaca.
D. Sinopsis dilombakan membaca dibudayakan.
Jawaban: D
Pembahasan:
Slogan yang paling tepat untuk perlombaan sinopsis dan untuk membudayakan gemar
membaca adalah slogan pada jawaban D.

35. Bacalah ilustrasi berikut!
Karena desakan kebutuhan, Bapak Nyoto akan menjual Toyota LGX tahun 2006 yang
berwarna hijau metalik. Mobil tersebut akan ditawarkan 140 juta, tetapi masih bisa
ditawar. Penjualan dilakukan melalui iklan baris pada Suara Merdeka. Peminat harap
menghubungi Bapak Nyoto, telepon (024) 8751514.
Iklan baris yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah…
A. Dijual segera toyota LGX harga 140 juta warna hijau, bodi mulus dijamin puas dapat
menghubungi Bapak Nyoto. Telp. (024) 8751514.
B. Jual cpt BU Toyota LGX thn 2006, warna hijau met. Bodi mls. 140 jt nego. Hubungi
Bapak Nyoto. Telp (024) 8751514.
C. Akan dijual segera mobil Toyota LGX th’ 06 bodi mls, warna hijau mtl 140 juta bks
milik wnt hub Nyoto (024) 8751514.
D. Akan dijual dengan segera Toyota LGX 2006, bodi sangat mulus dan dijamin puas
masih bisa di tawar, warna hijau metalik pegangan wanita. Hubungi Bapak Nyoto
(024) 8751514.
Jawaban: B
Pembahasan:
Iklan baris yang paling tepat adalah iklan baris yang ada pada jawaban B karena iklan
baris harus singkat.

36. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Masukkan daun ± 10 menit, lalu angkat dan cuci bersih dengan air sebanyak 3 kali.
(2) Setelah kering daun disetrika satu per satu.
(3) Didihkan air, lalu campur dengan asam sitrat/garam, bila ingin berwarna masukkan
pewarna.
(4) Buatlah kotak dari kertas karton, lalu tempelkan daun kering di atasnya dengan lem,
maka jadilah kotak berhiaskan daun kering.
(5) Setelah bersih daun diangin-anginkan di atas kertas karton.
Pernyataan tersebut akan menjadi petnjuk membuat kotak hiasan daun yang tepat bila
disusun dengan urutan….
A. (1), (5), (3), (4), (2)
B. (4), (3), (2), (1), (5)
C. (3), (1), (5), (2), (4)
D. (3), (5), (1), (2), (4)
Jawaban: C
Pembahasan:
Urutan yang paling benar adalah urutan yang ada pada jawaban C

37. Perhatikan petunjuk berikut!
Petunjuk membuat jamu jerawat
(1) Kupaslah kulit kunyit dan temulawak putih.
(2) Cucilah semua bahan tersebut.
(3) Rebuslah semua bahan dengan 3 gelas air.
(4) […]
(5) Kecilkan apinya hingga air tinggal setengah gelas.
(6) […]
Kalimat yang paling tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah…
A. (4) Tambahkan gula atau madu sebagai pemanis.
(6) Tunggulah beberapa saat hingga air rebusan habis.
B. (4) Tambahkan gula atau madu sebagai pemanis.
(6) Tunggulah hingga mendidih.
C. (4) Tunggulah hingga mendidih.
(6) Tambahkan gula atau madu sebagai pemanis.
D. (4) Tunggulah hingga mendidih.
(6) Tunggulah beberapa saat hingga air rebusan habis.
Jawaban: B Pembahasan:
Kalimat yang paling tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam petunjuk membuat
jamu jerawat adalah kalimat pada jawaban B

38. Bacalah kutipan teks pidato berikut!
Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan hadirin sekalian yang berbahagia.
Pada kesempatan yang membahagiakan ini kami atas nama penyelenggara acara
pelepasan siswa kelas IX mengucapkan terima kasih.
Perbaikan sapaan pada teks pidato tersebut yang tepat adalah…
A. Bapak-bapak dan Ibu-ibu, yang saya hormati.
B. Para Bapak, Ibu, dan hadirin sekalian yang terhormat.
C. Para Bapak, Ibu, dan hadirin sekalian yang berbahagia.
D. Para Bapak, Ibu, dan para hadirin sekalian yang terhormat.
Jawaban: C
Pembahasan:
Perbaikan sapaan pada teks pidato di atas yang paling tepat adalah sapaan pada jawaban
C karena merupakan kalimat sapaan yang efektif dan baku.39. Bacalah ilustrasi berikut!
Kepala sekolah memberikan sambutan pada pembukaan rapat guru dalam rangka
memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.
Pembuka pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah….
A. Bapak dan ibu guru yang saya hormati, marilah kita bersyukur kepada Tuhan YME
karena pada saat ini kita dapat berkumpul guna membahas rencana peringatan hari
besar nasional dan HUT RI.
B. Bapak dan ibu guru yang saya hormati, marilah kita bersyukur kepada Tuhan YME,
karena pada saat ini kita dapat memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang sangat kita
cintai ini.
C. Bapak dan ibu guru sekalian, izinkan saya mengulas sedikit pengorbanan para
pejuang kita yang telah berhasil merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.
D. Bapak dan ibu guru, hari ini 17 Agustus negara kita terbebas dari tangan penjajah.
Oleh karena itu, marilah kita berterima kasih kepada para pahlawan kita yang begitu
gagah berani pantang menyerah dalam berjuang.
Jawaban: A
Pembahasan:
Jawaban A adalah jawaban yang paling tepat karena kalimat pada jawaban A merupakan
kalimat untuk membuka pidato rapat guru, bukan kalimat untuk membuka pidato
perayaan HUT RI seperti yang ada pada jawaban yang lain.40. Tema: Kunjungan perpustakaan terprogram sebagai upaya meningkatkan gemar
membaca.
Rumusan masalah karya ilmiah berdasarkan tema tersebut adalah…
A. Bagaimana upaya meningkatkan gemar membaca?
B. Kapan kunjungan perpustakaan dilaksanakan di SMP?
C. Siapa yang mengupayakan meningkatkan gambar membaca?
D. Mengapa kunjungan perpustakaan dapat meningkatkan gemar membaca?
Jawaban: D
Pembahasan:
Rumusan yang paling tepat untuk tema karya ilmiah di atas adalah rumusan masalah
yang ada pada jawaban D karena terdapat korelasi antara keduanya 41. Bacalah simpulan karya ilmiah berikut!
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa kunyit memiliki banyak manfaat
bagi manusia. Selain digunakan untuk bumbu dapur, kunyit juga dapat digunakan untuk
obat-obatan.
Saran yang tepat sesuai simpulan tersebut adalah…
A. Setiap orang boleh menanam tanaman kunyit di rumahnya.
B. Mulai sekarang para petani diizinkan menanam kunyit.
C. Manfaat agar selalu mengobati penyakit dengan menggunakan kunyit.
D. Masyarakat perlu membudidayakan tanaman kunyit.
Jawaban: D
Pembahasan:
Saran yang paling tepat untuk simpulan karya ilmiah di atas adalah saran yang
menyatakan agar masyarakat membudiyakan tanaman kunyit.
42. Cermatilah kalimat berikut!
Kepada semua siswa peserta lomba harap segera memasuki ke dalam ruang seleksi.
Agar kalimat tersebut efektif, kata yang dihilangkan adalah….
A. kepada, semua, siswa, segera, ke dalam, seleksi
B. kepada, semua, siswa, segera, ke dalam
C. kepada, semua, siswa, ke dalam
D. kepada, semua, ke dalam
Jawaban: B
Pembahasan:
Apabila kata-kata pada jawaban B dihilangkan maka kalimat di atas menjadi kalimat
yang efektif. 43. Cermatilah penulisan kalimat berikut!
Ketika berwisata ke (1) cipanas, (2) rudi membeli (3) pisang (4) ambon.
Kata yang huruf pertamanya harus ditulis dengan huruf kapital ditandai nomor….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
Jawaban: A
Pembahasan:
Kata Cipanas merupakan nama kota yang harus ditulis menggunakan huruf capital
sedangkan kata Rudi merupakan nama orang sehingga harus ditulis menggunakan huruf
capital.
44. Cermatilah kalimat berikut!
Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah…
A. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran, Bahasa Indonesia, dan Bahasa
Inggris.
B. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran: Bahasa Indonesia dan Bahasa
Inggris.
C. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran Bahasa Indonesia, dan Bahasa
Inggris.
D. Hari ini aku membawa dua buku mata pelajaran; Bahasa Indonesia, dan Bahasa
Inggris.
Jawaban: B
Pembahasan:
Penggunaan tanda baca yang paling tepat adalah penggunaan tanda baca yang ada pada
jawaban B. 45. Perhatikan kutipan pantun berikut!
Hendak sekolah makan ketupat
Makan di bawah pohon randu
[…]
[…]
Agar menjadi pantun yang baik, larik yang tepat untuk melengkapinya adalah…
A. Janganlah, engkau bermalas-malasan
Pasti akan menyesal nanti
B. Jika kamu giat belajar
Cita-citamu pasti akan tercapai
C. Belajarlah engkau dengan giat
Supaya dapat juara satu
D. Jangan sia-siakan waktu muda
Menyesal dikemudian hari
Jawaban: C
Pembahasan:
Sgar pantun menjadi padu maka huruf terakhir pada kalimat ketiga harus menggunakan
huruf t dan huruf terakhir pada kalimat empat harus menggunakan huruf u.
46. Bacalah kutipan puisi berikut!
Di dalam malamku yang sepi Berselimutkan dingin yang setia […](1)
Aku selalu […](2)
Walau kau kian jauh dariku
Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut agar menjadi padu adalah….
A. (1) sepenuh hati, (2) kasihimu
B. (1) menemani, (2) menantimu
C. (1) cengkerama, (2) di dekatmu
D. (1) di sampingmu, (2) ingatkanmu
Jawaban: B
Pembahasan:
Pilihan kata yang paling tepat untuk melengkapi puisi tersebut agar menjadi padu adalah
pilihan kata yang ada pada jawaban B. 47. Bacalah kutipan puisi berikut!
Tuhan telah menegurmu
dengan menahan kesusahan
lewat gempa bumi yang mengguncang
[…]
hujan dan badai yang melintang
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut agar bermakna padu adalah…
A. awan yang melintas cepat
B. air yang mengalir deras
C. angin yang meraung-raung
D. api yang berkobar-kobar
Jawaban: C
Pembahasan:
Majas hanya terdapat pada jawaban C.
48. Cermati naskah drama berikut!
Seting saat musim hujan di rumah yang bocor
(1) Ali : Kita tidur di mana Mak?
(2) Emak : Kita tidur bertiga di kamar simbok. (pergi menuju kamar tamu)
(3) Ali : Mak, apa tiap musim hujan rumah kita bocor seperti ini terus?
(4) Emak : (Menatap atap rumah) Maksudmu apa, Le!
Petunjuk lakuan pada dialog nomor (2) yang benar adalah….
A. pergi ke kamar tidur
B. pergi ke kamar simbok
C. pergi ke kamar mandi
D. pergi ke kamar anak
Jawaban: B
Pembahasan:
Tokoh Emak pada naskah drama di atas mengatakan “Kita tidur bertiga di kamar
simbok.” Sehingga lakuan pada dialog nomor (2) yang paling tepat adalah pergi ke kamar
simbok.49. Bacalah kutipan naskah drama tersebut!
Mobil yang dinaiki Indra mulai berjalan lambat dan akhirnya berhenti di depan rumah
neneknya. Sang nenek sedang menyapu.
Indra : Nek! (keluar mobil dan berlari dan berteriak)
Nenek : Hai cucuku! […]
Indra : Bapak dan Kak Ani ikut juga, Nek!
(membenamkan kepala dalam pelukan hangat)
Nenek : Ya, ya, dan teman-temanmu juga!
Petunjuk lakuan yang tepat untuk melengkapi kutipan naskah drama tersebut adalah….
A. membuang sapu, berlari menuju mobil, bersalaman
B. meletakkan sapu, membentangkan tangan, dan memeluknya
C. memengang sapu, menoleh, memandang dengan senang
D. melemparkan sapu, mendekati mobil, memegang
Jawaban: B
Pembahasan:
Lakuan setelahnya menjelaskan bahwa Indra dipeluk oleh Nenek sehingga lakuan yang
paling tepat untuk melengkapi kutipan naskah drama di atas adalah lakuan yang ada pada
jawaban B.

50. Bacalah kutipan naskah drama berikut!
Gelandangan : (masih ragu-ragu) Tapi aku tidak boleh menerima sesuatu dari orang lain
yang belum aku kenal.
Pemuda : […] (1)
Gelandangan : Kakakku.
Pemuda : […] (2)
Gelandangan : Iya sudah dua hari ini aku belum makan nasi, terima kasih.
Dialog yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang drama tersebut adalah….
A. (1) Mengapa begitu?
(2) Kakakmu benar, mungkin agar kamu hati-hati.
B. (1) Ada yang melarangmu?
(2) Tidak apa-apa, kamu laparkan?
C. (1) Siapa yang melarangmu?
(2) Kakakmu benar, agar kamu hati-hati. Tapi kamu lapar kan/
D. (1) mengapa kamu dilarang?
(2) Ambillah, tidak apa-apa, biar kamu nggak lapar.
Jawaban: C
Pembahasan:
Dialog yang paling tepat untuk melengkapi kutipan naskah drama di atas adalah dialog
yang ada pada jawaban C.




Sumber: http://pak-anang.blogspot.com/2012/12/pembahasan-soal-un-bahasa-indonesia-smp.html?spref=link



























Menyunting Karangan


1. Unsur-Unsur Karangan yang Perlu Disunting
a. Menyunting Penulisan Ejaan
Penyuntingan penulisan ejaan meliputi pemakaian huruf (penulisan
huruf kapital, penulisan huruf cetak miring), penulisan kata (kata dasar,
kata bentukan, kata ulang, gabungan kata, kata ganti, kata depan,partikel, singkatan, akronim), penulisan angka dan lambang bilangan,
penulisan unsur serapan, dan pemakaian tanda baca.
b. Menyunting tanda baca
Kesalahan penggunaan tanda baca sering dilakukan oleh penulis
terutama penulis pemula. Penyuntingan tanda baca meliputi pemakaian
tanda titik, koma, titik dua, titik koma, tanda hubung, tanda kurung,
tanda kurung siku, tanda pisah, tanda tanya, tanda seru, tanda petik
dua, tanda petik satu. Penjelasan mengenai pemakaian tanda baca ini
dapat dilihat pada Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia.
c. Menyunting pilihan kata
Tulisan dapat dianggap kurang baik jika pilihan katanya kurang
tepat. Pilihan kata sangat berkaitan dengan makna. Pilihan kata yang
tepat dan sesuai akan membantu pembaca dengan cepat memahami
gagasan penulis. Kata-kata yang memiliki kesamaan makna dalam
konteks tertentu akan menimbulkan makna yang berbeda. Di sinilah
pentingnya pemilihan kata yang tepat bagi penulis dalam
menyampaikan gagasannya.
d. Menyunting ketidakefektifan kalimat
Kalimat merupakan perwujudan utama dalam pemakaian bahasa.
Dalam berbahasa baik lisan maupun tertulis, seseorang tidak
menggunakan kata-kata secara lepas, tetapi kata-kata itu dirangkai menjadi kalimat.
Kata-kata yang dirangkai menjadi kalimat dapat dikatakan efektif
apabila kalimat itu menyatakan gagasan secara logis. Kalimat itu
bermakna tunggal, kalimat itu menggunakan kata yang konseptual,
lugas, dan baku, kalimat itu gramatikal, kalimat tidak rancu, kalimat
itu tidak menggunakan kata-kata yang mubazir, kalimat itu ditulis
dengan tata tulis yang benar.
e. Menyunting Kepaduan Paragraf
Padu atau tidaknya sebuah paragraf dapat disebabkan oleh ada
atau tidaknya kalimat yang tidak diperlukan atau kalimat sumbang
yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan paragraf. Sebuah
paragraf dikatakan padu apabila gagasannya utuh, serta paparan
paragraf lengkap.
f. Menyunting kebulatan wacana
Kebulatan wacana dapat dilihat dari keseluruhan karangan. Adakah
paragraf dalam karangan itu yang tidak sejalan dengan gagasan secara
keseluruhan dalam karangan. Jika ada, paragraf itu harus disunting
dengan menghilangkan atau dengan memperbaiki sesuai dengan
gagasan keseluruhan karangan.


Sumber: BSE

Kisi-kisi (SKL) UN BI SMP tahun 2012/2013

Di bawah ini terdapat kisi-kisi materi UN bahasa Indonesia SMP tahun 2012/2013, disajikan secara singkat dan terpisah per post. 

Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

Menyunting kalimat:
meneliti kalimat, bila ada kesalahan harus dikoreksi.
Kesalahan:
tanda baca: penulisan huruf kapital, tanda baca
pilihan kata: kata yang salah imbuhan, kata yang tidak baku, dll.

Contoh:
1. Adik menyukai pisang Bangkok, Soto betawi dan gula Jawa.
Kesalahan ada pada:
Bangkok seharusnya bangkok
Soto betawi seharusnya soto Betawi
gula Jawa seharusnya gula jawa
sesudah kata Betawi dan sebelum kata dan harus disertai koma

2. Dia adalah atlit sepakbola yang selalu berprestasi.
Kesalahan ada pada:
atlit seharusnya atlet



Soal:
Menentukan kalimat yang tidak efektif
Menentukan letak kesalahan kalimat
Memperbaiki/menyunting kalimat

Menulis teks pidato, menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya ilmiah/daftar pustaka

Menulis teks pidato:
Teks pidato harus bersifat objekstif, logis, komunikatif, dan tidak bertele-tele.

Menulis rumusan masalah karya ilmiah:
Rumusan masalah karya ilmiah berbentuk kalimat tanya, logis, dan sistematis.

Menulis saran dalam karya ilmiah:
Saran harus bersifat konstruktif (membangun)

Menulis daftar pustaka:
Urutannya:
nama pengarang dibalik. tahun terbit. judul buku ditulis miring. kota terbit: nama penerbit
Contoh:
keraf, Gorys.1973.Komposisi.Flores:Nusa Indah

Soal:
menulis penggalan teks pidato
menulis rumusan masalah karya ilmiah
menulis saran karya ilmiah
menulis daftar pustaka


Melengkapi puisi

Puisi adalah karya sastra yang indah diksinya dan memiliki makna
Untuk melengkapi puisi harus melihat kalimat sebelum dan sesudahnya.
Kalimat sebelum dan sesudah rumpang harus disesuaikan maknanya dengan rumpang yang akan diisi.

Soal:
melengkapi puisi yang masih rumpang

Melengkapi naskah drama

Drama: dialog antar pemain drama
Kalimat harus padu dan berkesinambungan.

Untuk melengkapi dialog harus melihat kesinambungan makna kalimat sebelum dan sesudah rumpang kalimat. Makna antar kalimat dalam dialog naskah drama harus berkesinambungan.

Soal:
melengkapi naskah drama yang rumpang

Melengkapi pantun

Pantun: puisi lama, bersajak abab, dua baris awal adalah sampiran, dua baris akhir adalah isi
Contoh:

berakit-rakit ke hulu
berenang-renang ke tepian
bersakit-sakit dahulu
bersenang-senang kemudian

Untuk melengkapi pantun harus melihat rima dan isi tiap baris

Soal:
melengkapi pantun sesuai jenisnya

Menyusun petunjuk melakukan sesuatu

Petunjuk melakukan sesuatu: berisi urutan/langkah kerja melakukan sesuatu.

Urutan harus logis dan cermat.
Untuk mengurutkan petunjuk harus melihat urutan logis antar petunjuk kerja

Soal:
menyusun urutan petunjuk melakukan sesuatu
melengkapi urutan petunjuk melakukan sesuatu

Menulis iklan sesuai konteks

Iklan: pesan untuk mendorong, membujuk agar masyarakat tertarik menggunakan produk barang/jasa yang ditawarkan

Contoh: dijual cepat rumah bebas banjir... .


Soal:
menentukan penulisan iklan yang sesuai konteks




Menulis slogan sesuai konteks

Slogan: kalimat pendek yang menarik untuk memberitahukan sesuatu
Sifat: pendek, menarik, jelas, sugestif.
Contoh: biar lambat asal selamat

Soal:
menulis slogan yang sesuai konteks

Menulis teks berita sesuai konteks

Berita: informasi yang layak disampaikan kepada masyarakat
Berisi 5W1H:
what/apa
where/di mana
when/kapan
who/siapa
why/mengapa
how/bagaimana

Soal:
Menntukan penulisan berita  yang tepat

Menulis rangkuman

Rangkuman: tulisan yang bersifat ringkas, padat, berisi.
Hanya hal-hal penting yang ditulis dalam rangkuman.

Soal:
menentukan rangkuman yang tepat

Melengkapi surat dinas/pribadi/pembaca

Surat pribadi: surat bersifat bebas isinya, bahasanya.
Biasanya ditujukan kepada orangtua, teman, kakek nenek, dll.
Surat dinas: surat resmi, bahasa formal, berisi hal penting seputar kedinasan, memakai stempel kedinasan.
Surat pembaca: surat yang ditulis pembaca/masyarakat untuk pihak lain yang berisi kritik, saran, pujian, dll, biasanya dimuat di koran

Soal:
Melengkapi surat dinas
melengkapi surat pribadi
melengkapi surat pembaca

Menulis laporan/pengumuman/resensi

Laporan: tulisan yang berisi laporan.
dapat berupa laporan perjalanann, kunjungan, peristiwa,kegiatan,seminar,percobaan,dll
Bersifat objektif, jelas, dan akurat.

Pengumuman: sesuatu yang diumumkan kepada khalayak ramai, sifatnya harus jelas, lengkap, dan tidak bertele-tele.

Resensi: pertimbangan baik buruk sebuah karya
Isi: identitas buku, sinopsis/isi ringkas buku, kelebihan buku, kekurangan buku, kecocokan pembaca

Soal:
menentukan tulisan laporan yang tepat
tmenentukan pengumuman yang tepat
menentukan tulisan resensi

Menulis pesan singkat sesuai konteks

Pesan singkat:
kalimat pendek namun jelas
tidak membingungkan
berisi poin isi yang akan disampaikan
tidak terlalu mengedepankan santun bahasa

Soal:
menentukan tulisan pesan singkat yang tepat sesuai konteks

Menulis catatan pengalaman pada buku harian

Catatan pengalaman: apa-apa yang telah dialami dan dicatat dalam buku harian
Bahasa yang digunakan bebas sesuai tipikal pribadi penulis.

Soal: menentukan tulisan yang berupa catatan pengalaman pada buku harian

Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel

karakteristik novel: ciri khas novel, misal dilihat dari:
tema
angkatan pengarang/periodisasi sastra
bahasa
alurnya
dll.

Soal:
menentukan perbedaan karakteristik dua novel

Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita anak

Unsur intrinsik cerpen/cernak:
Tema: isi pokok cerita
Amanat: pesan yang akan disampaikan pengarang
Penokohan: tokoh dan wataknya
Latar/setting: tempat, waktu, suasana dalam cerita
Alur/plot: jalinan peristiwa
Sudut pandang pengarang/point of view: cara pengarang menceritakan tokoh-tokohnya
Bahasa pengarang

Soal:
menentukan tema cerpen
menentukan amanat cerpen
menentukan penokohan cerpen
menentukan latar cerpen
menentukan alur cerpen
menentukan sudut pandang pengarang cerpen
menentukan bahasa pengarang cerpen


Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi

Unsur intrinsik puisi:
rima: persajakan: persamaan bunyi pada akhir baris, misal sajak abab, aaaa, abba, ...
ritma
metrum
nada: suasana puisi
tema: isi pokok puisi, misal: ketuhanan, kemanusiaan, kritik sosial, ...
amanat: pesan yang akan disampaikana penulis
latar: tempat, waktu, suasana yang ada dalam puisi
diksi: pilihan kata

Soal:
menentukan rima puisi
menentukan ritma puisi
menentukan nada puisi
menentukan tema puisi
menentukan amanat puisi
menentukan latar puisi
menentukan diksi dalam puisi
menentukan unsur intrinsik yang dominan dalam puisi

Mengidentifikasi isi grafik/tabel/... .

Isi grafik ataupun tabel dapat dicermati secara teliti disertai penalaran yang masuk akal (logis)

Soal:
mengidentifikasi isi grafik yang tepat/sesuai
mengidentifikasi isi yang tidak sesuai isi grafik/tabel

Menyimpulkan isi paragraf

Simpulan: biasanya terletak di akhir paragraf, tetapi bisa juga di awal paragraf.
               bersifat umum dan mewakili keseluruhan isi paragraf.
               ada sedikit unsur subjektivitas penulis
Terkadang ditandai kata: Dengan demikian..., oleh karena itu..., simpulannya...,

Soal:
menentukan simpulan paragraf sesuai isi paragraf

Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan

Kalimat fakta: pernyataan/kalimat yang nyata, telah terjadi, tidak brrsifat mengira-ira,objektif.
Contoh: dalam iklan penjualan tanah, faktanya: luas tanah, bentuk tanah, letak tanah.
Kalimat opini: kalimat/pernyataan yang belum tentu nyata, masih belum pasti,subjektif,belum tentu benar.
Contoh: dalam iklan penjualan tanah, opininya: tanah yang dijual strategis letaknya, harganya murah, dll.

Soal: menentukan fakta dalam teks iklan
        menentukan opini dalam teks iklan

Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan

Biografi:riwayat hidup seseorang yang ditulis orang lain
Biasanya berisi:
nama lengkap seseorang
latar belakang pendidikan
latar belakang pekerjaan
latar belakang orang tua
hal-hal positif seseorang
keteladanan seseorang

Soal:
mengidentifikasi latar belakang keluarga dalam biografi
mengidentifikasi latar pendidikan dalam biografi
mengidentifikasi keteladanan seseorang
mengidentifikasi pernyataan yang sesuai biografi
mengidentifikasi pernyataan yang tak sesuai biografi

Menentukan perbedaan penyajian berita

Perbedaan penyajian berita dapat dilihat dari:
urutan penyajian kalimat,
letak fakta dan opini,
terdapat pernyataan dari pihak terkait berita secara langsung/tidak.

Soal:
menentukan perbedaan penyajian dua berita

Menentukan persamaan isi berita

Beberapa berita dapat memiliki isi berita yang hampir sama, misalnya:
sama-sama membicarakan bencana alam di Indonesia
sama-sama berisi program pemerintah yang baru, dll.

Soal:
menentukan persamaan isi dua berita

Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks

Isi dan bagian teks:
Kalimat utama: kalimat pokok dalam paragraf: biaanya bersifat umum, dapat terletak di awal paragraf ataupun akhir paragraf atau kedua-duanya.
Gagasan utama/gagasan pokok/ide pokok/ide utama/pikiran pokok/pikiran utama: ide yang dapat diambil dari kalimat utama.
Simpulan: kalimat yang bersifat menyimpulkan keseluruhan paragraf: biasanya bersifat umum
Inti/isi pokok paragraf: dapat dilihat dari ide pokok paragraf


Soal:
menentukan kalimat utama sebuah paragraf
menentukan ide pokok paragraf
menentukan simpulan teks

Meresensi Buku Pengetahuan


Sebagai siswa, kamu pasti banyak memiliki dan atau membaca buku. Pernahkah kamu membaca
buku lalu memberi pertimbangan atau ulasan mengenai buku itu dengan mengemukakan kelebihan
dan kekurangannya secara objektif? Jika ya, berarti kamu telah melakukan kegiatan meresensi buku.Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan meresensi buku, antara lain untuk belajar
menuangkan gagasan, berlatih menilai baik buruknya isi buku, atau membuat rangkuman.
Melalui pembelajaran kali ini kamu diharapkan dapat menulis resensi. Aktivitas belajar
yang harus kamu lakukan adalah (1) mengidentifikasi bagian-bagian resensi (2) menentukan
identitas buku, (3) menulis rangkuman isi buku, (4) mengemukakan kelebihan dan kekurangan
buku, (5) menulis resensi secara lengkap, dan (6) menilai hasil resensi.


sumber: BSE

Menyanyikan Puisi yang Dimusikalisasi


Puisi adalah bentuk sastra yang memperhatikan pilihan kata dan kepaduan bunyi. Sebuah puisi, jika
dibacakan dengan indah dan penuh penghayatan, merupakan sebuah penampilan seni yang menarik.
Untuk menjadikan pembacaan puisi lebih ekspresif dan menarik, pembacaan puisi dapat dikemas
dalam bentuk musikalisasi puisi. Musikalisasi puisi merupakan kegiatan pembacaan puisi dengan cara
dilagukan, diberi irama, atau diiringi musik yang sesuai dengan isi puisi. Musikalisasi dapat membantu
membangun suasana dan imajinasi kita dalam mengapresiasi puisi.
Dalam pelajaran kali ini, kamu akan berlatih membuat sebuah musikalisasi puisi sederhana yang
dapat ditampilkan. Kegiatan yang harus kamu lakukan adalah (1) menikmati musikalisasi puisi, (2)
memilih puisi yang akan dimusikalisasi, (3) memahami puisi yang akan dimusikalisasi, (4) menentukan
irama yang sesuai dengan suasana puisi, (5) menampilkan musikalisasi puisi, dan (6) menilai musikalisasi
puisi.
1. Menikmati Musikalisasi Puisi
Pernahkah kamu mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Ebiet G. Ade atau
Bimbo? Lirik lagu yang mereka nyanyikan terasa sangat puitis. Lirik-lirik lagu tersebut pada dasarnya adalah puisi yang dimusikalisasi atau disajikan dalam bentuk lagu yang
memiliki irama. Bahkan, lirik-lirik lagu Bimbo ada yang ditulis oleh Taufik Ismail, salah
seorang penyair ternama Indonesia.
Mari kita nikmati lirik-lirik lagu itu! Putarlah salah satu lagu Ebiet G. Ade! (Kamu
dapat meminta guru untuk memutarkan lagu itu di kelas). Dengar dan cobalah ikut
bernyanyi! Kamu dapat juga menyanyikan lagu “Tuhan” karya Taufik Ismail yang
dipopulerkan oleh Trio Bimbo. Sambil bernyanyi, simaklah syair lagunya. Berikut adalah
teks syair lagu “Tuhan”.

Setelah kamu mendengarkan atau menyanyikan lagu tersebut, kemukakanlah
pendapatmu tentang irama lagu itu. Apakah iramanya sesuai dengan suasana dan isi
lirik lagunya? Bagaimana pula tentang suasana perasaanmu dan imajinasi yang kamu
bayangkan ketika mendengarkan lagu itu?
Selanjutnya, cobalah syair lagu tadi kamu baca sebagaimana kamu membaca puisi
dengan diiringi alat musik tertentu, misalnya gitar, piano, atau gamelan! Mintalah
kelompokmu untuk mendengarkan dan memberi masukan apabila ada lafal atau
intonasi yang kurang tepat saat membawakan puisi tersebut!
2. Memilih Puisi yang Akan Dimusikalisasi
Sebenarnya semua puisi bisa dimusikalisasi. Akan tetapi, sebaiknya kamu memilih
puisi-puisi yang sederhana, yang syairnya mudah diucapkan agar mudah dinyanyikan.
Berikut ini salah satu contoh puisi sederhana yang dapat dimusikalisasi.Pilihlah puisi yang sederhana yang mudah untuk dilagukan atau diiringi musik!
Caranya, pilihlah beberapa puisi kemudian diskusikan dengan kelompokmu, dengan
guru bahasa Indonesia, atau guru kesenian untuk menentukan puisi yang paling cocok
untuk dimusikalisasi!
3. Memahami Isi Puisi yang akan Dimusikalisasi
Setelah menentukan puisi yang akan dimusikalisasi, kamu harus mampu memahami
isi puisi dengan tepat agar irama lagu yang dipilih sesuai dengan isi puisi. Untuk itu,
lakukanlah kegiatan ini secara berkelompok (setiap kelompok anggotanya 5--7 orang)!
a. Diskusikan dengan kelompokmu isi puisi tersebut!
b. Tuliskanlah hasil diskusimu!
c. Laporkanlah di depan kelas!
d. Untuk memahami isi puisi itu, kamu dapat berpedoman pada pertanyaan berikut.
1) Apa tema puisi itu?
2) Suasana bagaimanakah yang menjiwai puisi itu?
3) Hal apakah yang ingin dikemukakan pengarang melalui puisi itu?
4) Adakah bunyi vokal atau konsonan yang dominan dalam puisi itu?
5) Kata-kata apakah di dalam puisi itu yang menurutmu sulit untuk dipahami?
Cobalah lihat maknanya dalam kamus bahasa Indonesia!
4. Menentukan Irama yang Sesuai dengan Suasana Puisi
Dengan bantuan guru musikmu, tentukanlah nada, irama, dan tempoyang sesuai
dengan isi dan suasana puisi! Dengan demikian, akan tercipta perpaduan bunyi yang
indah antara puisi dan alat musik yang mengiringi. Jika di antara anggota kelompokmu
ada yang dapat menciptakan lagu, mintalah dia menciptakan
lagu untuk puisi yang sudah kamu pilih.
Manfaatkanlah alat-alat musik sederhana yang ada di
sekitarmu seperti gitar, harmonika, atau seruling! Bila tidak ada
alat musik, kamu dapat menyanyikan secara acapela (bernyanyi
tanpa musik). 5. Menampilkan Musikalisasi Puisi
Setelah semuanya disiapkan tampilkanlah musikalisasi puisi di depan kelas! Dalam
penampilan musikalisasi, unsur terpenting yang harus diperhatikan adalah kejelasan
vokal dan penghayatanmu (ekspresi) saat menyanyikan puisi tersebut. Yang diutamakan
tetap isi larik-larik puisi. Musik menjadi pendukung yang harus senada dengan isi
puisi.
Kegiatan ini adalah sebuah kerja kelompok sehingga setiap anggota kelompok harus
berperan aktif. Vokalis boleh lebih dari satu asalkan padu. Mintalah bimbingan guru
kesenianmu atau kakak-kakakmu yang dapat bermain musik! Pentaskanlah musikalisasi
itu di depan kelas!


sumber: BSE